Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.114
+0.11%
Rp15.575
+0.11%
Rp17.852
+0.11%
Rp130
+0.11%
Rp9.585
+0.11%
Rp3.763
+0.11%
Rp1.991
+0.11%
Rp10.320
-0.22%
Rp10.688
+0.11%
Rp14.183
-0.06%
Rp8.876
+0.85%

9 Cara Legit Menghasilkan Uang dengan Pendapatan Pasif

0 581

Ada banyak cara untuk menghasilkan uang, termasuk salah satunya dengan pendapatan pasif (passive income). Bagaimana cara menghasilkan uang melalui pendapatan pasif (passive income)?

Mengutip Pat Flynn, pakar pendapatan pasif yang sangat sukses (dia menghasilkan jutaan), “Kita tidak perlu menukar waktu dengan uang satu lawan satu. Sebagai gantinya, kami menginvestasikan waktu dimuka, menciptakan produk dan pengalaman berharga bagi orang-orang, dan kami menuai keuntungan dari waktu yang diinvestasikan nanti.

Kutipan Pat Flynn tersebut merupakan rangkuman yang sangat baik untuk menghasilkan uang dengan pendapatan pasif.

Ciptakan produk, layanan dan pengalaman yang berharga bagi orang-orang, dan dapatkan penghasilan dari investasi waktu di awal. Tetapi, perlu diingat bahwa hal itu tidak akan mudah dilakukan.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan pasif di masa depan, maka kita harus memulainya dari sekarang. Tapi, pertanyaannya adalah memulainya darimana?

Setidaknya, 9 cara menghasilkan uang dengan pendapatan pasif ini bisa jadi panduan.

#1 Berinvestasi di Properti / Real Estate

Berinvestasi di properti telah ada sejak lama. Anda bisa melakukan investasi jenis ini dengan menyesuaikan anggaran yang dimiliki.

Anda bisa mulai membeli rumah kecil untuk kemudian disewakan / dikontrakkan, atau membeli properti komersial skala besar, seperti apartemen dan menyewakannya untuk mendapatkan pendapatan pasif melalui uang sewa.

Cara ini bisa lebih sulit untuk dimulai mengingat modal awal yang dibutuhkan dalam banyak kasus, namun pastinya merupakan cara yang bagus untuk menghasilkan pendapatan pasif.

#2 Memiliki Portofolio Investasi Dividen

Ini merupakan salah satu cara juga untuk menghasilkan passive income dengan berinvestasi di portofolio yang menghasilkan dividen.

Memang, dibutuhkan banyak dana untuk membangun mesin passive income ini. Misalnya, Anda menemukan kombinasi antara saham dan obligasi yang menghasilkan dividen yang cocok, dan imbal hasil yang dihasilkan pada portofolio adalah 5%.

Untuk menghasilkan ratusan juta per tahun sebagai pendapatan pasif (dividen), Anda memerlukan modal milyaran di akun portofolio tersebut.

#3 Mendapatkan Royalti dari Karya Kreatif, seperti Buku dan Musik

Membuat konten asli yang disukai orang lain bisa sangat bermanfaat bagi Anda dari perspektif pertumbuhan pribadi (orang menghargai sesuatu yang telah Anda buat) dan dari perspektif finansial (orang bersedia membayar Anda untuk itu).

Anda menciptakan sesuatu sekali, tapi tetap mendapatkan royalti dari karya Anda. Musik adalah contoh bagus. Ataupun jika Anda suka menulis, hasilkan buku yang menghasilkan royalti dari penjualan.

#4 Membangun Bisnis Perencanaan Keuangan, Investasi dan Asuransi

Salah satu cara juga untuk mendapatkan passive income adalah dengan membangun bisnis asuransi, investasi atau perencanaan keuangan.

Jika Anda menjual asuransi, seperti asuransi properti, jiwa, mobil, dan lain sebagainya kepada klien, Anda dibayar komisi awal. Namun yang lebih penting Anda akan terus mendapatkan penghasilan pembaharuan (pasif) dari polis yang dijual bertahun-tahun ke depan.

Anda juga bisa mendapatkan pendapatan pasif dengan membangun bisnis perencanaan keuangan dan mengelola investasi orang.

#5 Menghasilkan Pendapatan Iklan dari Website, Blog dan Media Sosial

Ini salah satu trik mendapatkan passive income yang jauh lebih mudah dibandingkan lainnya. Sumber penghasilan dari cara ini sangatlah besar dan tak terbatas.

Jika Anda memiliki situs web, blog atau media sosial yang populer, bisnis lain akan mulai memperhatikan Anda.

Anda membangun reputasi untuk website, blog, media sosial untuk nantinya bisnis lain mulai beriklan. Atau, bisa juga bekerjasama dengan platform periklanan pihak ketiga seperti Google Adsense, MGID, Propeller, dan lain sebagainya.

#6 Membuat Aplikasi (Android, iPhone, dll)

Banyak orang telah mampu menghasilkan banyak uang dari pembuatan dan penjualan aplikasi, baik aplikasi Android, iPhone, ataupun Windows.

Anda dapat menawarkan aplikasi ini secara gratis kepada pengguna, dan jika cukup banyak orang menggunakannya maka Anda dapat mulai memasang iklan di aplikasi tersebut.

Anda juga dapat menawarkan versi aplikasi yang tidak memiliki iklan, tetapi pengguna harus membayar biaya nominal untuk mendapatkan versi ini.

Bergantung pada aplikasinya, aplikasi yang bagus berpotensi dibeli oleh perusahaan yang lebih besar dan mendapatkan banyak uang. Hal ini terjadi pada Garret dan Jessica Gee. Garret mengembangkan sebuah aplikasi yang akhirnya dijual ke Snapchat seharga $ 54 Juta!

#7 Royalti Paten

Pernahkah Anda menemukan sesuatu yang setiap orang sukai tapi tidak ingin membangun bisnis di sekitarnya? Ini bisa menjadi produk, proses, obat-obatan, dll.

Dibutuhkan usaha besar dalam membuat produk / proses yang menghasilkan royalti. Dan, kita harus memiliki kompetensi dan skill khusus untuk itu.

#8 Biaya Perizinan

Sudahkah Anda mengembangkan merek atau sistem tertentu yang bisa dimanfaatkan orang lain? Pilihan di sini agak berbeda. Misalnya band rock Def Leppard yang bisa melisensikan merek mereka karena sukses besar mereka.

#9 Berinvestasi di Bisnis

Bentuk lain dari pendapatan pasif bisa berasal dari investasi di bisnis orang lain yang sedang berkembang.

Ini juga bisa menjadi salah cara yang bagus untuk menghasilkan pendapatan pasif dari keuntungan dalam bisnis yang dimiliki.

Itulah setidaknya 9 cara legit untuk menghasilkan uang dengan pendapatan pasif (passive income). Melakukannya memang membutuhkan proses panjang, energi yang besar, dan waktu yang tidak sedikit.

Diperlukan juga sikap mental seorang entrepreneur dalam memulainya. Apakah Anda siap untuk melakukannya?

Referensi: www.investopedia.com

Loading...