Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.099
-0.23%
Rp15.595
-0.28%
Rp17.612
-0.33%
Rp131
-0.4%
Rp9.590
+0.32%
Rp3.759
-0.26%
Rp1.987
-0.14%
Rp10.230
+0.07%
Rp10.630
-0.18%
Rp14.205
-0.5%
Rp8.897
+0.1%

Sikap Mental Wirausaha Seperti ini yang WAJIB Dimiliki agar Menjadi Entrepreneur Sukses

0 4.691

Berbicara tentang mimpi menjadi wirausaha, tentu tak bisa dipisahkan dari sikap mentalnya. Bagaimana sikap mental wirausaha itu sendiri? Apakah Anda salah satu orang yang sudah memilikinya?

Ya, menjadi seorang pebisnis itu bukan sekedar pekerjaan. Tetapi butuh sikap mental wirausaha. Banyak anggapan yang menyebutkan bahwa wirausahawan itu merupakan pekerjaan.

Membangun usaha adalah pekerjaan, berbisnis merupakan pekerjaan. Padahal, yang dibutuhkan sebagai dasarnya sejatinya adalah SIKAP MENTAL.

Dan tentunya bukan mental sebagai seorang karyawan. Disini letak perbedaannya.

Mental seorang petarung, pemberani, pantang menyerah dalam menghadapi tantangan.

Setidaknya, ada 6 sikap mental wirausaha yang perlu Anda miliki jika ingin sukses dalam membangun imperium bisnis.

1. Mental Ulet, Tegar, dan Optimis

Ini salah satu modal utama dari sikap mental wirausaha jika ingin membangun bisnis yang sukses. Rasa optimisme tinggi, keuletan, dan ketegaran merupakan pondasi yang harus dibangun kali pertama.

Seseorang calon wirausahawan sukses akan terwujud impiannya jika telah memiliki pondasi tersebut. Setiap masalah, kendala, tantangan, akan dihadapi dengan pantang menyerah, tak mudah putus asa.

Wirausahawan sebagai petarung akan menghadapinya bukan malah lari dan menghindarinya.

2. Inovatif dan Kreatif

Seseorang yang tak memiliki sikap mental wirausaha yang kreatif dan inovatif, maka cepat atau lambat, usaha / bisnisnya akan mati suri.

Mental ini sangat dibutuhkan agar bisnis Anda bisa sustain untuk jangka panjang. Mental ini terletak pada kemampuan ekspresi, eksplorasi, imajinasi, dalam dirinya.

Seseorang yang bermental ini akan senantiasa menciptakan atau membuat sesuatu yang belum terpikirkan oleh mayoritas orang. Dan pastinya, sesuatu yang diciptakannya tersebut bernilai jual.

3. Multi-Tasking

Menjadi entrepreneur sukses sejatinya mampu untuk melihat sesuatu dari perspektif yang berbeda. Dan, dalam melihat sesuatu itu, diperlukan multi-tasking (skill mengerjakan beberapa hal sekaligus).

Dan memang, pada akhirnya Anda akan mendelegasikan tugas-tugas tersebut pada orang lain yang memang ahlinya. Setidaknya, Anda memiliki kemampuan untuk melakukannya secara garis besar / umum.

4. Pekerja Keras

Sikap mental wirausaha yang satu ini sudah pasti wajib ada pada diri Anda jika ingin sukses membangun usaha. Bagi entrepreneur tidak ada istilah working hours (jam kerja).

Begitu bangun dari tidur, seorang entrepreneur sukses sudah harus merencanakan, membangun strategi, menemukan solusi dari permasalahan yang ada.

6 sikap mental wirausaha sukses
6 sikap mental wirausaha sukses

5. Hemat dan Cermat

Bagi para calon pengusaha sukses, harus memiliki juga sikap mental dalam poin ini. Terlebih bagi Anda yang baru awal-awal membangun usaha.

Biasakan untuk cermat dan hemat dalam penggunaan uang dalam usaha Anda tersebut. Keteledoran seseorang dalam hal keuangan, akan perlahan menjatuhkan usaha yang akan dibangunnya.

Apalagi jika masih mencampuradukkan antara pengeluaran usaha dan pengeluaran pribadi. Maka, akan sangat mudah bisnis tersebut hancur perlahan-lahan jika tak dipisahkan.

6. Berani Mengambil Risiko

Hampir semua pengusaha sukses yang membangun dari awal / nol kerajaan bisnisnya, selalu mengatakan bahwa risiko sudah menjadi bagian dari hidupnya.

Kesempatan / peluang besar bahkan bersembunyi dibalik risiko yang besar pula. Jika hanya ingin main aman, tentu peluang mendapatkan keuntungan lebih besar akan mengecil.

Itulah setidaknya keenam sikap mental wirausaha yang harus Anda miliki jika benar-benar ingin sukses dalam membangun bisnis milik Anda sendiri.

Loading...
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.