5 Sikap Mental Pengusaha ini yang Perlu Dimiliki untuk Sukses

0 66

Ingin menjadi pengusaha sukses? Bisa jadi ini idaman bagi sebagian orang yang bercita-cita menjadi wirausaha. Tak banyak yang dapat meraihnya. Hanya orang-orang yang bermental pengusaha sukses yang bisa mencapainya. Bagaimana sikap mental pengusaha sukses?

Kesuksesan dalam dunia bisnis didukung oleh berbagai faktor. Faktor terbesar untuk sukses menjadi seorang penguasaha berasal dari dalam / internal orang tersebut. Sikap mental pengusaha sukses sangat dibutuhkan, diantaranya kerja keras dan cerdas, tekad kuat, ide bisnis kreatif dan banyak lagi lainnya.

Anda harus memaksa diri pada titik merasa nyaman dengan ketidaknyamanan itu sendiri. Hal ini karena dengan bercita-cita menjadi pengusaha sukses harus siap dengan risiko kegagalan, siap menerima kritik keras, dan terus-menerus berinovasi untuk mencapai kesuksesan. (Baca Juga: Saya Punya Ide Bisnis Bagus, Apa Langkah Selanjutnya?)

Mentalitas Anda dan kemampuan bertahan dengan berbagai tantangan untuk terus maju akan sangat menentukan tingkat kesuksesan sebagai pengusaha.

Diantara para pengusaha yang telah mencapai kesuksesan dalam bisnisnya, ada sikap mental wirausaha yang memang melekat pada dirinya sejak awal karier. Apa saja?

5 Sikap Mental Pengusaha Sukses yang Perlu Anda Miliki

#1 Jangan Pernah Berhenti Membangun Kekuatan Anda

Inilah hal pertama yang harus Anda fokuskan. Pengusaha sukses teratas dapat mencapai posisinya saat ini karena mereka menjadi yang terbaik (setidaknya bagus) dengan apa yang mereka lakukan.

Pengusaha-pengusaha ini sangat fokus dalam menemukan kekuatan sejati dalam dirinya sejak dini. Mereka terus mengasah kekuatan tersebut untuk menjadi senjata utama dalam menghadapi pelbagai tantangan.

Pada umumnya, sebagian besar wirausaha sukses secara aktif mengalihdayakan, mempekerjakan orang, atau sepenuhnya menghindari melakukan tugas-tugas yang bukan termasuk keahlian intinya.

Mereka memahami bahwa semakin banyak waktu yang dihabiskan untuk melakukan yang terbaik dan berinvestasi membangun kekuatan tersebut, maka akan semakin besar peluang kesuksesan yang diraih.

#2 Sering Belajar untuk Mengatakan “Tidak”

Sikap mental pengusaha berikutnya yang perlu dimiliki adalah terlatih untuk mengatakan “tidak”. Apa maksudnya?

Seberapa baik mengalokasikan waktu Anda, khususnya di fase awal pengembangan bisnis, akan berdampak besar pada seberapa efektif dan cepat Anda meningkatkan skala perusahaan.

Pikirkan hal ini: waktu merupakan sumber daya Anda yang paling berharga. Cara Anda mengalokasikan waktu sangatlah penting. Pada dasarnya, pengusaha harus memilih untuk hanya melakukan aktivitas-aktivitas yang berdampak tinggi dalam menggerakkan bisnis mencapai tujuannya.

5 sikap mental pengusaha sukses
Pilih prioritas Anda dalam membangun bisnis. Kredit Gambar: www.leaderonomics.com

Bisa jadi, dalam perjalanan membangun bisnis di awal, akan ada banyak peluang yang terlihat hebat datang. Jika peluang tersebut tidak selaras dengan tujuan inti Anda dalam membangun bisnis, maka katakan “tidak”.

Ini penting bagi Anda untuk dapat menggunakan waktu secara efektif sesuai tujuan dan jangan biarkan orang lain mengubah fokus Anda.

#3 Kegagalan itu Tidak Nyata

Ya, kegagalan itu tidak nyata. Sikap mental pengusaha inilah yang perlu Anda miliki juga. Jika ingin benar-benar sukses di dunia bisnis, Anda perlu memiliki banyak pengalaman belajar. Pengalaman ini disamarkan sebagai kegagalan sementara.

Semakin cepat Anda terlatih untuk menyadari bahwa tidak ada yang namanya kegagalan nyata, maka semakin cepat pula menerima kenyataan bahwa Anda tidak akan banyak kehilangan dalam menempatkan kreasi-kreasi ke dalam bisnis Anda sebelum benar-benar siap.

Anda akan banyak mempelajari tentang diri sendiri, target pelanggan, proses penciptaan produk dan layanan, dan lainnya. Jangan khawatir tentang kegagalan. Karena kegagalan merupakan kesempatan untuk meningkatkan tahapan sebelumnya.

#4 Anda Mengendalikan Tentang Apa yang Didefinisikan Sebagai Sukses

Kata “sukses” dalam bisnis biasanya merujuk atau terkait dengan seorang milyader, melisting perusahaan ke bursa saham, atau masuk dalam daftar orang terkaya di majalah-majalah bisnis.

Kesuksesan hakiki sebenarnya tidak sepenuhnya terkait dengan tujuan-tujuan tersebut. Memang benar, ada pengusaha yang bermimpi dapat meraih tujuan tersebut. Akan tetapi, ukuran kesuksesan dalam bisnis yang sebenarnya adalah seberapa banyak Anda menggunakan kekuatan dan keterampilan untuk membantu orang lain.

Tujuan-tujuan lain yang biasanya kesuksesan itu didefinisikan merupakan metrik tambahan semata.

#5 Berinvestasi dalam Relasi / Jaringan Anda

Sikap mental pengusaha yang tak kalah penting adalah selalu berinvestasi dalam membangun relasi / jaringan Anda. Kesuksesan sejati ditentukan oleh seberapa banyak orang yang dapat terbantu dengan bisnis Anda, maka poin ini merupakan elemen penting bagi kesuksesan Anda sebagai pengusaha.

Hubungan / relasi tulus dan bermakna yang dibangun dengan orang lain, akan memberikan penghargaan kepada Anda di masa mendatang. Oleh karena itu, selalu bangun dan jaga relasi Anda dengan orang lain.

Loading...
Sumber www.thebalancesmb.com