Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan

Peluang Usaha Rumahan Dengan Memanfaatkan Kain Perca

0 1.195

Peluang usaha rumahan yang satu ini tergolong salah satu bisnis dengan modal yang sangat murah, tetapi berpotensi menghasilkan profit / pendapatan yang cukup besar. Bagaimana tidak, karena bahan baku adalah kain-kain bekas atau potongan sisa dari konveksi atau penjahit. Cara mendapatkan bahan baku juga cukup mudah dan modal utama yang dibutuhkan adalah ide dan kreativitas. Jika anda memiliki semua itu, peluang usaha rumahan ini bisa anda lakukan sebagai salah satu alternatif untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Jika saat ini anda berstatus sebagai salah satu karyawan di perusahaan, maka anda tidak bisa mengelola peluang bisnis rumahan ini setiap saat. Anda bisa melakukan kontrol terhadap pengelolaan bisnis ini sepulang dari kantor.

Target Konsumen

Peluang bisnis rumahan ini menargetkan konsumen semua orang, karena tergantung dari selera masing-masing individu.

Bagaimana Memulai Peluang Usaha Rumahan ini?

Yang pasti, karena ini merupakan sebuah peluang usaha rumahan, maka anda bisa memanfaatkan rumah sebagai basis dari bisnis ini untuk mengurangi pengeluaran. Kemudian, anda bisa mencari beberapa penjahit. Sebagai awalan, dua orang karyawan sudah cukup, tetapi lebih banyak lebih baik. Pegawai yang dipilih sebaiknya diseleksi untuk memeriksa kualitas dan kerapian jahitan. Hal ini penting untuk dilakukan agar kualitas produk anda terjaga.

peluang usaha rumahan
Salah satu produk dari peluang usaha rumahan kain perca

Untuk langkah awal, anda memberikan ide dan meminta pegawai untuk menjahitkannya. Tetapi, dengan semakin lama karyawan anda terbiasa melakukannya, selanjutnya anda bisa memberikan kebebasan berkreasi dengan syarat tertentu. Untuk pembayaran, bisa digunakan ukuran per jahitan.

Produk yang bisa dihasilkan dari peluang usaha rumahan kain perca ini adalah sarung bantal, bed cover, serbet, gorden, dan lain sebagainya. Bahan bakunya bisa anda dapatkan dari konveksi dengan harga jual per kilo sampai per karung. Harga bisa antara Rp 1000,- hingga Rp 10.000,- per kilogram-nya.

Hambatan dan Tantangan

Peluang usaha rumahan kain perca ini memiliki kendala dalam pemasaran. Tetapi, jika anda bisa mengatasinya, maka tidak ada hambatan yang terlalu berarti lagi yang harus dihadapi.

Cara Sukses Menjalankan Peluang Usaha Rumahan Pemanfaatan Kain Perca

Ide desain dan kualitas adalah sesuatu yang mutlaj dalam bisnis ini. Desain tersebut harus unik, indah, dan menarik dengan jahitan yang kuat dan rapi.

Kelebihan dari usaha ini adalah terdapat berbagai macam ukuran potongan kain yang tersedia dan jenis bermacam-macam sehingga setiap desain produk tentu berlainan dan tidak ada yang sama.

Untuk mendongkrak penjualan bisnis anda, ajang pameran adalah sesuatu yang sebaiknya terus diikuti. Ajang pameran biasanya didatangi oleh para penggemar handycraft dan seni lainnya, sehingga produk anda termasuk salah satu yang bisa digemari oleh mereka.

Produk yang berbahan baku kain perca, murah dan berpotensi memiliki keuntungan yang tinggi
Produk yang berbahan baku kain perca, murah dan berpotensi memiliki keuntungan yang tinggi

Selain itu, anda juga bisa menjual produk-produk kain perca anda secara online. Anda bisa membuat toko online khusus produk-produk kain perca milik anda. Atau, kalau tidak bisa membuat toko online, anda bisa menjualnya secara gratis di market online semacam Bukalapak, Tokopedia, Elevania, OLX, dan lain sebagainya. Strategi bisnis ini juga bisa dibaca disini.

Analisis Usaha

Investasi Awal 
Mesin Jahit dan Peralatan LainRp 5.000.000,-
Bahan BakuRp 5.000.000,-
TOTALRp 10.000.000,-
Biaya Operasional
Bayar 2 karyawanRp 2.000.000,-
Listrik dan TeleponRp 500.000,-
Bahan BakuRp 5.000.000,-
TOTALRp 7.500.000,-
Omzet per bulanRp 10.000.000,-
Laba per bulanRp 2.500.000,-
Analisis BEP4 bulan

Loading...