Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Bitcoin (BTC)
Rp70.853.557
-14.41%
Ethereum (ETH)
Rp1.996.749
0%
Litecoin (LTC)
Rp508.166
DigitalCash (DASH)
Rp1.545.805
Monero (XMR)
Rp991.674
Nxt (NXT)
Rp519
Ethereum Classic (ETC)
Rp83.488
Dogecoin (DOGE)
Rp34
ZCash (ZEC)
Rp1.273.765
Bitshares (BTS)
Rp762
DigiByte (DGB)
Rp182
Ripple (XRP)
Rp6.235
0%
BitcoinDark (BTCD)
Rp168.319
PeerCoin (PPC)
Rp12.463
CraigsCoin (CRAIG)
Rp13

Kesuksesan John Hanke, Creator Pokemon GO, Bukan 1 Malam. Butuh Waktu 20 Tahun!

0 77

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menciptakan kesuksesan dalam semalam? Bagi John Hanke membutuhkan waktu 20 tahun untuk membuat Pokemon Go!

Minggu ini, aplikasi Pokemon Go telah memecahkan semua rekor, dengan 10 juta+ unduhan dalam minggu pertama, melebihi Twitter di pengguna aktif harian, dan dengan waktu rata-rata pengguna lebih tinggi dari Facebook, Snapchat, Instagram dan WhatsApp.

Bagaimana John Hanke bisa membuat “kegilaan” besar hanya dalam waktu semalam?

Berikut 10 kali pencapaian tingkat demi tingkat dalam hidupnya untuk mencapai Pokemon Go seperti saat ini:

Tingkat 1: Pada tahun 1996, saat masih mahasiswa, John membantu menciptakan MMO (massively multiplayer online game) pertama yang disebut ‘Meridian 59’. Dia menjual permainan tersebut kepada 3DO untuk meraih passion yang lebih besar: pemetaan dunia.

Tingkat 2: Pada tahun 2000, John meluncurkan ‘Keyhole’ yang hadir dengan sebuah metode untuk menghubungkan peta dengan foto udara, dan menciptakan peta dunia 3D Arieal yang terhubung dengan GPS pertama yang online.

Tingkat 3: Pada tahun 2004, Google membeli Keyhole dan dengan bantuan John, ternyata Keyhole menjadi apa yang sekarang disebut sebagai ‘Google Earth’. Saat itulah John memutuskan untuk fokus pada menciptakan game berbasis GPS.

Tingkat 4: John menjalankan tim Google Geo pada 2004-2010, menciptakan Google Maps dan Google Street View. Kurun waktu ini, ia mengumpulkan tim yang nantinya akan menciptakan Pokemon Go.

Tingkat 5: Pada tahun 2010, John meluncurkan Niantic Labs sebagai perusahaan start-up yang didanai oleh Google untuk membuat game layer pada peta. John menjelaskan mengapa ia menyebutnya Niantic:

“The Niantic adalah nama dari sebuah kapal penangkap ikan paus yang muncul selama demam emas dan dengan berbagai kondisi, diseret ke pantai. Hal ini terjadi dengan kapal lain, juga.

Selama bertahun-tahun, San Francisco pada dasarnya hanya dibangun di atas kapal tersebut. Anda bisa berdiri di atas mereka sekarang, dan Anda tidak akan tahu itu. Jadi itu ide bahwa ada hal-hal tentang dunia yang benar-benar keren tapi meskipun itu di internet, sulit untuk mengetahui kapan Anda benar-benar ada.”

Kesuksesan aplikasi game Pokemon GO
Kesuksesan aplikasi game Pokemon GO

Tingkat 6: Pada tahun 2012, John Hanke kemudian menciptakan MMO berbasis geo pertama, “Ingress“:

John menjelaskan: “Dalam kasus Ingress aktivitas tersebut berlapis-lapis di atas dunia nyata dan di ponsel Anda. Inspirasinya adalah bahwa itu adalah sesuatu yang saya selalu digunakan untuk melamun tentang saat dimana aku sedang melakukan perjalanan bolak-balik dari rumah ke kantor Google.”

“Saya selalu berpikir Anda bisa membuat permainan mengagumkan menggunakan semua data Geo yang kita miliki. Saya menyaksikan ponsel menjadi lebih dan lebih powerful dan saya pikir waktunya akan tiba bahwa Anda bisa melakukan permainan yang mengagumkan dengan melakukan petualangan berbasis dunia nyata.”

Tingkat 7: Pada tahun 2014, Google dan Perusahaan Pokemon GO bekerja sama untuk bercanda di hari April Fools, yang memungkinkan pemirsa untuk menemukan makhluk Pokemon pada peta Google.

Itu adalah sesuatu yang menjadi viral, dan John berpikir ide tersebut bisa berubah menjadi permainan nyata.

Tingkat 8: John Hanke memutuskan untuk membangun Pokemon Go pada pertemuan dilakukan oleh pemain dari Ingress, dan yang paling populer menjadi Pokéstops dan gyms di Pokemon Go:

Seperti John katakan, “The Pokéstops dikirimkan oleh pengguna, jadi jelas mereka berdasarkan tempat kemana orang pergi. Kami memiliki setidaknya 2½ tahun orang pergi ke semua tempat dimana mereka pikir mereka harus bisa bermain Ingress, dan beberapa tempat yang cukup terpencil. Ada portal di Antartica dan Kutub Utara, dan sebagian besar poin diantara keduanya.”

Tingkat 9: John Hanke mengumpulkan $25 juta dari Google, Nintendo, Perusahaan Pokemon dan investor lainnya dari Desember 2015 sampai Februari 2016 dan mengembangkan tim lebih dari 40 + untuk memulai Pokemon GO tahun ini.

Tingkat 10: John Hanke dan timnya meluncurkan Pokemon Go pada 6 Juli di Amerika Serikat, Australia dan Selandia Baru.

Sejak diluncurkan, harga saham Nintendo telah meningkat $ 7,5 milyar, dan aplikasi yang sudah menghasilkan lebih dari $2.000.000 setiap hari di pembelian dalam aplikasi, sehingga menjadi fenomena sukses dalam semalam.

Kesuksesan semalam Pokemon Go membutuhkan waktu 20 tahun bagi John Hanke untuk membuatnya. Sepanjang 20 tahun ini, sementara dia memiliki visi yang besar dari game layer seluruh dunia, tetapi dia tidak bentuk seperti apa yang akan diambil.

Pada setiap langkah, dia hanya terfokus satu tingkat pencapaian di atasnya.

Pada setiap tingkat yang baru, ia memiliki kekuatan baru, anggota tim baru, dan item baru dalam persediaannya…

Apakah Anda, seperti John, memperlakukan perjalanan kewirausahaan Anda sendiri seperti MMO?

Pikirkan secara mendalam, tetapi fokus hari ini hanya untuk menaikkan level kewirausahaan Anda.

Pada setiap tingkat, tumbuh kekuatan, skill, tim, dan keberuntungan Anda.

Dan tahu dibutuhkan banyak tingkatan untuk memenangkan permainan.

“Dibutuhkan waktu 20 tahun untuk menjadi sukses dalam semalam.” ~ Eddie Cantor

Sumber Tulisan:

Terjemahan dari tulisan Roger James Hamilton

Loading...

Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.

Website ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Klik "Terima" untuk menyetujui kebijakan ini. Terima Baca Detail