Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Bitcoin (BTC)
Rp97.736.000
+0.31%
Ethereum (ETH)
Rp3.067.933
0%
Litecoin (LTC)
Rp803.194
+1.98%
DigitalCash (DASH)
Rp2.317.321
+0.1%
Monero (XMR)
Rp1.583.323
+1.82%
Nxt (NXT)
Rp924
+0.65%
Ethereum Classic (ETC)
Rp144.649
+0.3%
Dogecoin (DOGE)
Rp65
+0.43%
ZCash (ZEC)
Rp1.769.022
-0.17%
Bitshares (BTS)
Rp1.470
+0.3%
DigiByte (DGB)
Rp373
+0.96%
Ripple (XRP)
Rp6.854
-0.43%
BitcoinDark (BTCD)
Rp245.516
+0.43%
PeerCoin (PPC)
Rp13.693
-2.01%
CraigsCoin (CRAIG)
Rp19
+0.43%

Sekilas Tentang Asuransi Kredit dan Penjelasannya

0 51

Salah satu jenis asuransi yang ada di dalam transaksi keuangan, khususnya kredit. Apa yang dimaksud dengan asuransi kredit ini? Berikut penjelasannya.

Apa itu Asuransi Kredit

Asuransi kredit adalah jenis polis asuransi yang dibeli oleh peminjam yang membayar satu atau lebih utang yang ada jika terjadi kematian, cacat, atau dalam kasus yang jarang terjadi, pengangguran.

Asuransi jenis ini dipasarkan paling sering sebagai fitur kartu kredit, dengan biaya bulanan yang memiliki persentase rendah dari saldo kartu yang belum dibayar.

Penjelasan lebih lanjut tentang Asuransi Kredit

Asuransi ini dapat menjadi ‘penolong’ bagi keuangan Anda jika terjadi bencana tertentu. Namun, banyak polis asuransi ini yang terlalu mahal dibandingkan dengan manfaatnya, serta sarat dengan syarat dan ketentuan yang tidak termuat dengan jelas.

Jika Anda merasa bahwa asuransi kredit akan lebih memberikan ketenangan, pastikan untuk membaca dengan baik benefit, syarat & ketentuan dan membandingkan polis asuransi tersebut dengan polis asuransi jiwa yang standar.

Tiga Jenis Asuransi Kredit

Ada tiga jenis asuransi kredit, masing-masing menawarkan manfaat dengan cara yang berbeda:

  • Asuransi jiwa kredit: Asuransi jiwa jenis ini memberikan manfaat pelunasan pembayaran hutang jika Anda meninggal.
  • Asuransi kecacatan kredit: Juga disebut asuransi kecelakaan dan kesehatan. Asuransi jenis ini membayarkan tunjangan bulanan langsung kepada pemberi pinjaman sama dengan pembayaran minimum bulanan pinjaman jika Anda menjadi cacat. Anda harus dalam kondisi cacat untuk jangka waktu tertentu sebelum manfaat dibayarkan. Dalam beberapa situasi, manfaatnya berlaku surut pada hari pertama kecacatan. Dalam kasus lain, manfaat dapat dimulai hanya setelah masa tunggu dipenuhi. Masa tunggu yang umum adalah 14 hari dan 30 hari.
  • Asuransi kredit bagi pekerja: Dengan asuransi jenis ini, jika Anda seorang pekerja / karyawan dan menjadi pengangguran karena kondisi tertentu, asuransi ini membayarkan tunjangan bulanan langsung kepada pemberi pinjaman sama dengan pembayaran minimum bulanan pinjaman. Dalam beberapa kasus, manfaatnya berlaku surut pada hari pertama pengangguran. Dalam kasus lain, manfaat dimulai hanya setelah masa tunggu dipenuhi. Masa tunggu umum adalah 30 hari.

Pertanyaan yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Asuransi Kredit

  • Apakah Anda memiliki asuransi atau aset lain yang akan menutupi kewajiban utang dalam hal kematian, cacat, atau pengangguran?
  • Apakah lebih baik membeli polis asuransi jiwa atau polis asuransi cacat? Asuransi kredit mungkin lebih mahal daripada opsi asuransi konvensional lainnya.
  • Jika Anda membeli cakupan premi tunggal, akankah premi dibiayai sebagai bagian dari pinjaman? Jika demikian, berapa banyak pembayaran pinjaman akan meningkat karena biaya asuransi ini?
  • Apakah asuransi ini akan menanggung seluruh jangka waktu pinjaman dan seluruh saldo?
  • Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk tunjangan bulanan yang harus dibayarkan?
  • Apa saja yang tidak dicakup di dalam polis asuransi?
  • Dapatkah perusahaan asuransi atau pemberi pinjaman membatalkan asuransi?
  • Dapatkah persyaratan kebijakan atau premi diubah tanpa persetujuan?

Referensi: www.investopedia.com

Loading...

Sumber www.investopedia.com
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.

Website ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Klik "Terima" untuk menyetujui kebijakan ini. Terima Baca Detail