Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.221
+0.26%
Rp15.751
+0.6%
Rp17.289
-0.01%
Rp134
+0.25%
Rp9.639
+0.37%
Rp3.791
+0.29%
Rp2.020
+0.27%
Rp10.257
+0.08%
Rp10.687
+0.17%
Rp14.513
+0.53%
Rp9.151
+0.45%

Manfaat Kartu Kredit dan Juga Kerugian Memilikinya

0 111

Di era modern yang serba dinamis ini, kartu kredit memiliki andil besar dalam pergerakan individu yang juga serba ingin efisien dan cepat. Manfaat kartu kredit banyak dirasakan bagi banyak penggunanya.

Tetapi, tidak semua orang mengetahui manfaat kartu kredit. Bahkan mungkin, ada beberapa orang yang baru mendengar istilah kartu kredit.

Bentuknya yang hampir mirip dengan produk kartu lainnya, seperti kartu debit atau kartu ATM, mungkin tidak semua orang bisa memilikinya dengan mudah.

Beda dengan kartu ATM atau debit, nasabah yang memiliki tabungan di bank pun pasti bisa memilikinya secara otomatis.

Apa sih sebenarnya beda antara kartu debit dengan kartu kredit? Dan, apa sebenarnya manfaat kartu kredit tersebut? Kenapa kartu kredit lebih banyak dipromosikan di pusat-pusat perbelanjaan?

Secara sederhana, kartu kredit bisa diartikan sebagai kartu “utang” yang diterbitkan oleh institusi keuangan (bank), yang bisa digunakan oleh penggunanya untuk bertransaksi praktis tanpa harus memiliki dana di dalamnya.

Ya, perbedaan mendasar kartu debit dan kredit adalah debit bukanlah hutang. Kita harus memiliki dana cukup di dalamnya jika ingin melakukan transaksi.

Sedangkan kartu kredit, merupakan kartu yang kita bisa melakukan transaksi walaupun tak memiliki dana di tabungan. Kasarnya, bank memberikan utang kepada kita agar kita melakukan transaksi.

So, saat kita menggunakan kartu kredit untuk bertransaksi, misalkan belanja di mall, maka kita akan mendapatkan pinjaman sejumlah uang untuk transaksi tersebut.

Pembayarannya pun bisa dilakukan nanti setelah cetak tagihan sesuai dengan jumlah transaksi, ditambah beberapa biaya seperti fee, bunga dan lain sebagainya.

Pembayaran bisa langsung dilakukan pelunasan maupun dicicil sesuai dengan minimal pembayaran di tagihan yang telah tercetak.

Lalu, apa manfaat kartu kredit itu sendiri? Kenapa banyak orang berusaha mendapatkannya?

Mungkin, beberapa orang menginginkan kartu ini karena beberapa manfaat kartu kredit berikut ini:

Kartu kredit memang diidentikkan dengan gaya hidup serba wah dengan hutang, konsumtif, dan shopaholic. Kartu kredit bukanlah sekedar kartu biasa, melainkan sebuah kartu “sakti” bagi sebagian besar orang.

Jika bijak dalam penggunaannya, sebenarnya manfaat kartu kredit sangatlah besar. Tak melulu digunakan konsumtif misalnya, maka kartu kredit bisa sebagai langkah awal untuk hal-hal yang produktif.

1. Kartu Kredit Praktis

Kepraktisan dari fungsi kartu ini memang diakui. Kita tak perlu lagi membawa banyak uang tunai dalam dompet, cukup satu atau beberapa kartu kredit dengan limit yang besar, maka semua transaksi finansial bisa dilakukan.

Anda juga tak perlu repot-repot menghitung uang tunai ketika ingin bertransaksi, semuanya bisa diselesaikan dengan menggesek kartu di mesin pembayaran.

Maanfaat kartu kredit dalam aspek kepraktisan juga sangat terasa saat kita ingin berbelanja online di webstore tertentu. Dengan menggunakan kartu kredit, transaksi online bisa dilakukan dengan cepat dan praktis.

2. Cenderung Lebih Aman

Jika Anda merasa tidak tenang saat membawa uang tunai dalam jumlah yang banyak saat berbelanja, maka kartu ini bisa menjadi solusinya.

Anda tak perlu lagi merasa was-was harus membawa uang dalam jumlah banyak, dan memicu potensi kriminalitas. Cukup dengan membawa kartu ini, risiko itu pun minimal.

Jika kartu kredit hilang, maka Anda dapat menghubungi pihak bank penerbit kartu tersebut dengan segera agar diblokir sehingga tak bisa digunakan oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab.

3. Kemudahan Bertransaksi

Kemudahan adalah salah satu manfaat kartu kredit yang juga bisa dirasakan oleh penggunanya.

Misalkan, jika Anda sedang menginginkan barang tertentu karena harga sedang promo murah, tetapi saat itu belum memiliki uang tunai untuk membelinya, cukup menggunakan kartu kredit barang tersebut bisa Anda dapatkan.

Pembayaran pun bisa dilakukan belakangan baik dengan cara langsung pelunasan atau mencicil.

4. Benefit Diskon atau Promo

Mungkin sebagian besar dari Anda saat berjalan-jalan di pusat perbelanjaan, atau di online store, sering menawarkan promo potongan harga atau cicilan bunga 0%, bukan?

Inilah benefit yang ditawarkan untuk pengguna kartu kredit yang tak bisa didapatkan dari kartu debit, atau bahkan uang tunai.

Itulah beberapa manfaat kartu kredit yang bisa didapatkan oleh mereka yang memilikinya. Namun, dari beberapa manfaat kartu kredit tersebut, tetap saja ada sisi gelap dari penggunaan kartu kredit.

Sisi gelap ini merupakan kerugian memiliki kartu kredit yang akan semakin bertambah buruk jika penggunanya tak bijak dalam memakai kartu tersebut.

Beberapa manfaat kartu kredit dan juga kerugian memilikinya
Beberapa manfaat kartu kredit dan juga kerugian memilikinya

Beberapa kerugian dari memiliki atau menggunakan kartu kredit, seperti:

1. Hidup selalu Dililit Utang

Seperti yang sudah diketahui bersama, karena kartu ini pada dasarnya adalah kartu utang, maka mau tak mau keseharian penggunanya selalu terjebak dalam utang.

Utang ini bisa bernilai negatif, bisa juga positif. Jika utang melampaui kemampuan membayar untuk pelunasannya, ini satu hal negatif.

Apabila utang digunakan bukan untuk hal-hal yang konsumtif, melainkan digunakan untuk produktif, mungkin ini salah satu segi positif dari kartu kredit.

Kartu kredit memang seperti pisau yang suatu saat bisa menikam penggunanya apabila salah dalam pemakaian. Tetapi, bisa juga bermanfaat apabila digunakan dengan benar.

2. Gaya Hidup Konsumtif

Kecenderungan orang yang telah memiliki kartu ini, biasanya lebih banyak digunakan untuk bertransaksi untuk belanja. Dan ini merupakan kebiasaan konsumtif.

Memang tak ada yang salah dengan gaya hidup seperti ini jika memang itu sudah dimanajemen dengan baik. Tetapi, terkadang, gaya hidup konsumtif akan kebablasan dan tak terkontrol dengan baik. Ini yang perlu Anda waspadai.

3. Manajemen keuangan pribadi yang kacau

Jika kita hidup selalu dalam lilitan hutang, bukan tak mungkin, pada suatu waktu manajemen keuangan kita juga jebol.

Bisa jadi, arus kas yang masuk (pemasukan) tak selamanya lancar, sehingga kewajiban untuk membayar hutang yang terus menerus bisa mengacaukan segalanya.

Ini juga yang perlu Anda hindari dan waspadai. Apabila sudah ada tanda-tanda manajemen keuangan minus, maka segera stop menggunakan kartu ini.

Itulah beberapa manfaat kartu kredit dan juga kerugian dalam menggunakannya. Mungkin, Anda memiliki manfaat kartu kredit lainnya? Berbagi disini ya..

Referensi:

www.sekedarshare.com

Loading...
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.