Cara Menambang Bitcoin untuk Pemula Terlengkap

0 209

Bitcoin merupakan fenomena yang tak ada habisnya. Walaupun sudah hadir beberapa tahun sebelumnya, banyak yang masih mencari cara menambang Bitcoin untuk pemula. Simak ulasannya dalam artikel berikut!

Semua penambang di jaringan Bitcoin berlomba untuk memecahkan teka-teki matematika dalam rangka mendapatkan rewards Bitcoin. Untuk memenangkan perlombaan tersebut, penambang Bitcoin mencoba beragam perhitungan per detik sehingga menemukan yang tepat.

Jumlah perhitungan yang dibuat oleh alat tambang setiap detiknya disebut sebagai hash rate. Semakin tinggi hash rate tersebut, berarti semakin banyak teka-teki kesulitan yang dipecahkan. Tentunya, semakin banyak rewards bitcoin yang didapatkan.

Alat tambang bitcoin yang berbeda pastinya memiliki hash rate yang berbeda pula. Hash rate ini yang perlu diperhitungkan saat menentukan profitabilitasnya. Itulah cara memilih tambang bitcoin. (Baca Juga: Sekilas Tentang Tambang Bitcoin)

Tingkat Kesulitan Pertambangan Bitcoin

Jaringan bitcoin hanya dapat membuat bitcoin baru setiap sepuluh menit. Hal ini berarti jika seseorang ingin memenangkan perlombaan tersebut, hanya setiap sepuluh menit. Akan tetapi, semakin banyak penambang yang mencoba memecahkan teka-teki tersebut, peluang seseorang untuk memecahkan teka-teki akan semakin cepat.

Jaringan bitcoin beradaptasi dengan hal tersebut dengan membuat teka-teki yang lebih sulit untuk dipecahkan. Hal ini dilakukan dengan cara menyesuaikan nilai numerik yang merupakan bagian dari teka-teki, disebut sebagai “tingkat kesulitan”.

Semakin banyak orang yang mencoba menambang bitcoin, tingkat kesulitan semakin bertambah dan semakin sulit teka-teki terpercahkan. Meningkatnya kesulitan adalah sisi buruk bagi penambang karena mengurangi kesempatan dalam memenangkan perlombaan.

Tentu saja hal ini sangat buruk bagi penambang yang menggunakan peralatan tambang bitcoin yang lambat karena peluangnya lebih kecil. Ini merupakan biaya karena kesulitan lebih tinggi mengurangi kemungkinan untuk memenangkan perlombaan. Bisa diatasi dengan menggunakan alat tambang yang lebih kuat, tetapi memengaruhi parameter lainnya.

Biaya Awal Pertambangan

Untuk membeli alat tambang yang lebih kuat, Anda harus mengeluarkan lebih banyak uang. Alat tambang ASIC terbaru mungkin saja alat tambang terkuat yang pernah dikenal, tetapi biayanya lebih besar. Sebelum mencari keuntungan, pikirkan terlebih dahulu balik modal untuk pembelian peralatan tambang.

Pool Tambang Bitcoin

Semakin banyak tangan, pekerjaan biasanya lebih mudah dikerjakan. Dalam dunia pertambangan bitcoin, hal tersebut juga berlaku. Pool tambang bitcoin akan jauh lebih mudah balik modal. Bagaimana cara kerja pool tambang bitcoin tersebut?

Cara menambang bitcoin untuk pemula perlu mempertimbangkan pool tambang bitcoin ini. Dahulu, cara menghasilkan bitcoin dalam jumlah besar dengan menambang. Tinggal mencolokkan peralatan tambang, menyalakan dan tunggu bitcoin datang. Tetapi, saat ini menghasilkan cryptocurrency ini jauh lebih susah.

Dalam menambang bitcoin konvensional, setiap orang menjalankan komputer tambang dan berlomba menyelesaikan puzzle matematika yang sama. Setiap 10 menit atau lebih, satu orang memenangkan puzzle dan mendapatkan bitcoin. Lalu, puzzle diatur ulang dan dimulai kembali.

Cara Menambang Bitcoin untuk Pemula Menggunakan Komputer

Kesulitan menghasilkan bitcoin menggunakan daya komputasi telah meningkat secara eksponensial dalam 18 bulan terakhir. Hal ini disebabkan meningkatnya popularitas mata uang virtual dan lompatan kemajuan daya komputasi yang diberikan oleh peralatan pertambangan ASIC.

Ini membuat penambangan bitcoin dianggap tidak adil. Ketika orang melihat potensi keuntungan, mereka mulai berinvestasi dalam jumlah besar dalam peralatan penambangan bitcoin. Beberapa perusahaan bahkan telah menyiapkan rak yang penuh dengan komputer spesifikasi tinggi untuk menambang bitcoin.

Jadi, bagaimana dengan seseorang yang hanya memiliki peralatan tambang dasar? Apakah ada peluang untuk memenangkan perlombaan 10 menit tersebut? Peluang pasti ada, tetapi sangatlah kecil. Oleh karena itu, disarankan bagi pemula untuk memasuki pool tambang bitcoin.

Alternatif Cara Menambang Bitcoin untuk Pemula dengan Memasuki Pool

Inilah pemula bisa melakukan penambangan bitcoin menggunakan pool. Pool merupakan kumpulan penambang yang bergabung bersama dan menambang secara serempak. Kekuatan komputasi gabungan akan memiliki peluang yang jauh lebih baik untuk memenangkan kontes. Pool nantinya akan membayar semua penambang sesuai dengan tingkat usahanya.

Melalui cara menambang bitcoin untuk pemula dengan pool ini, Anda berpeluang menghasilkan sebagian kecil bitcoin menggunakan peralatan tambang dasar. Walaupun Anda tidak memenangkan seluruh hadiahnya.

Cara Memilih Pool Tambang

Saat ini, ada banyak sekali pool tambang bitcoin yang tersedia. Pilihan mana yang terbaik tergantung dari berbagai faktor. Haruskah memilih pool yang terbesar untuk memaksimalkan peluang menghasilkan bitcoin? Tidak harus seperti ini.

Jika Anda bergabung dengan pool yang besar, kemungkinan Anda berhasil menambang blok sebagai bagian dari pool memang meningkat. Akan tetapi, karena ukuran pool berarti pembayaran jauh lebih rendah. Pembayaran sehari-hari akan jauh lebih mudah diprediksi.

Sebaliknya, jika Anda memilih bergabung dengan pool yang lebih kecil, maka tingkat keberhasilan menambang blok jauh lebih jarang. Namun, jika berhasil mendapatkannya, rewards-nya pun akan lebih tinggi.

Jadi, Anda mungkin meluangkan waktu tanpa menghasilkan apa-apa, dan kemudian mendapat rewards besar. Seiring waktu, semuanya akan kembali normal.

Opsi Pool Tambang Bitcoin

Sebagai bagian dari cara menambang bitcoin untuk pemula, terdapat beberapa opsi pool pertambangan bitcoin. Diantaranya:

Single vs. Multi-coin Pool

Beberapa cryptocurrency memfokuskan pada satu mata uang virtual, seperti bitcoin. Sedangkan yang lainnya, menambang koin yang berbeda-beda berdasarkan koin mana yang paling menguntungkan saat itu.

Mereka menggunakan berbagai faktor untuk memutuskan hal ini, termasuk hash rate pool saat itu dan tingkat pertukaran koin yang berbeda.

Tambang Lokal vs. Cloud

Beberapa pool tambang mengkombinasikan tambang berbasis cloud dengan aktivitas pool lokal. Ini berarti bahwa Anda tidak perlu membeli peralatan tambang sama sekali, tetapi cukup membayar kontrak penambangan secara online.

Cara ini akan membuat Anda secara otomatis masuk ke dalam pool. Pastinya, pengeluaran modal akan jauh lebih minimal. Akan tetapi, Anda harus membayar alat tambang yang dikontrak tersebut dengan dikurangi dari keuntungan Anda.

Opsi Pool Pembayaran

Pembayaran pool ada berbagai cara. Beberapa peserta membayar segera berdasarkan pada setiap ‘share‘ yang berhasil dikirimkan. Share adalah potongan puzzle matematika yang valid yang telah dipecahkan. Itu menempatkan lebih banyak risiko pada operator penambangan pool, karena share dapat diperoleh bahkan jika seluruh teka-teki tidak terpecahkan. Operator mungkin saja membayar rewards untuk share, bahkan jika mereka tidak mendapat hadiah dari blockchain.

Lebih umum, opsi pool ini menggunakan model proporsional, yaitu rewards didistribusikan hanya ketika seluruh puzzle berhasil diselesaikan oleh pool. Ini berarti bahwa sebuah blok di blockchain telah berhasil ditambang.

Itulah beberapa opsi cara menambang bitcoin untuk pemula yang bisa dilakukan. Mana yang terbaik dan menghasilkan? Tergantung dari karakter Anda dalam berinvestasi dan kemampuan finansial.

Loading...
Sumber www.thebalance.com