Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Bitcoin (BTC)
Rp94.893.892
-0.29%
Ethereum (ETH)
Rp3.166.644
-8.03%
Litecoin (LTC)
Rp832.315
-2.12%
DigitalCash (DASH)
Rp2.743.270
Monero (XMR)
Rp1.688.685
+0.29%
Nxt (NXT)
Rp1.031
-2.82%
Ethereum Classic (ETC)
Rp163.576
+3.94%
Dogecoin (DOGE)
Rp88
+4.3%
ZCash (ZEC)
Rp1.978.311
-2.04%
Bitshares (BTS)
Rp1.647
-3.6%
DigiByte (DGB)
Rp358
-2.64%
Ripple (XRP)
Rp6.747
0%
BitcoinDark (BTCD)
Rp252.100
-6.69%
PeerCoin (PPC)
Rp16.088
-0.7%
CraigsCoin (CRAIG)
Rp18
-0.27%

Warren Buffett: Membeli Bitcoin Bukanlah Investasi

0 85

Warren Buffett, salah satu investor paling berpengaruh di dunia, tetap tidak yakin tentang manfaat trading bitcoin dan cryptocurrency lainnya. Dia mengatakan bahwa membeli Bitcoin (dan cryptocurrency lainnya) bukanlah investasi.

Dalam wawancara dengan Yahoo Finance menjelang pertemuan pemegang saham tahunan Berkshire Hathaway Inc., Buffett mengklaim bahwa membeli mata uang digital terkemuka, Bitcoin, tidak dapat dianggap sebagai investasi yang tepat.

“Ada dua jenis barang yang dibeli dan dipikirkan orang yang mereka investasikan. Salah satunya adalah berinvestasi dan yang lainnya tidak,” katanya mengacu pada Bitcoin.

Oracle of Omaha, sebutan dari Warren Buffett, yang sebelumnya mengaku sedikit mengetahui tentang cryptocurrency, menambahkan selama wawancara bahwa Bitcoin adalah permainan spekulatif dan setara dengan “berjudi” karena tidak ada yang tahu persis apa itu.

Tidak seperti investasi utama lainnya, ia mengatakan bahwa koin digital tidak benar-benar menghasilkan apa-apa dan malah mengandalkan “orang berikutnya” membayar lebih untuk menghasilkan laba.

Price is what you pay. Value is what you get.

Warren Buffet Investor

“Jika Anda membeli sesuatu seperti pertanian, rumah apartemen, atau minat dalam bisnis … Anda dapat melakukannya secara pribadi … Dan itu adalah investasi yang sangat memuaskan,” kata Warren Buffett.

“Anda melihat investasi itu sendiri untuk memberikan penghasilan kembali kepada Anda. Sekarang, jika Anda membeli sesuatu seperti Bitcoin atau cryptocurrency, Anda tidak memiliki apa pun yang menghasilkan apa pun. Anda hanya berharap seseorang berikutnya membayar lebih banyak. ”

Dia menambahkan, “Anda tidak berinvestasi ketika Anda melakukan hal tersebut. Anda berspekulasi. Tidak ada yang salah dengan itu. Jika Anda ingin berjudi, orang lain akan datang dan membayar lebih banyak uang keesokan harinya, itu adalah salah satu jenis permainan. Itu bukan investasi.”

Warren Buffett, Skeptis Bitcoin Jangka Panjang

Ini bukan pertama kalinya Buffett mengkritik tentang investasi cryptocurrency. Beberapa tahun yang lalu, ketika koin digital mulai melonjak popularitasnya, dia menggambarkan hal tersebut sebagai “fatamorgana.”

Oracle of Omaha mengatakan pada waktu itu adalah “lelucon” untuk memberikan nilai pada sesuatu hanya karena itu dapat digunakan untuk mengirimkan uang dan bahkan membandingkannya dengan cek.

Warren Buffett kemudian berbicara negatif tentang cryptocurrency lagi pada bulan Januari. Dalam sebuah wawancara dengan CNBC, investor terkemuka itu diminta pendapatnya di JPMorgan Chase & Co. Pengakuan CEO Jamie Dimon bahwa dia salah menyebut Bitcoin sebagai penipuan tahun sebelumnya.

Warren Buffett menjawab bahwa dia yakin bahwa setiap cryptocurrency akan jatuh selama lima tahun ke depan. “Terkait dengan cryptocurrency, pada umumnya, saya hampir bisa mengatakan dengan pasti bahwa mereka akan berakhir dengan buruk,” katanya selama wawancara.

Namun, meski memprediksi kejatuhannya, Buffett juga menolak bertaruh melawan pasar mata uang virtual. “Mengapa di dunia saya harus mengambil posisi panjang atau pendek dari sesuatu yang tidak saya ketahui?” tambahnya.

Loading...

Sumber www.investopedia.com
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.

Website ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Klik "Terima" untuk menyetujui kebijakan ini. Terima Baca Detail