Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Bitcoin (BTC)
Rp97.468.000
+0.01%
Ethereum (ETH)
Rp3.055.622
0%
Litecoin (LTC)
Rp789.588
+0.28%
DigitalCash (DASH)
Rp2.320.713
+0.24%
Monero (XMR)
Rp1.578.982
+1.54%
Nxt (NXT)
Rp910
-0.8%
Ethereum Classic (ETC)
Rp144.935
Dogecoin (DOGE)
Rp66
+1.66%
ZCash (ZEC)
Rp1.775.867
+0.21%
Bitshares (BTS)
Rp1.465
-0.04%
DigiByte (DGB)
Rp371
+0.42%
Ripple (XRP)
Rp6.840
0%
BitcoinDark (BTCD)
Rp244.843
+0.16%
PeerCoin (PPC)
Rp13.655
-2.28%
CraigsCoin (CRAIG)
Rp19
+0.16%

Pengertian dan Penjelasan Tentang Pendanaan Seri B

0 253

Dalam pengembangan sebuah bisnis, sering kali dibutuhkan pendanaan baru termasuk salah satunya pendanaan seri B. Apa maksud dari pendanaan seri B ini?

Apa itu Pendanaan Seri B (Series B Financing)

Pendanaan Seri B adalah pendanaan tahap kedua untuk bisnis melalui semua jenis investasi termasuk investor ekuitas swasta dan investor modal ventura. Rangkaian / putaran pembiayaan atau pendanaan bisnis secara berturut-turut disebut sebagai pendanaan Seri A, Seri B dan Seri C.

Putaran Pendanaan Seri B umumnya terjadi ketika perusahaan telah mencapai tonggak tertentu dalam mengembangkan bisnisnya.

Penjelasan selanjutnya tentang Pendanaan Seri B

Dalam putaran pendanaan Seri B, perusahaan umumnya telah memajukan bisnisnya sehingga menghasilkan penilaian yang lebih tinggi saat ini. Perusahaan dapat mencari berbagai cara untuk mengumpulkan dana dalam putaran pembiayaan Seri B. Investor biasanya membayar harga lebih tinggi untuk berinvestasi di perusahaan daripada investor Seri A.

Untuk perusahaan publik, peningkatan jumlah saham dapat diterbitkan di pasar terbuka. Dalam pendanaan tahap awal dan khususnya dalam putaran pendanaan Seri B, investor ekuitas biasanya lebih memilih untuk menerima saham preferen terkonversi dari saham biasa. Fitur-fitur khusus dari saham preferen, seperti dividend accrual dan anti-dilution, diharapkan oleh investor yang mungkin tidak tersedia di saham biasa.

Sumber Pendanaan / Pembiayaan Seri B

Selain pasar publik, bisnis memiliki sumber daya penggalangan dana yang semakin banyak sehingga mereka dapat memperoleh modal. Dalam pendanaan Seri B, perusahaan sering menggunakan saluran penggalangan dana yang sebelumnya dicari karena kemudahan dalam pelaporan.

Untuk perusahaan startup dan usaha kecil, pendanaan dapat berasal dari investor ekuitas swasta dan pemodal ventura, juga ekuitas crowdfunding dan investasi kredit. Penggalangan modal langsung dari investor ekuitas swasta dan pemodal ventura terdapat beberapa kendala investasi khusus. Contohnya batasan modal dan persentase modal yang diperbolehkan dari masing-masing investor.

Investasi CrowdFunding

Investasi crowdfundin juga menjadi lebih populer di sektor bisnis kecil saat ini. Investasi ini juga memiliki batasan pada tingkat penggalangan dana dan tunjangan modal per investor. Namun, investasi jenis ini menyediakan pasar yang lebih luas bagi bisnis untuk mendapatkan modal.

Di pasar ini, bisnis dapat menawarkan perusahaannya untuk diinvestasikan ke pasar ritel, ekuitas swasta, modal ventura dan investor institusional yang tidak dibatasi. Bisnis juga dapat menerima pinjaman dari investor crowdfunding.

Semua kegiatan investasi tersebut ditransaksikan melalui platform keuangan internet yang dioperasikan oleh penyedia pendanaan crowdfunding online yang menghubungkan perusahaan dengan investor. Investasi ini memiliki biaya rendah bagi kedua belah pihak karena struktur biaya yang diminimalkan dicapai melalui operasi keuangan secara online.

Secara keseluruhan, usaha kecil memiliki semakin banyak alternatif pilihan saat ingin mendapatkan modal di semua tahap pendanaan. Dalam pembiayaan Seri B, perusahaan dapat memilih metode pembiayaan baru yang lebih sesuai dengan situasinya saat ini atau mengulangi metode pendanaan serupa yang digunakan dalam pembiayaan Seri A.

Referensi: www.investopedia.com

Loading...

Sumber www.investopedia.com
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.

Website ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Klik "Terima" untuk menyetujui kebijakan ini. Terima Baca Detail