Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan

Ingin Memiliki Bisnis Anda Sendiri? Simak 8 Tips Memulai Bisnis Bagi Pemula ini!

0 21

Anda sudah siap untuk memulai bisnis / usaha milik Anda sendiri? Apabila ini kali pertama Anda melakukannya, simak 8 tips memulai bisnis bagi pemula berikut ini.

Memulai bisnis memang penuh tantangan, terlebih bagi Anda yang baru pertama melakukannya. Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelum memulai bisnis Anda sendiri. Sebelumnya, kami telah menjabarkan beberapa langkah sederhana dalam memulai bisnis.

Sebagai tambahan, terapkan 8 tips memulai bisnis bagi pemula ini jika hendak mendirikan bisnis / usaha Anda.

Jadilah Bos bagi Diri Sendiri

Bukankah menyenangkan bisa keluar dari pekerjaan saat ini, menjadi bos bagi diri Anda sendiri dan mendapatkan gaji dengan kenyamanan dari rumah?

Kabar baiknya adalah dengan sedikit perencanaan dan beberapa modal awal, hal itu mungkin saja terjadi! Di sini kita akan mempelajari beberapa langkah penting untuk diikuti ketika memulai bisnis Anda sendiri.

  • Apakah Anda Memiliki Apa yang Dibutuhkan?

Tidak semua orang cocok untuk memulai bisnis mereka sendiri. Ada beberapa ciri kepribadian yang umum di kalangan pengusaha sukses. Beberapa diantaranya disiplin, berhemat, rasa percaya diri, keterampilan komunikasi yang baik, kerendahan hati, kejujuran dan integritas, keterampilan menyimpan catatan dengan baik, motivasi, kesehatan yang baik, optimisme dan banyak lagi.

  • Membuat Konsep

Sebelum keluar dari pekerjaan saat ini dan menjadi seorang pengusaha, Anda harus terlebih dahulu memikirkan konsep, produk, atau layanan yang akan menghasilkan aliran pendapatan yang stabil.

Ini mungkin terdengar mudah, tetapi bagi kebanyakan orang, sebenarnya poin ini adalah bagian tersulit. Anda harus menyusun rencana yang menempatkan pengetahuan, pengalaman, dan keahlian Anda untuk digunakan dengan cara yang paling menguntungkan.

Setelah Anda puas dengan sebuah ide, telitilah pasar untuk melihat bagaimana bisnis serupa telah bernasib baik dan analisis seberapa besar / sulitnya persaingan Anda.

Kiat Cerdas: Mulai dengan area yang sudah Anda minati, dan perlengkapan serta materialnya. Ini akan membantu menurunkan modal awal.

  • Pastikan Anda Memiliki Dukungan

Jika Anda sudah menikah dan / atau memiliki anak, Anda juga harus bertanya kepada keluarga bagaimana perasaan mereka tentang pekerjaan dari rumah yang akan dilakukan. Keputusan Anda tersebut akan mempengaruhi mereka secara finansial dan psikologis.

Jika responsnya negatif, habiskan waktu untuk mengatasi masalahnya dan putuskan apakah tujuan Anda layak diteruskan yang sesuai dengan keinginan mereka jika Anda tidak dapat mengubah pikiran mereka.

  • Memiliki Ruang Kerja

Jika Anda mempertimbangkan untuk memiliki bisnis rumahan, ingat bahwa fungsi utama rumah adalah melayani sebagai tempat tinggal bagi Anda dan keluarga — bukan sebagai gudang atau tempat pertemuan untuk bisnis dan kliennya.

Jika Anda mempertimbangkan bisnis berbasis komputer / online, pastikan Anda memiliki teknologi yang diperlukan untuk memberikan ide kesempatan untuk bertarung.

Kiat Cerdas: Pastikan Anda memiliki area pribadi khusus untuk bekerja. Area ini harus bebas dari kebisingan dan gangguan.

  • Membuat Rencana Bisnis

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa salah satu alasan utama kegagalan bisnis baru adalah perencanaan yang buruk. Tips memulai bisnis bagi pemula selanjutnya, yaitu Anda harus memiliki rencana bisnis.

Ini akan berfungsi sebagai peta jalan untuk Anda dan akan menunjukkan kepada bank dan / atau investor apa yang dilakukan dan mengapa mereka harus berinvestasi pada Anda.

Perencanaan bisnis harus mencakup beberapa poin penting. Beberapa diantara poin yang harus termuat dalam rencana bisnis:

  • Pernyataan visi / misi
  • Ringkasan eksekutif
  • Penawaran produk atau layanan
  • Target pasar
  • Rencana pemasaran / marketing
  • Industri dan analisis kompetitif
  • Keuangan pro-forma
  • Resume untuk kepala perusahaan
  • Penawaran Anda, dan lampiran dengan informasi terkait lainnya.

Sangat bagus memiliki bisnis, tetapi pada akhirnya Anda mungkin ingin pensiun atau beralih ke tantangan lain. Dengan memperhatikan beberapa poin tersebut, pastikan dalam rencana bisnis memasukkan bagaimana Anda akan mentransfer, menjual atau menutup perusahaan.

Mendapatkan Permodalan / Pendanaan yang Tepat

Sebagian besar bisnis membutuhkan permodalan awal. Idealnya, investasi ini akan membantu Anda mencapai titik impas setelah satu tahun. Akan tetapi, bisnis yang sukses dapat tetap berutang selama beberapa tahun pertama.

Sumber permodalan potensial mencakup pinjaman usaha kecil dari bank lokal (BRI, BNI, Bank Mandiri, dll), memanfaatkan tabungan, uang dari investasi lain, meminjam dari keluarga atau teman dan, sebagai usaha terakhir, kartu kredit.

Salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan sebelum terjun dalam kewirausahaan adalah menyiapkan dana darurat untuk beberapa bulan ke depan.

Tiga bulan biaya hidup adalah tujuan minimum untuk pemilik bisnis baru, tetapi lebih banyak lagi akan membantu menghilangkan stres dan membuat fokus dalam berwirausaha.

  • Rencanakan Anggaran Bisnis / Usaha

Tips memulai bisnis bagi pemula berikutnya adalah menyiapkan perencanaan anggaran usaha. Tanpa anggaran, bisnis memiliki risiko untuk menghabiskan lebih banyak uang daripada menghasilkan. Atau sebaliknya, tidak menghabiskan cukup uang dengan tepat dalam rangka mengembangkan bisnis dan bersaing.

Ada sejumlah cara untuk merencanakan anggaran bisnis. Hal ini termasuk melakukan penelitian di seputar usaha, meninjau anggaran secara berkala, dan menyiapkan stok barang.

Kiat Cerdas: Banyak perusahaan menyusun anggaran tahunan, pemilik usaha kecil harus melakukannya lebih sering. Bahkan, banyak yang merencanakan hanya satu atau dua bulan ke depan ketika pengeluaran tak terduga melebihi asumsi pendapatan.

  • Dapatkan Semua Bantuan / Dukungan

Sejumlah sumber daya tersedia untuk membantu para calon pengusaha memulai dengan awal yang baik. Informasi dan bantuan gratis tersedia dari Pusat Pengembangan Kewirausahaan / Bisnis di setiap wilayah.

  • Melihat ke Masa Depan

Hampir tiga dari empat bisnis tidak lagi beroperasi setelah dua tahun, jadi Anda harus menemukan cara untuk beradaptasi ketika bisnis meluas dan menaklukkan tantangan baru.

Persiapkan diri Anda untuk pertumbuhan bisnis, termasuk mengharuskan memindahkan bisnis dari rumah dan masuk ke ruang kantor.

Setiap bisnis harus selalu beradaptasi dengan perubahan kondisi pasar, alat bisnis baru, dan peluang penjualan baru untuk terus tumbuh dan berkembang.

========

Bagi calon pemilik usaha, kedelapan tips memulai bisnis bagi pemula di atas penting untuk diterapkan agar usaha / bisnis bisa berjalan dan berkembang.

Loading...
Sumber www.investopedia.com
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda terjaga kerahasiaannya.

enam belas − tiga =

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.