Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.221
+0.26%
Rp15.751
+0.6%
Rp17.289
-0.01%
Rp134
+0.25%
Rp9.639
+0.37%
Rp3.791
+0.29%
Rp2.020
+0.27%
Rp10.257
+0.08%
Rp10.687
+0.17%
Rp14.513
+0.53%
Rp9.151
+0.45%

Trik Investasi Saham Online Terpercaya yang Mudah Dilakukan

0 36

Di era digital yang semakin gencar dan berkembang, membuat banyak sekali hal yang bisa didapatkan secara praktis. Pasalnya, dunia digital ini membawa perubahan pada tatanan hidup masyarakat ke arah hal-hal yang maya. Begitu halnya dengan masalah ekonomi di bidang investasi saham. Kegiatan ini pun kini bisa dilakukan secara digital atau lebih seringnya disebut sebagai investasi saham secara online. Tak banyak, yang menyediakan investasi saham online terpercaya. Perlu kecermatan dari investor untuk memperolehnya.

Hadirnya investasi online pun tidak terlepas dari perkembangan situs-situs hingga aplikasi yang menjadi medianya. Tak heran, masyarakat yang akan melakukan investasi pun dibuat bingung dalam memilihnya. Untuk itu, ini dia tips berinvestasi online yang terpercaya dan mudah dalam melakukannya!

Kenali Investasi Saham Online Terpercaya Serta Risikonya

Sebelum Anda mulai melakukan investasi saham online terpercaya, alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu seluk beluk tentang hal tersebut.  Pada dasarnya, investasi saham online berarti kegiatan membeli saham sebuah perusahaan yang dilakukan secara online. Anda bisa melakukannya lewat media digital seperti ponsel pintar atau perangkat komputer.

Biasanya investasi saham secara online ini dalam transaksinya dilakukan melalui aplikasi atau software trading yang disediakan lewat internet. Keuntungannya, Anda bisa melakukan transaksi investasi lebih mudah dan praktis. Keuntungan lain yang akan didapat sebagai investor adalah keuntungan dari selisih harga jual dan beli saham (capital gain) dan keuntungan dari dividen tersebut.

Namun di samping keuntungan, tentu kegiatan ini pun mempunyai risiko. Jika Anda salah dalam melangkah, kerugian akan berada di depan mata.

Persiapkan Dana untuk Modal

Setelah Anda mengetahui bagaimana seluk-beluk investasi saham online yang terpercaya, begitu pun dengan keuntungan dan risikonya, maka perlu diperhatikan dalam persiapan dana yang dibutuhkan. Bagaimanapun, proses investasi perlu modal meskipun saat ini modalnya tidak terlalu besar. Setidaknya siapkan dana sekitar Rp 5 juta untuk memulai investasi ini.

Jika memang Anda tidak punya dana sebesar itu, Anda bisa mencari broker atau pialang yang bersedia memberikan bantuan. Biasanya, jika Anda sudah mendapatkan pialang terpercaya modal hanya Rp 100 ribu saja sudah bisa melakukan investasi atau transaksi jual beli saham online. Namun, perlu diperhatikan bahwa pilihlah broker yang memang terpercaya dan kredibilitasnya tidak bisa diragukan.

Memilih Broker Kredibel dan Daftarkan Diri Anda

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa agar Anda tidak perlu menyediakan modal yang besar, bisa diatasi dengan mencari broker. Untuk itu, penting sekali trik atau strategi khusus dalam mendapatkan pialang ini. Untuk mengetahui broker investasi saham online terpercaya, maka lihat apakah terdaftar di BEI atau tidak.

BEI ini merupakan bursa efek Indonesia yang merupakan perusahaan resmi pengesahan pialang. Setidaknya ada sekitar 120-an broker yang bisa dipilih sebagai mitra kerja. Jika Anda sudah mendapatkan informasi lengkap perihal pialang yang akan dipilih beserta detailnya, waktunya untuk Anda daftar ke broker saham. Biasanya, pendaftaran bisa dilakukan melalui telepon, email atau aplikasi.

Bahkan broker terpercaya pun sebaiknya yang mempunyai software tersendiri untuk melakukan trading online. Plus memberikan informasi dan penjelasan lebih rinci perihal bagaimana proses investasi saham melalui broker yang sudah dipilih tersebut.

Pilih Jenis Saham Terbaik

Tidak hanya memilih broker terpercaya saja, memilih saham terbaik pun penting untuk Anda ketahui. Agar lebih kredibel, Anda bisa membuka situs Bursa Efek Indonesia yang nantinya bisa ditemukan sederet jenis saham yang diperjualbelikan. Hal ini tidak jauh berbeda dengan memilih broker yang tepat  untuk melancarkan transaksi Anda.

Sebelum memilih investasi saham online terpercaya dan terbaik, penting sekali dalam mempelajari perihal jenis-jenis sahamnya. Dari mulai saham blue chips, hingga syariah. Penting juga untuk memerhatikan bagaimana profil dan kilas balik perushaan yang menerbitkan saham tersebut.

Meskipun hal itu tidak terlalu berpengaruh pada pergerakan nilai saham nantinya. Agar mempermudah, tidak ada salahnya selalu berkomunikasi dan koordinasi dengan broker kepercayaan Anda.

Gunakan Software Trading dan Teknisnya

Tips selanjutnya ketika akan melakukan investasi saham online adalah meminta software trading pada broker terpercaya. Jika sudah mendapatkannya, pasang software tersebut ke gadget Anda baik ponsel pintar atau komputer.

Pilih jenis software yang lebih mudah Anda gunakan, apakah basisnya di mobile atau dekstop. Nantinya, Anda bisa langsung login menggunakan akun yang sebelumnya sudah didaftarkan.

Setelah Anda mempunyai software untuk proses trading saham online, pelajari secara keseluruhan dengan teliti. Di aplikasi, Anda bisa sekaligus melakukan pembelian maupun penjualan. Pelajari bagaimana caranya Anda harus menjual maupun kapan harus membeli. Mempelajari strategi investasi saham pun sangat diperlukan.

Miliki Strategi Trading Anda

Strategi ini sangat penting dipahami karena berpengaruh pada untung ruginya Anda di kemudian hari. Jika strategi Anda tepat sasaran, maka bukan tidak mungkin keuntungan besar akan segera menyertai. Anda bisa mencoba terlebih dahulu dengan menggunakan simulasi trading saham online menggunakan uang virtual.

Tak jarang juga ada aplikasi yang menyediakan trial atau percobaan untuk user-nya belajar dan adaptasi. Nantinya, Anda bisa membuat akun percobaan dan pihak aplikasi memberikan sejumlah modal yang virtual untuk digunakan. Meskipun trial, namun akan terkesan seperti nyata. Tentunya, hal tersebut sangat membantu dan bisa dijadikan uji coba untuk mengasah kemampuan strategi yang dimiliki.

Pada dasarnya, agar mendapatkan sarana investasi saham online terpercaya bisa dibilang tidaklah mudah. Apalagi dengan maraknya investasi online yang mulai banyak berkembang.

Untuk itu, agar mempermudah usaha Anda dalam menjalankan investasi online, tidak ada salahnya mengikuti beberapa tips tersebut agar lebih aman dan tentunya tidak salah pilih.

Loading...
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.