Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.009
+0.14%
Rp15.582
+0.24%
Rp18.054
+0.43%
Rp129
+0.21%
Rp9.593
+0.36%
Rp3.735
+0.13%
Rp1.982
+0.01%
Rp10.279
+0.19%
Rp10.694
+0.06%
Rp14.155
+0.29%
Rp8.989
+0.14%

Kenali Investasi Saham Jangka Pendek Anda

0 33

Sebelum anda memutuskan untuk menginvestasikan dana menganggur Anda dalam bentuk saham, maka ada baiknya mempelajari seluk beluk investasi saham terlebih untuk jangka pendek. Selain itu, ketahui juga potensi kerugian yang mungkin akan dialami nantinya. Sistem investasi saham yang berlaku saat ini sangat fluktuatif dipengaruhi oleh berbagai faktor. Anda akan berpotensi mengalami pasang surut keuangan dari dana yang diinvestasikan tersebut.

Pengertian investasi saham jangka pendek

Suatu investasi saham jangka pendek merupakan bentuk investasi yang memungkinkan untuk segera dicairkan atau yang didanai dari kelebihan kas dana dan sifatnya sementara.

Kelebihan dana milik perusahaan tersebut dengan maksud hanya dimiliki selama dua belas bulan saja atau kurang dari itu. Namun, kelebihan uang kas tersebut bagi perusahaan bukanlah pendapatan. Itu adalah kelebihan kas yang biasanya diinvestasikan karena pada masa tersebut tidak terpakainya dana dalam jangka pendek.

Oleh karena jangka waktu tidak terpakainya kas tersebut dalam jangka waktu relatif pendek, maka investasinya pun harus dilakukan dalam masa singkat. Bentuk investasi jangka pendek biasanya dapat dilakukan dengan cara mendepositokan dana, sertifikat bank maupun surat-surat berharga seperti saham atau efek ekuitas dan obligasi atau efek utang.

Dalam investasi saham jangka pendek terdapat beberapa syarat yang harus diikuti oleh para investor tersebut.

Tiga syarat yang harus dipenuhi, yaitu :

  1. Memiliki pasaran serta dapat diperjualbelikan nantinya dengan segera.
  2. Diperuntukkan dalam masa waktu yang tidak terlalu lama untuk dijual serta jika dana tersebut akan dibutuhkan bagi kegiatan umum suatu perusahaan.
  3. Tidak terdapat tujuan untuk menguasai perusahaan lain.

Anda akan berinvestasi untuk masa depan Anda dan keluarga, baik itu rumah yang Anda impikan, pendidikan anak- anak, maupun dana pensiun hari tua. Kita ketahui bahwa setiap peristiwa tersebut terjadi dalam masa yang berbeda-beda. Hal ini tentunya perlu perencanaan yang matang.

Trik bagi investasi saham jangka pendek bagi rencana investasi saham Anda dengan tujuan jangka panjang, yakni melalui diversifikasi. Hal ini merupakan kunci guna menangani kebutuhan keuangan anda dan keluarga.

Namun, investasi jangka pendek memiliki hasil tidak terlalu besar atau risiko tinggi. Tentunya tergantung juga di mana Anda menempatkan uang investasi tersebut. Namun, bagi sebagian besar orang hal ini penting sebagai suatu upaya dalam menghasilkan lebih banyak keuntungan jika dibandingkan tabungan tunai maupun aset likuid lainnya.

Solusi Investasi Saham Jangka Pendek

Solusi berinvestasi di saham jangka pendek yang dapat dilakukan yaitu dengan mempertahankan investasi tersebut yang nantinya dapat mudah dicairkan dalam kondisi saat dibutuhkan terlebih dalam keadaan darurat.

Tak dipungkiri uang tunai merupakan solusi terbaik, tetapi tentunya tanpa menawarkan bunga. Memiliki rekening tabungan memang akan sedikit membantu, namun tetap saja dengan bunga yang rendah.

Sementara itu, berinvestasi pada saham jangka pendek akan menawarkan tentang bagaimana meningkatkan laba yang dimiliki pada aset Anda agar tetap lebih likuid. Ini sebagai cadangan dana yang berharga terhadap masalah keuangan dan keluarga di masa depan, misalnya dengan keuntungan saham yang diakumulasikan per bulannya. Tentunya anda perlu untuk merencanakan investasi yang akan dipilih sesuai dengan kondisi yang akan terjadi nantinya dalam hidup Anda.

Hal-hal yang berbeda akan terjadi dalam masa yang berbeda pula. Perlu perencanaan sesuai dengan kondisi yang akan terjadi kedepannya. Misalnya, perencanaan Anda untuk membiayai pendidikan anak-anak ataupun berencana untuk menambah investasi berupa bangunan ataupun kendaraan nantinya.

Dalam perencanaan keuangan tersebut, ada baiknya Anda membuat suatu perencanaan atau pemetaan. Misalnya apa yang anda dan keluarga butuhkan di masa depan serta kapan anda atau keluarga akan membutuhkannya. Maka beberapa pertanyaan berikut perlu untuk anda simak :

  • Apakah tujuan dari investasi finansial anda ?
  • Berapa banyak uang yang memang harus diinvestasikan ?
  • Dalam jangka waktu berapa lama anda harus menunggu hingga membutuhkan lagi dana tersebut ?
  • Bagaimana dengan kemudahan yang akan didapatkan dengan berinvestasi pada saham jangka pendek tersebut ?
  • Apakah ada kemungkinan anda bisa kehilangan investasi tersebut?

Mari kita lihat fenomena berikut ini yang mungkin akan memberi masukan lain bagi anda yang berkeinginan menginvestasikan saham jangka pendek Anda.

Keuntungan berinvestasi di saham jangka pendek

  • Lebih fleksibel

Salah satu hal yang dianggap sebagai keuntungan besar akan investasi saham jangka pendek yaitu fleksibilitas. Anda tak perlu mengikat dana anda dalam jangka waktu yang lama.

  • Adanya pengembalian dana dengan cepat

Dana yang diinvestasikan akan menghasilkan dalam waktu singkat. Hal ini memungkinkan bagi Anda untuk mengalihkannya ke dalam bentuk aset lain yang menguntungkan.

  • Hasil yang nyata dan singkat

Banyak investor yang ingin melihat hasil dari investasi mereka dalam waktu singkat. Dengan investasi saham jangka pendek, maka anda dapat melihat hasil investasi saham tersebut dalam jangka waktu yang relatif cepat sesuai yang telah ditentukan. Lebih melegakan Anda daripada investasi jangka panjang yang terkadang hasilnya mengecewakan dan sudah ditunggu sekian lama.

  • Menjadi simbol pencapaian

Bagi Anda seorang pebisnis, mendapatkan keuntungan dari usaha yang dijalankan adalah suatu simbol akan keberhasilan usaha tersebut. Terlebih jika hasil tersebut dapat dicapai dalam jangka waktu relatif singkat. Investasi saham jangka pendek memungkinkan Anda untuk mendapatkan keuntungan dalam waktu relatif singkat.

Loading...