Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.167
-0.3%
Rp16.129
-0.21%
Rp18.015
-0.1%
Rp132
-0.16%
Rp9.849
-0.59%
Rp3.777
-0.29%
Rp2.060
-0.18%
Rp10.460
-0.34%
Rp10.724
-0.54%
Rp14.530
-0.31%
Rp9.361
-0.53%

Tips Memilih Nama Domain

0 86

Ada banyak sekali pertimbangan, seorang pengusaha jika ingin membuat website. Terlebih lagi yang berkaitan dengan nama perusahaan, brand bisnis, atau merek dagang sebuah usaha. oleh karena itu dalam memilih domain harus semenarik mungkin dan mudah diingat, karena akan mendatangkan traffik pengunjung dan juga meningkatkan popularitas bisnis, berikut 7 hal yang harus pertimbangkan dalam memilih domain.

Sekarang ini, mencari nama domain sudah semakin sulit, karena banyaknya makelar domain dan mereka mendaftarkan nama-nama domain yang bagus, singkat dan marketable. karena memang harga domain relatif murah, cek saja di rumahweb.com, hanya 95ribu pertahun. Terkadang nama perusahaan pun didaftarkan oleh orang perorang atau individal, jadi jangan sampai domain Anda di serobot orang dan disalahgunakan. saran saya, segera daftarkan merek dagang Anda, atau nama bisnis Anda, bahkan nama Anda.

Berikut ini tujuh pertimbangan yang sebaiknya Anda perhatikan sebelum mendaftarkan nama domain :

1. Branding

Branding adalah konsep bisnis yang sangat penting. Banyak perusahaan besar yang konsern dalam membuat brand mereka. Branding biasanya menggambarkan logo, icon, atau sesuatu yang menggambarkan produk perusahaan. sebelum membuat domain, pertimbangkan Branda Anda. jika Anda masih bingung bagaimana membuat dan menciptakan brand, Anda bisa buka di http://www.brandmaker.com/en.html.

2. Ekstention

Ekstention domain yang paling sering dipakai didunia adalah .com ; .net ; dan .org. banyak sekali ekstrenstion yang ada di Indonesia, namun beberapa yang .co.id dan .edu memberikan banyak persyaratan.

3. Lokasi

Lokasi disini yang dimaksud adlah jangkauan lokasi bisnis yang ingin di pake. katakan Anda ingin sekup bisnisnya khusus Indonesia, maka lokasi Indonesi menjadi pilihan yang penting buat Anda, atau setingkat Asia. Jika bisnis Anda ingin menjangkau internasional dan seluruh dunia, maka pakailah yang register universal, .com misalnya.

4. Keamanan

Kemanan menjadi sangat penting, ketika website anda menjadi besar dan populer. dunia Hack domain menjadai ramai, ketika Ada website yang lemah secara sekurity, tetapi memiliki trafick yang sangat banyak. Sehingga mencari domain server yang menyediakan garansi keamanan akan lebih menentramkan Anda dikemudian hari.

5. Pertimbangkan WHOIS service

Pertimbangkan juga server whois domaintool Anda. Apakah Anda ingin membuatnya private atau umum sebagaimana mestinya. karena menjaga kerahasiaan sebuah owner juga penting, karena bagi sebagian orang dengan ketahuan siap-siapa dibalik layarnya maka akan mudah di Hack dan di curangi oleh pihak lain, carilah yang terpercaya dan jaga kerahasiaannya jika memang diperlukan.

6. Singkat dan mudah diingat

Jangan membuat domain yang terlalu panjang. karena akan sulit bagi seseorang yang akan mengetikkan di kolom search engine google. carilah yang simple, unik dan menarik. Coba perhatikan banyaknya domain populer yang singkat seperti google, yahoo, baidu, facebook dll.

7. Selalu pakai TLD

jangan memakai subdomain unutk berbisnis, pakailah Top Level Domain. karena Sub domain akan memberikan kesan tidak profesional, pakelah sub domain untuk memperjelas bisnis utama Anda, misal ; layanan.namaperusahaan.com dst..

Kesimpulan :

Memilih domain, Branding, harus mempertimbangkan banyak Aspek. Keuntungan dan kerugian memakai nama domain harus benar, benar dipertimbangkan selain hal teknis.

Sumber:

www.ekonovianto.com

Loading...
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.