Rahasia Kebebasan Finansial yang Perlu Anda Ketahui

0 52

Tak banyak yang mengetahui tentang rahasia kebebasan finansial. Banyak orang beranggapan bahwa bebas secara finansial itu cukup mendapatkan penghasilan tinggi. Dalam artikel ini akan dibeberkan lebih mendalam tentang bagaimana memeroleh kehidupan yang lebih mandiri secara finansial.

Memahami Penghasilan Bukanlah Kekayaan

Mayoritas orang memercayai bahwa kunci dari kekayaan adalah pekerjaan dengan gaji yang tinggi. Ya memang benar, lebih mudah untuk mengumpulkan aset jika Anda memiliki pendapatan bulanan yang tinggi. Akan tetapi, ada satu kunci untuk meningkatkan kekayaan bersih adalah dengan menghabiskan lebih sedikit dari yang dihasilkan.

Pada akhirnya, kebiasaan belanja atau gaya hidup adalah alasan terkuat bagi seseorang dengan penghasilan tinggi tiba-tiba menjadi bangkrut dengan cepat. Atau sebaliknya, ada seseorang dengan penghasilan standar dapat pensiun sesuai dengan impiannya. Mungkin klise, tetapi ini adalah realitas fundamental dari uang itu sendiri.

Agar terhindar dari jebakan pengeluaran tersebut, Anda perlu memahami perbedaan antara kekayaan jangka panjang dan pendapatan. Sementara itu, pendapatan adalah salah satu komponen kekayaan, tetapi bukan satu-satunya faktor dari kekayaan.

Sebagian orang melihat kekayaan adalah total kekayaan bersihnya pada waktu tertentu. Dengan kata lain, kekayaan bisa dianggap sebagai ekuitas pada neraca keuangan, yakni aset dikurangi kewajiban.

Rahasia Kebebasan Finansial: Bervisi Jangka Panjang

Rahasia kebebasan finansial yang perlu dipahami selanjutnya adalah Anda perlu memiliki visi atau berpikir untuk jangka panjang. Hal ini merupakan karakteristik penting dari mengumpulkan kekayaan dan mencapai bebas finansial itu sendiri, terlepas dari seberapa besar pendapatan Anda. Ada beberapa pertimbangan untuk kekayaan jangka panjang dan pastinya setiap orang berbeda. (Baca Juga: 4 Langkah Penting Mencapai Bebas Finansial di Usia Muda)

Apabila Anda berprofesi sebagai pengacara atau dokter, dibutuhkan waktu bekerja berjam-jam setelah pendidikan dan pelatihan khusus bertahun-tahun untuk mendapatkan gaji. Akan tetapi, gaji ini bukan berarti kekayaan.

Jika berpikirnya untuk jangka panjang, maka diperlukan berbagai cara untuk memastikan keamanan pekerjaan tersebut. Carilah inisiatif untuk mendapatkan promosi atau mengambil langkah-langkah mendapatkan penghasilan lebih tinggi. Ini bisa menjadi faktor kekayaan dan salah satu rahasia kebebasan finansial.

Memiliki penghasilan tambahan, penghasilan dari investasi, dan sejumlah variabel lainnya adalah cara berpikir jangka panjang dan meraih kekayaan. Beberapa aspek yang dapat dipertimbangkan mencangkup portofolio seperti saham, reksadana, properti, obligasi, merek dagang atau paten.

Aspek penghasil uang tunai tersebut dapat diandalkan untuk pendapatan jangka panjang selain pekerjaan utama Anda saat ini.

Menilai Neraca Keuangan Anda

Saat Anda melihat neraca keuangan pribadi, mungkin Anda sudah memiliki investasi organik yang dapat diandalkan untuk mencapai kebebasan finansial. Seringkali, hal ini adalah kekayaan yang menghasilkan keuntungan modal, dividen, pendapatan, tanpa tenaga kerja.

Semakin banyak portofolio investasi yang dimiliki, semakin cepat mencapai kemandirian finansial secara penuh.

Mencapai Tujuan Kebebasan Finansial

Secara menyeluruh, nilai riil penghasilan sebagian ditentukan oleh jumlah yang dapat diinvestasikan untuk mencapai tujuan kebebasan finansial. Menetapkan tujuan ini penting dalam rangka menjaga perspektif Anda tentang pendapatan tetap terkendali. Dalam tujuan tersebut, Anda berhasil mempertahankan gaya hidup yang diinginkan tanpa harus bekerja.

Bekerjasama dengan penasihat keuangan bisa membantu menetapkan tujuan dalam rangka akumulasi kekayaan yang memungkinkan bagi Anda mempertahankan standar hidup tanpa gaji tambahan dan mencapai kebebasan finansial impian.

Tujuan ini bisa menjadi berat karena sebagian besar pengeluaran tahunan seseorang termasuk dalam daftar panjang anggaran, seperti pembayaran cicilan rumah, cicilan kendaraan, biaya kuliah, dan lebih banyak lagi.

Memiliki Surplus Dana untuk Berinvestasi

Hanya satu cara untuk memeroleh keuntungan dari peluang investasi yaitu memiliki uang lebih untuk diinvestasikan. Sukses dalam berinvestasi artinya ada titik tertentu saat Anda mencapai masa kritis dan pengembalian dari aset Anda bisa mengubah hidup.

Mengumpulkan kekayaan dan menjadi bebas secara finansial merupakan proses yang membutuhkan waktu. Rahasia kebebasan finansial bisa dimulai dari hal-hal terkecil setiap hari, seperti memangkas pengeluaran, memeroleh penghasilan tambahan, memasukkan uang ke rekening pensiun, berinvestasi, dll. Seiring waktu, hal kecil ini dapat berarti besar di kemudian hari.

Setiap ada peluang baru, Anda dapat meningkatkan skala lebih besar dari investasi sebelumnya. Inilah yang disebut sebagai compounding. Inilah saat bunga, dividen dan capital gain dari modal awal mulai menghasilkan bunga, dividen dan capital gain-nya sendiri terus-menerus dalam siklus yang menguntungkan.

Ingatlah, Pajak itu Sangat Berarti!

Tidak semua penghasilan sama. Dimana dan bagaimana Anda memegang aset menjadi pembeda besar antara kaya dan menjadi kaya. Aset yang menghasilkan sedikit kekayaan adalah yang terkena penghasilan kena pajak tertinggi.

Sementara itu, aset yang bisa membantu mandiri secara finansial menghasilkan keuntungan besar yang belum terealisasi seperti apresiasi real estate, capital gain belum terealisasi, dan keuntungan yang dihasilkan dari akun bebas pajak atau akun dengan pajak rendah.

Oleh karena itu, Anda harus melakukan semua yang Anda mampu agar dapat mendanai rencana pensiun. Semua keputusan dari tindakan Anda, berdampak pada masa depan.

Rahasia Kebebasan Finansial: Mengendalikan Waktu Anda

rahasia kebebasan finansial
Bebas Finansial? Bisa Kok, Asal Anda Tahu Rahasianya!

Memiliki kontrol penuh atas waktu merupakan salah satu faktor penting dalam mencapai kebebasan finansial. Anda mungkin saja tidak mencapai tujuan investasi yang memungkinkan untuk mempertahankan gaya hidup tanpa penghasilan tambahan. Akan tetapi, jika Anda memiliki kebebasan untuk menghabiskan waktu sesuai yang diinginkan, itulah definisi kekayaan sesungguhnya bagi Anda.

Jika setiap hari datang ke tempat kerja, tempat latihan, atau lainnya seperti mendapatkan hadiah, maka Anda berada di jalur yang tepat mencapai kebebasan finansial.

Jika memiliki profesi yang bisa memberikan perasaan bahagia dan disiplin dalam mengelola sisi bisnisnya, Anda memiliki keuntungan besar dibandingkan pesaing. Anda bisa bekerja sesuai waktu yang diinginkan, bukan karena butuh, tetapi karena menyukai proses dan produk itu sendiri.

Tingkat Pendidikan Tidak Berkorelasi dengan Kekayaan

Menurut beberapa dekade penelitian ekstensif oleh Thomas J. Stanley, Ph.D., penulis “The Millionaire Next Door,” nilai yang diperoleh di sekolah tidak memiliki korelasi dengan kekayaan ekonomi dan kesuksesan diluar profesi medis dan hukum.

Hal ini bukanlah berarti pendidikan tidak penting, tetapi kinerja akademik tidak semuanya berkorelasi dengan hasil akhirnya.

Untuk mencapai kebebasan finansial, dibutuhkan pengetahuan dan wawasan penting tentang kemandirian finansial itu sendiri, seperti arus kas, entrepreneurship, laporan keuangan, dll.

Itulah beberapa rahasia kebebasan finansial yang perlu Anda ketahui dan masih banyak faktor lainnya yang dapat mendukung Anda untuk mencapai bebas finansial itu sendiri, seperti berinvestasi di pasar dengan niche tertentu, mendukung partner produktif Anda, dan lain sebagainya.

Loading...
Sumber www.thebalance.com