Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Bitcoin (BTC)
Rp98.101.000
+0.15%
Ethereum (ETH)
Rp3.101.954
0%
Litecoin (LTC)
Rp808.647
-0.1%
DigitalCash (DASH)
Rp2.347.557
0%
Monero (XMR)
Rp1.579.426
-0.12%
Nxt (NXT)
Rp921
+0.21%
Ethereum Classic (ETC)
Rp146.367
+0.07%
Dogecoin (DOGE)
Rp70
+1.43%
ZCash (ZEC)
Rp1.894.330
+0.21%
Bitshares (BTS)
Rp1.518
+0.13%
DigiByte (DGB)
Rp382
+0.52%
Ripple (XRP)
Rp6.970
0%
BitcoinDark (BTCD)
Rp246.433
0%
PeerCoin (PPC)
Rp13.793
-1.88%
CraigsCoin (CRAIG)
Rp19
0%

Investasi di Cryptocurrency Selain Bitcoin itu Menguntungkan?

1 161

Mata uang kripto (cryptocurrency) memperoleh ketenaran pada tahun 2017 saat Bitcoin meroket dari $600 per koin pada akhir Agustus 2016 menjadi lebih dari $4.700 pada akhir Agustus 2017. Dengan pengembalian investasi 6x dalam setahun, investor dari semua latar belakang mulai memperhatikan. Jika Anda melewatkan ledakan Bitcoin tersebut, apakah Anda terlambat masuk ke permainan untuk mulai investasi di cryptocurrency? Mari kita lihat Bitcoin dan kripto-kripto lainnya dan kelangsungan hidupnya untuk mendapatkan hasil investasi yang kuat.

Apa itu Cryptocurrency?

Jika Anda baru mengenal permainan, kripto adalah mata uang digital yang dapat digunakan untuk transfer uang dan pembelian online serta beberapa pembelian offline yang jarang terjadi. Bitcoin adalah salah satu kripto yang paling penting, tetapi bukan satu-satunya pemain utama. (Baca Lebih Lanjut: Apa itu Cryptocurrency)

Koin penting lainnya termasuk Ethereum, yang saat ini diperdagangkan pada $ 259,45 per koin, dan Litecoin, yang diperdagangkan pada $ 45,53 per koin. Sementara, kedua kripto tersebut kurang dikenal, mereka beroperasi hampir identik dengan Bitcoin dan Bitcoin Cash, yang terakhir dibuat dari perpecahan Bitcoin pada tanggal 1 Agustus 2017.

Cryptocurrency bervariasi harganya dibandingkan dengan mata uang fiat (Dollar, Euro, Rupiah) lainnya. Sama seperti mata uang fiat lainnya dapat diperdagangkan ke Euro, Pounds, dan mata uang internasional lainnya. Namun, beberapa peraturan membatasi Bitcoin, seperti baru-baru ini diumumkan di China.

Darimana asal Bitcoin?

Sangat mudah untuk memahami sejarah mata uang fiat seperti dolar Amerika Serikat.

Ini pada dasarnya terkait dengan nilai perak dan emas. Sejak 1971, dolar AS didukung oleh “kepercayaan penuh dan kredit” pemerintah Amerika Serikat.

Bitcoin dan cryptocurrency lainnya muncul melalui cara yang berbeda. Mata uang kripto “ditambang” oleh komputer, yang seringkali merupakan jaringan komputer sangat besar.

Jaringan ini berjalan sepanjang waktu menyelesaikan persamaan dan tugas kompleks yang membuat Bitcoin tetap berjalan. Bitcoin baru dikeluarkan untuk pemilik komputer tersebut sebagai hadiah atas partisipasi mereka. Ini berarti total Bitcoin tersedia secara perlahan dan tumbuh dengan mantap.

Investasi di Cryptocurrency adalah Berisiko

Kenapa? Banyak alasannya. Yang utama karena investasi di cryptocurrency untuk saat ini tidak didukung oleh pemerintah atau menjadi aset utama. Jadi, nilainya didasarkan pada kesediaan orang lain untuk menggunakan dan memperdagangkan mata uang tersebut.

Sementara mata uang kripto dapat tumbuh lebih dari 600 persen pada tahun lalu, tetapi di waktu lain dapat dengan mudah jatuh, dan bisa turun dengan cepat. Untuk alasan ini, penting bagi investor untuk mengetahui tingkat risikonya dengan memasukkan dana cadangan.

Bitcoin pada satu waktu turun 22 persen, atau $ 23 miliar untuk nilai pasarnya. Ini terjadi pada minggu yang sama dimana CEO JPMorgan, Chase Jamie Dimon, berbagi bahwa dia percaya Bitcoin dan mata uang digital lainnya adalah penipuan. “Itu bukan hal yang nyata,” katanya, “akhirnya akan ditutup.” (Baca lebih lanjut: Mengapa Harga & Nilai Bitcoin Tidak Stabil?)

Apakah Terlalu Terlambat untuk Mendapatkan Keuntungan dari Bitcoin?

Seperti halnya dengan pasar saham, Anda memerlukan bola kristal untuk menjawab pertanyaan ini dengan pasti. Namun, banyak orang skeptis yang mengatakan bahwa Bitcoin mungkin telah melewati puncaknya. Di sisi lain, penggemar berat mata uang digital mengatakan Bitcoin bisa mencapai $ 1 juta dalam beberapa tahun ke depan.

Pernyataan ini dibuat sebelum kecelakaan baru-baru ini terjadi.

Jika Anda melihat banyak orang berkata tentang keuntungan besar yang didapatkan dari Bitcoin, apakah Anda terlambat masuk ke permainan saat ini? Jawabannya mungkin. Kami tidak tahu apakah Bitcoin akan naik atau turun, tetapi melalui pendapat Jamie Dimon adalah orang yang lebih baik untuk dipercaya dengan saran pasar keuangan bahwa mereka yang secara eksklusif fokus pada mata uang digital.

Namun, jika Anda berpikir bahwa mata uang kripto adalah gelombang masa depan, Anda memiliki beberapa opsi investasi di cryptocurrency yang dapat dipertimbangkan. Ethereum dan Litecoin adalah alternatif Bitcoin yang paling stabil. Tetapi, ada lebih dari 4.400 kripto digital yang diperdagangkan hari ini.

  • Ethereum adalah cryptocurrency yang bekerja sama dengan Bitcoin. Menggunakan sistem Blockchain yang sama untuk melacak nilai mata uang dan pemilik di seluruh dunia. Diluncurkan pada tahun 2015, ini adalah alternatif yang paling sukses untuk Bitcoin.
  • Litecoin dirilis pada bulan Oktober 2011 dan bekerja pada sistem yang hampir identik dengan Bitcoin. Ini adalah kripto yang lebih stabil dan terkenal.

Mata uang lainnya termasuk Dogecoin, Monero, Dash, Ripple, YbCoin, MaidSafeCoin, Lisk, Storjcoin X, SiaCoin, dan Counterparty. Akan tetapi, semua koin kripto tersebut memiliki nilai pasar yang jauh lebih rendah daripada Bitcoin, Ethereum, dan Litecoin.

Beberapa investor percaya kegemilangan Bitcoin juga merembet ke mata uang kripto lain. Bahwa mata uang lainnya akan mengikuti dan menawarkan keuntungan besar. Ini mungkin saja terjadi, tetapi kecil kemungkinannya.

Mata uang lain kemungkinan akan mengikuti tren pemimpin terbesar, seperti yang biasa terjadi di pasar saham. Jika Google, Amazon, atau Apple naik atau turun, saham teknologi lainnya cenderung mengikuti. Hal yang sama bisa terjadi di pasar kripto tersebut.

Mungkin ada banyak uang yang dihasilkan, tetapi tidak tanpa risiko

Ada kemungkinan Bitcoin akan berlipat ganda harganya, tetapi kemungkinan juga akan turun menjadi nol. Karena mereka tidak didukung oleh pemerintah atau aset, Bitcoin dan kripto lainnya tidak benar-benar mewakili apapun. Mereka hanya bernilai dari berapa orang mau bayar untuk itu (penawaran & permintaan).

Setiap orang memiliki pertimbangannya masing-masing jika hendak melakukan investasi di cryptocurrency. Apa pun yang Anda lakukan, jangan berinvestasi lebih banyak daripada risiko kehilangan yang bisa Anda terima. Cryptocurrency adalah tempat yang berisiko untuk diinvestasikan, dan Anda tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi besok.

Artikel terjemahan dari ‘Beyond Bitcoin: Should You Invest in These Other Cryptocurrencies?

Loading...

Sumber www.thebalance.com
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.

Website ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Klik "Terima" untuk menyetujui kebijakan ini. Terima Baca Detail