Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp13.963
+0.06%
Rp15.663
+0.09%
Rp17.424
-0.4%
Rp129
-0.21%
Rp9.822
-0.43%
Rp3.723
+0.06%
Rp2.029
+0.1%
Rp10.255
0%
Rp10.674
+0.16%
Rp14.144
-0.13%
Rp9.411
-0.24%

Tips Investasi Bagi Karyawan yang Baru Bekerja

0 82

Selamat! Setelah semua proses wawancara kerja yang panjang, Anda benar-benar bisa memulai karir yang telah menghabiskan sebagian besar hidup Anda untuk bekerja. Tak lupa, ada hal penting yang juga perlu Anda pertimbangkan saat mulai bekerja, berinvestasi dan berhemat. Panduan tips investasi bagi karyawan yang baru bekerja ini bisa dijadikan langkah awal.

Selain jutaan hal yang perlu diingat terkait pekerjaan pertama, Anda juga perlu memulai untuk memikirkan bagaimana mengelola keuangan pribadi Anda. Bagaimana Anda mulai mengenal tentang cara berhemat dan berinvestasi.

Anda mungkin berpikir, “Kedengarannya bagus, saya ingin melakukan itu – saya menyukai gagasan untuk mengelola keuangan, mulai berhemat dan berinvestasi. Tetapi bagaimana cara memulainya?”

Ada banyak istilah dalam manajemen finansial: Menabung, saham, obligasi, reksadana, platform perdagangan otomatis … bla, bla, bla.

Hal-hal tersebut bisa menjadi rumit bagi Anda yang pemula dan kenyataannya adalah setiap perjalanan seseorang dalam meraih kesuksesan finansial itu unik.

Kabar baiknya, ada beberapa poin mendasar yang bisa menjadi landasan Anda untuk memulai mengelola finansial Anda sendiri sejak pertama kali bekerja.

Setidaknya, Anda bisa mengikuti beberapa tips investasi bagi karyawan sejak bekerja pertama kali.

1. Bayar Diri Sendiri Pertama

Sebelum Anda mengeluarkan uang untuk makanan, pakaian, perumahan, hiburan, hutang, apa pun yang sedang dipikirkan, pastikan Anda telah menyisihkan sesuatu untuk diri sendiri. Jumlahnya berubah tergantung pada tujuan yang ingin Anda capai.

Mengapa hal ini perlu dilakukan untuk kali pertama sebelum berinvestasi? Ada beberapa alasan yang mendasarinya.

Membeli rumah, memulai keluarga baru, membuka usaha, dan pensiun dini adalah semua tujuan yang membutuhkan sumber daya keuangan untuk mencapainya.

Pikirkan di mana tujuan keuangan Anda berakhir sebelum memulainya.

Bahkan jika jumlah uang dari gaji yang disisihkan kecil untuk memulai, tetap kuatkan tekad untuk melakukannya. Anda perlu terbiasa menabung secara teratur dan konsisten di awal karir. Ini akan menghasilkan banyak dividen untuk Anda di masa depan.

2. Investasikan Tabungan Anda dengan hati-hati

Banyak orang akan mendatangi Anda dengan gagasan tentang bagaimana menginvestasikan uang Anda. Banyak tawaran investasi yang mungkin sangat menggiurkan bagi Anda.

Jadilah kritis, berhati-hatilah dan ajukan pertanyaan.

Anda bertanggung jawab untuk memastikan bahwa akan berinvestasi pada seseorang yang:

  • Sangat berpengalaman dalam bidang keuangan pribadi
  • Memiliki alat dan pengetahuan untuk membimbing Anda di jalan yang benar
  • Menempatkan kepentingan Anda terlebih dahulu daripada dirinya sendiri

Ajukan pertanyaan sebanyak mungkin. Pelajari tentang tawaran investasi dari berbagai sumber. Jangan terpaku hanya dari sumber satu orang saja.

Sebaiknya, memilih jenis investasi yang aman dengan risiko rendah terlebih dahulu. Jangan mudah tergiur dengan imbal hasil yang tinggi tetapi berisiko kehilangan dana.

Melampaui materi yang disajikan kepada Anda dan menggali rinciannya. Tanyakan apakah mereka menginvestasikan uang mereka sendiri dengan cara ini, dan jika jawabannya tidak, cari tahu alasannya.

3. Memahami dengan Baik Tentang Pengelolaan Keuangan

Banyak yang merasa dirugikan saat memulai investasi, justru bukan dari produk investasinya, tetapi dari kurang siapnya diri kita untuk mengelola keuangan pribadi dengan baik.

Sebelum berinvestasi, maka pelajari dan terapkan dengan baik manajemen keuangan pribadi. Ini sebagai pondasi dasar dalam menguatkan diri Anda sebelum mengalami kegagalan dalam investasi.

4. Menghargai Aset Terbesar Anda, Waktu

Saat ini, kekuatan paling kuat yang dimiliki di sisi Anda adalah waktu. Uang yang Anda investasikan hari ini dapat tumbuh dan bekerja untuk Anda sepanjang sisa hidup.

Uang tersebut akan berpotensi menghasilkan lebih banyak uang, yang, pada gilirannya, menghasilkan lebih banyak dan lebih banyak.

Fenomena ini, yang dikenal sebagai compound growth sangat dahsyat, namun butuh waktu. Mulai berdamai dengan kenyataan bahwa ini adalah proses yang panjang, jangan berkecil hati, dan nikmati perjalanannya.

Itulah beberapa tips investasi bagi karyawan yang baru bekerja yang paling mendasar. Ingat. Jangan mudah tergiur dengan segala sesuatu yang mendatangkan hasil besar. Kuatkan benteng finansial Anda, dan jadilah seorang yang kritis.

Referensi: www.investopedia.com

Loading...
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.