Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.221
+0.26%
Rp15.751
+0.6%
Rp17.289
-0.01%
Rp134
+0.25%
Rp9.639
+0.37%
Rp3.791
+0.29%
Rp2.020
+0.27%
Rp10.257
+0.08%
Rp10.687
+0.17%
Rp14.513
+0.53%
Rp9.151
+0.45%

4 Cara Menjadi Investor Saham Sukses dan Tips Penunjang

0 34

Sekarang, tidak sedikit orang yang tertarik mengaplikasikan cara menjadi investor saham. Apalagi minat masyarakat luas terhadap investasi mengalami peningkatan yang signifikan. Faktor lain seperti aksesnya yang semakin mudah pun turut berkontribusi terhadap fenomena tersebut.

Meski sangat menggiurkan, menjadi investor saham yang sukses membutuhkan proses panjang. Belum lagi mempertahan profesi ini di tengah popularitasnya yang terus meroket. Lalu, bagaimana cara supaya seseorang dapat meniti karier sebagai investor saham dengan cara yang tepat?

Cara Menjadi Investor Saham Sukses

Seseorang tidak bisa memperjualbelikan saham apabila tidak terdaftar pada pialang saham atau perusahaan sekuritas. Maka dari itu, cara menjadi investor saham bisa Anda terakan lewat langkah-langkah berikut ini:

Siapkan dana atau modal

Berpuluh tahun lalu, investor saham dianggap sebagai profesi mewah nan eksklusif karena hanya dapat dilakukan orang-orang berduit. Sekarang, seiring berkembangnya zaman dan perubahan sistem di dunia saham, berinvestasi menjadi sesuatu yang mudah dipraktikan dan terjangkau. Bermodalkan uang sebesar satu hingga lima jutaan, Anda sudah bisa memulai bisnis di bidang investasi.

Sejumlah pialang atau broker malah menawarkan rekening khusus dengan modal awal Rp100.000 saja. Kemudahan semakin didukung setelah pemerintah menetapkan besaran jual-beli minimum per lot adalah 100 lembar, sehingga Anda bisa membelinya dengan modal terbatas.

Meski demikian, dalam cara menjadi investor saham, jenis saham dengan potensi untuk terbaik rata-rata dibanderol dengan harga mahal. Saham milik PT Telkom, misalnya, kali terakhir di perdagangan sebesar 2,170 yang berarti satu lot sahamnya memerlukan dana 271,000. Jika Anda hanya punya modal awal 100,000, kemungkinan Anda hanya dapat membeli saham-saham murah dan kurang likuid yang potensi return-nya terbatas.

Memilih pialang saham

Sejauh ini, ada 116 pialang saham yang diakui Bursa Efek Indonesia dan mereka bisa bebas Anda pilih. Setiap pialang atau broker tentunya mempunyai reputasi berbeda. Ada pialang yang terkenal akan kemampuannya dalam online trading, ada pula yang lihai mengelola modal awal yang terbilang rendah hingga memiliki kualitas analisis tinggi.

Untuk cara menjadi investor saham ini, gali terlebih dahulu informasi-informasi seputar reputasi pialang. Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah menanyakan rekomendasi kepada teman atau bergabung ke forum-forum online tentang saham. Metode apa pun yang Anda pilih pastikan sesuai dengan kebutuhan dan bujet yang dimiliki.

Jika modal yang Anda kumpulkan masih terbatas, pilihlah pialang saham yang menerima dana rendah sekaligus menyediakan macam-macam pelatihan untuk para klien. Sementara bagi Anda yang tertarik trading secara online dianjurkan memakai broker yang sudah menawarkan platform berteknologi tinggi dan webtrading terkini. Jenis pialang terakhir dalam cara menjadi investor saham yang dapat Anda pilih adalah mereka yang memiliki reksadana berkualitas untuk klien yang mengumpulkan portofolio investasi.

Mendaftar ke pialang saham

Sudah memenuhi syarat nomor satu dan dua? Lanjutkan proses dengan mendaftarkan diri Anda ke pialang saham terpilih. Dalam hal ini Anda harus mengumpulkan dokumen-dokumen penting seperti KTP atau tanda pengenal sejenis, NPWP, dan dana untuk biaya materai. Metode pendaftarannya bisa Anda lakukan secara langsung atau online pada situs yang diberikan broker bersangkutan.

Ada baiknya Anda menghubungi dulu pialang saham terpilih sebelum mendaftar, entah lewat telepon, surel, maupun aplikasi perpesanan. Komunikasi di antara calon investor dengan pialang saham adalah salah satu hal krusial pada cara menjadi investor saham. Langkah ini tak hanya mengeratkan hubungan dengan pialang, tetapi juga mengurangi risiko kesalahpahaman yang biasanya mempengaruhi reputasi Anda sebagai investor saham di kemudian hari.

Selanjutnya, perhatikan pula bahwa pembukaan rekening umumnya tidak dikenakan biaya. Meskipun begitu, Anda tetap harus berjaga-jaga dengan membawa modal lebih. Jumlah biaya pembukaan rekening pun berbeda-beda di setiap broker.

Tips tambahan dalam cara menjadi investor yang tepat

Berbeda dari trader, investor biasanya mempunyai tujuan dengan jangka yang lebih panjang. Oleh karena itu, Anda yang ingin berinvestasi di bidang saham harus mematangkan rencana supaya profesi tersebut bertahan lama. Maka, selain mematuhi tiga langkah di atas, tunjang pula cara menjadi investor saham dengan rangkaian tip di bawah ini:

  • Menyadari keterbatasan. Anda punya modal terbatas? Tidak sanggup membayar fee pialang? Maka jangan paksakan diri Anda. Awali karier sebagai investor dengan keadaan seadanya, lalu tingkatkan usaha Anda seiring bertambahnya ilmu dan dana yang dimiliki;
  • Kenali lawan dan lawan. Pialang atau broker bukanlah satu-satunya orang yang bakal Anda jumpai di pasar saham. Anda nantinya akan punya klien sendiri dan pesaing ketat saat jual-beli saham sedang tinggi. Mengenali karakter kawan dan lawan selama berinvestasi membantu Anda merancang strategi hingga mengaplikasikannya di lapangan;
  • Belajar dari mentor dan seminar. Cara menjadi investor saham selanjutnya adalah memperkaya ilmu dari mentor-mentor profesional. Anda bisa membaca buku-bukunya atau langsung bertemu di seminar. Dari sini, Anda juga berkesempatan bertemu investor-investor lainnya;
  • Ikuti perkembangan terkini. Perubahan tren di pasar saham yang cukup cepat memaksa para pialang saham maupun investor untuk selalu up to date. Jadi, selain memantau setiap pergerakan saham, cek juga berita-berita terkini yang berhubungan dengan dunia saham. Dengan begitu Anda juga akan lebih mudah membentuk maupun mengubah strategi yang ada.

Ketekunan dan kerja keras penuh semangat akan membuat usaha Anda dalam mempraktikan cara menjadi investor saham cepat terwujud. Semoga informasi ini bermanfaat!

Loading...
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.