Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan

Cara Mengisi Cek Bank dengan Benar. Ini Panduan Lengkapnya

0 37.733

Bagi Anda yang akan bertransaksi keuangan menggunakan cek, tentu akan sedikit kebingungan bagaimana cara mengisi cek bank dengan benar. Berikut panduan menulis cek, baik cek dari penerbit bank di Indonesia ataupun cek dari penerbit bank di luar negeri (berbahasa Inggris).

Cek bank yang merupakan sebuah surat perintah dari nasabah kepada pihak perbankan dibuat dalam rangka untuk membayarkan sejumlah nominal uang tertentu kepada pihak yang tertulis di cek tersebut.

Di dalam cek itu sendiri, harus ada ciri-ciri yang menandakan bahwa cek tersebut memang benar adanya. Minimal, dalam cek tersebut menyebutkan dengan jelas poin berikut:

  • Nomor seri cek
  • Tulisan CEK atau CHECK
  • Perintah tidak bersyarat
  • Nama bank yang ditunjuk untuk mencairkan cek tersebut
  • Jumlah uang yang akan dicairkan
  • Tempat pencairan uang
  • Tempat dan tanggal cek tersebut dikeluarkan
  • Dan, tanda tangan dari pemilik cek itu sendiri

Jika ada poin-poin di atas, maka dapat dikatakan bahwa cek tersebut memang benar. Nah, sekarang bagaimana cara mengisi cek bank dengan benar? Simak berikut penjelasannya.

Cara Mengisi Cek Bank Berbahasa Indonesia

cara mengisi cek yang benar
Contoh Cek – Cara Mengisi Cek Bank dengan Benar
  1. Pada baris pojok kanan atas (di bawah nomor seri cek), tuliskan tempat / kota dan tanggal pengisian cek tersebut.
  2. Pada kolom “atas penyeran cek ini bayarlah kepada” diisi dengan menuliskan nama orang yang akan menerima pencairan / pembayaran cek tersebut.
  3. Pada kolom “atau uang sejumlah Rupiah” tuliskan jumlah nominal uang yang hendak dibayarkan dalam format HURUF, dan bukan angka.
  4. Di kolom “Rp”, tuliskan jumlah nominal rupiah yang akan dicairkan dalam format ANGKA
  5. Di kotak “Stempel Perusahaan”, berikan stempel perusahaan Anda (pemberi cek)
  6. Di kotak “Tanda Tangan”, berikan tanda tangan orang pengisi cek tersebut

Itulah cara mengisi cek bank dengan penerbit bank di Indonesia (berbahasa Indonesia). Lalu, bagaimana jika ingin menuliskan cek dengan penerbit bank dari luar negeri yang biasanya berbahasa Inggris? Tidak terlalu sulit kok. Berikut panduannya.

Cara Mengisi Cek Bank Berbahasa Inggris

cara mengisi cek bank
Contoh cara mengisi cek bank berbahasa Inggris
  • Langkah 1: Pada kolom “Date” di pojok kanan atas, tuliskan tanggal dalam format bulan / hari / tahun. Ini biasanya format tanggal Amerika Serikat.
  • Langkah 2: Nama Penerima Cek – Tuliskan nama penerima cek tersebut pada baris kosong. Biasanya nama individu, organisasi atau bisnis. Kepada siapa cek tersebut akan dibayarkan (Pay to the Order of). Untuk individu, biasanya menggunakan nama pertama dan terakhir, sedangkan untuk organisasi / bisnis, diisi nama lengkap.
  • Langkah 3: Jumlah (format numerik) – Pada kotak di sebelah kanan nama penerima, isikan nominal dalam dolar dan sen. Dalam format numerik / angka seperti contoh di atas.
  • Langkah 4: Jumlah (format kata) – Pada baris kiri juga harus dituliskan jumlah nominal uang dalam format huruf / kata. Untuk satuan sen, harus ditulis dalam bentuk pecahan, seperti contoh di atas.
  • Langkah 4a (opsional): Dalam kolom “Memo”, ini adalah opsional, boleh diisi atau tidak. Namun, termasuk pernyataan singkat sebagai pengingat jika Anda perlu untuk merujuk cek tersebut di kemudian hari. Bisa jadi dituliskan deskripsi sederhana seperti “Mortgage”, “Utility Bill”, “Rent”, atau yang lainnya.
  • Langkah 5: Tanda tangan – Tuliskan nama Anda dan tanda tangani di baris sudut kanan bawah cek. Tanda tangan ini wajib. Jika tidak ada, maka uang tunai tidak dapat dicairkan.

Selain kelima langkah cara mengisi cek bank berbahasa Inggris di atas, perlu dipahami beberapa komponen penting dalam cek, seperti:

Angka yang tertera di bagian bawah cek mewakili berikut:

  • Nomor Transit Routing (Routing Transit Number) – Urutan pertama nomor yang mewakili nomor transit routing lembaga keuangan penerbit cek tersebut. Kode ini mengidentifikasi bank Anda, memungkinkan cek untuk diarahkan ke tempat yang tepat untuk diproses.
  • Nomor Rekening – Urutan kedua angka adalah nomor rekening Anda yang unik. Itu biasanya dicetak oleh bank saat Anda membuka rekening.
  • Nomor Cek – Urutan terakhir dari nomor adalah nomor cek. Hal ini juga ditampilkan di bagian atas cek, di bawah tanggal.

Sekarang Anda lebih memahami bukan cara mengisi cek bank dengan benar?

Referensi: www.investopedia.com

Loading...

Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.