5 Cara Menghasilkan Uang dari Blog Bagi Pemula

0 161

Ingin mendapatkan penghasilan tambahan? Ada banyak cara untuk meraihnya. Salah satu cara termudah adalah dengan blogging. Simak cara menghasilkan uang dari blog ini, terutama bagi pemula.

Dapatkah Anda benar-benar menghasilkan uang dari blog dengan mengubah wawasan, pengalaman pribadi, dan hasrat Anda menjadi penghasilan yang nyata di internet? Jawabannya tergantung pada diri Anda sendiri.

Sebagian besar orang mengandalkan pemasukannya dari pekerjaan yang stabil. Bagi mereka yang beruntung, gaji dan tunjangan yang didapatkan cukup untuk memenuhi kebutuhan mendasar. Akan tetapi, tidak semua orang seberuntung itu.

Apakah mencari pekerjaan sampingan yang menghasilkan uang tambahan bisa dilakukan? Tidak semua orang nyaman melakukannya dalam kehidupan sehari-hari. Lelahnya aktivitas kerja setiap harinya, membuat gagasan mencari penghasilan tambahan terpinggirkan. Terlebih akan semakin sulit jika sudah berkeluarga.

Hasilkan Uang Ekstra dari Pekerjaan Sampingan Seperti Blogging

Pada era ekonomi digital yang semakin pesat saat ini, semakin banyak orang yang menghasilkan uang dari caranya sendiri tanpa harus tergantung pada pekerjaan utama. Cara menghasilkan uang dari blog merupakan yang terpopuler dicari oleh orang-orang saat ini. Ada banyak kisah sukses individu melalui jalur ini.

Ya, tidak mengherankan bahwa akan semakin banyak orang yang mencari informasi tentang cara memulai bisnis online untuk memeroleh penghasilan tambahan di internet. Blogging menjadi arus utama di internet, ini dibuktikan dengan lebih dari setengah miliar blog online telah hadir. Walaupun uang bukanlah satu-satunya alasan seseorang nge-blog, tetap ada peluang besar bagi siapapun untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari blog.

Apabila Anda baru mengenal blog atau baru memulainya, selamat! Semoga motivasi utama Anda yang utama adalah menyediakan konten berkualitas bagi pembaca. Inilah satu-satunya cara Anda bisa berpeluang menghasillkan uang untuk jangka panjang.

Cara Menghasilkan Uang dari Blog Bagi Pemula

Tidak ada yang salah dengan menghasilkan uang tambahan dari blogging, walaupun tujuan awalnya adalah memberikan informasi konten yang berharga. Ada beberapa metode / cara menghasilkan uang dari blog yang sederhana.

Langkah pertama untuk menghasilkan uang melalui blog yang terbaik adalah dengan memilih niche pasar yang menguntungkan. Ada pasar yang sudah terbukti dan harus berkorelasi dengan minat, keahlian, dan passion Anda. Carilah niche yang memang untuk jangka panjang, misalkan kesehatan, bisnis, dan lain sebagainya.

Jika Anda sudah menetapkan niche untuk blog nantinya, yang perlu dipikirkan selanjutnya adalah bagaimana mendapatkan traffic ke website, membangun daftar email pelanggan, dan menghasilkan uang pastinya. (Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang dari Internet Termudah)

Setidaknya, inilah lima cara menghasilkan uang dari blog yang termudah dan paling menguntungkan. Apa saja?

1. Google Adsense

Mungkin Google Adsense adalah cara termudah dan tercepat bagi pemula untuk mendapatkan pendapatan pasif dari blogging. Konsep dasar dibalik Google Adsense adalah website Anda menampilkan iklan Google (dan mitranya). Ketika pengunjung website mengklik iklan dari Google tersebut, Anda akan mendapatkan persentase dari biaya iklan. Selain itu, penghasilan juga didapatkan dari persentase iklan tersebut tayang.

Google Adsense merupakan jaringan periklanan kontekstual yang akan menempatkan iklan mitra (bisnis) di website penerbit. Iklan dari Adsense mudah pengaturannya. Yang perlu dilakukan hanyalah menyalin dan menempelkan kode iklan dari Adsense tersebut di spot-spot website yang diinginkan.

Secara otomatis Google akan menampilkan iklan dari pengiklan yang cocok dengan konten website Anda. Pengunjung website Anda idealnya hanya melihat iklan yang relevan dengan konten yang dibacanya.

Jangan khawatir tentang kualitas iklan yang akan tayang di website Anda melalui Adsense. Google Adsense merupakan salah satu jaringan periklanan terbesar saat ini, ada jutaan pengiklan berkualitas yang berpotensi untuk ditayangkan di website dan menarik minat pembaca.

Algoritma Google sudah pintar untuk hanya menampilkan iklan-iklan yang relevan dengan konten di website Anda. Dalam banyak kasus, hal ini akan semakin meningkatkan pengalaman pengguna di blog Anda.

Yang terpenting adalah pastikan konten Anda berkualitas tinggi!

Meskipun Adsense adalah pilihan yang terpopuler, ada juga cara menghasilkan uang dari blog melalui affiliate marketing. Pemasaran afiliasi ini bisa melalui banyak saluran, seperti Amazon, Ebay, ClickBank, Ratakan, DropshipAja, DusDusan, dan masih banyak lainnya.

2. Pemasaran Afiliasi Produk Fisik

Seperti yang disebutkan sebelumnya, cara menghasilkan uang dari blog berikutnya adalah melalui pemasaran afiliasi atau affiliate marketing. Perusahaan yang menawarkan sistem afiliasi ini ada banyak, beberapa yang populer seperti Amazon, Ebay (produk fisik) dan ClickBank, Ratakan (produk digital).

Melalui sistem afiliasi ini Anda sebagai blogger mendapatkan kesempatan meraih komisi dengan mengiklankan produk-produk Amazon di website Anda. Dengan catatan, pengunjung website Anda mengklik produk tersebut dari blog Anda dan ada pembelian.

Konsep dasarnya, perusahaan seperti Amazon dan Ebay akan memfasilitasi tautan pelacakan yang unik bagi Anda dan dikaitkan dengan produk apapun yang dijual di Amazon, Ebay, dll. Apabila seseorang mengklik tautan di blog Anda dan menuju Amazon serta membeli item tersebut, Anda akan mendapatkan persentase komisi dari penjualan.

Ada beragam cara untuk mempromosikan produk-produk fisik dari Ebay atau Amazon di website Anda. Beberapa yang sering dilakukan diantaranya memasukkan katalog produk, membuat ulasan produk dan memberikan tautan produk ke marketplace, dan metode ampuh lainnya.

Satu hal yang perlu menjadi catatan, sistem afiliasi produk marketplace ini sangat cocok bagi blogger yang menulis tentang produk ritel, ulasan produk, hal yang berkaitan dengan kebiasaan belanja. Logikanya, pengunjung yang datang ke website Anda tersebut sudah memiliki kecenderungan untuk membeli dan butuh diyakinkan.

Program afiliasi ini berfungsi dengan memasukkan tautan, banner, atau widget marketplace di website Anda. Manfaat tambahan dari program ini adalah jika seseorang mengklik tautan dari website Anda ke marketplace tersebut dan membeli banyak barang (bukan yang barang yang dipromosikan oleh Anda), maka komisi dari keseluruhan penjualan akan didapatkan. Tidak hanya itu, Anda juga tetap mendapatkan persentase komisi penjualan yang dilakukan dalam tempo beberapa hari ke depan dari pelanggan tersebut.

3. Pemasaran Afiliasi Produk Digital

Seperti disebutkan sebelumnya, cara menghasilkan uang dari blog terfavorit adalah dengan mempromosikan produk digital melalui sistem afiliasi. Tak berbeda jauh dengan marketplace produk fisik, ada juga pasar produk-produk digital yang dijual secara daring.

Salah satu marketplace produk digital terpopuler adalah ClickBank. Untuk di Indonesia, marketplace produk digital yang populer adalah Ratakan. Anda dapat mencari pasar produk digital di marketplace tersebut yang terkait dengan konten website Anda.

Seperti dengan marketplace produk fisik, Anda juga disediakan sistem afiliasi. Jika seseorang mengklik tautan dan membeli produk digital yang dipromosikan oleh Anda, maka komisi penjualan pun akan didapatkan.

Keunggulan dalam mempromosikan produk informasi digital adalah persentase komisinya jauh lebih tinggi dibandingkan produk fisik. Mulai dari 10% hingga 50% atau bahkan lebih tinggi.

Sebagai contoh, jika Anda dapat mereferensikan seseorang untuk membeli produk informasi digital seharga 500 ribu dengan komisi 50%, maka Anda akan mendapatkan 250 ribu per penjualan. Komisi tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan produk fisik.

4. Membuat E-book dan Produk Informasi

Menulis blog merupakan tempat pelatihan yang ideal untuk membuat ebook. Ini merupakan salah satu produk informasi paling populer yang dijual oleh banyak pengusaha online.

Blog merupakan sarana informasi “gratis” yang ditawarkan kepada pembaca untuk menunjukkan keahlian Anda. Seiring waktu, setelah pembaca ini menjadi penggemar, maka siapkan materi-materi yang lebih mendalam. Ini kesempatan bagi Anda untuk menghasilkan uang dengan menghadirkan ebook yang dijual.

Selalu pastikan bahwa materi ebook yang dibuat merupakan materi yang lebih mendalam, detail, dan lebih lengkap dibandingkan konten blog. Bagaimanapun juga pelanggan telah membayar dan mereka tidak akan suka dengan informasi yang basi.

Sekali lagi, Anda dapat menjual ebook dengan harga yang jauh lebih tinggi daripada buku biasa dan memanfaatkan margin keuntungan yang jauh lebih tinggi.

5. Tawarkan Pelatihan

Ini adalah salah satu cara tercepat dan termudah untuk mengubah keahlian Anda menjadi uang. Fakta Anda menerbitkan blog dan memberikan informasi, itu membuat Anda menjadi ahli dalam niche tersebut. Dalam banyak kasus, orang ingin mendapatkan saran dari pakarnya langsung.

Anda bisa menawarkan pelatihan personal dan memasangnya di website tersebut. Pelatihan ini untuk memfasilitasi pertanyaan-pertanyaan yang masih dimiliki oleh pelanggan Anda.

Itulah kelima cara menghasilkan uang dari blog yang bisa diterapkan mulai saat ini. Ada banyak kisah sukses dan formulasi untuk sukses ternyata sederhana. Tergantung dari Anda bagaimana melakukannya!

Loading...
Sumber www.thebalancesmb.com