Reparasi Barang Elektronik, Kerja Sampingan yang Menghasilkan Uang

0 320

Hampir bisa dipastikan bahwa lebih dari 90% dari setiap rumah memiliki berbagai macam alat elektronik. Di antaranya adalah kulkas, televisi, kipas angin, AC, dan lain sebagainya. Dan sebagian besar dari mereka tidak mampu merawat dengan baik alat-alat elektronik tersebut. Di situlah kerja sampingan ini bisa dilakukan oleh anda. Jika anda memiliki kemampuan dalam reparasi barang elektronik, anda bisa mencoba kerja sampingan ini karena tidak terlalu membutuhkan modal yang besar sehingga bisa dijadikan salah satu sumber penghasilan tambahan bagi anda.

Sebenarnya, jika anda memiliki kemampuan sendiri, anda bisa melakukannya di malam hari selepas pulang dari kantor (teruntuk yang sudah bekerja). Hanya saja, tempat usaha anda harus buka pada siang hari karena memang jam-jam tersebut biasanya pelanggan datang. Jadi, mau tidak mau anda harus memiliki karyawan / partner untuk menjaga tempat anda membuka usaha untuk kerja sampingan tersebut.

Target Konsumen

Target pasar dari kerja sampingan reparasi barang elektronik ini adalah semua orang tentunya yang memiliki barang-barang elektronik.

Bagaimana Memulai kerja sampingan ini?

Anda harus menyediakan tempat untuk memulainya. Tidak harus besar, yang penting cukup untuk menampung beberapa barang elektronik seperti kulkas, mesin cuci, televisi, dan lain-lain. Selanjutnya, anda bisa membeli berbagai macam peralatan yang dibutuhkan untuk reparasi barang-barang elektronik tersebut seperti obeng berbagai ukuran, solder, dan lain-lain.

Anda harus mencari partner yang mengerti tentang reparasi barang elektronik. Untuk pembayarannya, tergantung kesepakatan. Bisa dengan sistem gaji atau pembagian keuntungan antara 30%-70% hingga 40%-60%. Jika semua perangkat sudah siap, anda bisa segera memulai kerja sampingan ini dengan cara berpromosi.

Reparasi barang elektronik, kerja sampingan yang menghasilkan uang
Reparasi barang elektronik, kerja sampingan yang menghasilkan uang

Tantangan & Hambatan

Kerja sampingan ini sangat membutuhkan skill / keahlian dan kemampuan khusus. Sebelum memulainya, anda harus benar-benar mempertimbangkan kemampuan anda. Selain itu, tantangan yang harus dihadapi adalah kompetitor sejenis.

Kunci Sukses Kerja Sampingan Reparasi Barang Elektronik

Dalam menjalankan kerja sampingan ini, ada berbagai hal yang sangat berpengaruh yaitu kualitas reparasi dan harga. Dua hal ini adalah faktor yang sangat penting. Jika pelanggan anda kurang puasa dengan pelayanan reparasi anda atau harga yang diberikan terlalu mahal, lama kelamaan bisnis anda akan ditinggalkan oleh pelanggan.

Untuk memperbanyak jumlah pelanggan, anda bisa melakukan strategi dengan memberikan layanan tambahan seperti antar jemput dan garansi perbaikan untuk beberapa hari ke depan. Kedua hal ini bisa menjadi faktor tambahan kepuasan pelanggan.

Referensi: BisnisKecil.org

Loading...