Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.124
-0%
Rp16.135
+0.38%
Rp18.124
+0.11%
Rp130
+0.45%
Rp10.158
-0.01%
Rp3.755
+0.32%
Rp2.089
-0.1%
Rp10.427
+0.04%
Rp10.648
-0.1%
Rp14.322
+0.45%
Rp9.629
0%

Pentingnya Mengetahui Nilai Kekayaan Bersih Anda

0 160

Kekayaan bersih (net worth) pribadi adalah jumlah aset yang melebihi kewajiban / utang Anda. Dalam istilah sederhana, kekayaan bersih adalah selisih antara apa yang dimiliki dan utang Anda. Jika aset lebih dari kewajiban, Anda memiliki kekayaan bersih positif. Sebaliknya, jika liabilitas / kewajiban lebih besar dari aset, Anda memiliki kekayaan bersih negatif. Seberapa pentingkah mengetahui nilai kekayaan bersih pribadi? Berikut ulasannya.

Nilai kekayaan bersih memberikan gambaran tentang situasi keuangan Anda saat ini. Jika Anda menghitung kekayaan bersih hari ini, Anda akan melihat hasil akhir dari semua yang dihasilkan dan semua yang dihabiskan sampai sekarang.

Angka-angka ini sangat membantu – misalnya, dapat menyediakan peringatan jika keluar jalur budgeting / anggaran keuangan yang telah ditetapkan. Melacak kekayaan bersih dari waktu ke waktu menawarkan pandangan keuangan pribadi / rumah tangga yang lebih bermakna.

Ketika dihitung secara berkala, nilai kekayaan bersih dapat dilihat sebagai kartu laporan keuangan yang memungkinkan Anda untuk mengevaluasi kesehatan keuangan saat ini. Selain itu, dapat membantu Anda mengetahui apa yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan keuangan Anda.

Nilai Kekayaan Bersih = Aset – Kewajiban

Aset adalah sesuatu yang berharga yang Anda miliki yang dapat dikonversi menjadi uang tunai. Contoh aset termasuk investasi, rekening bank dan pialang, dana pensiun, real estat dan properti pribadi (kendaraan, perhiasan dan koleksi) – dan tentu saja, uang tunai itu sendiri.

Hal tidak berwujud seperti jaringan pribadi kadang-kadang dianggap aset juga. Kewajiban, di sisi lain, mewakili utang Anda, seperti pinjaman, hipotek, utang kartu kredit, tagihan medis, dan pinjaman mahasiswa. Perbedaan antara nilai total aset dan kewajiban adalah nilai kekayaan bersih Anda.

Salah satu tantangan dalam menghitung kekayaan bersih adalah menetapkan nilai akurat untuk semua aset. Sangat penting untuk membuat perkiraan konservatif ketika menempatkan nilai pada aset tertentu untuk menghindari menggembungkan kekayaan bersih (yaitu memiliki pandangan yang tidak realistis tentang kekayaan Anda).

Rumah, misalnya, mungkin aset Anda yang paling berharga dan dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap situasi keuangan Anda. Menentukan nilai akurat dari rumah dengan cara membandingkannya dengan rumah serupa di daerah Anda yang baru saja dijual. Atau berkonsultasi dengan profesional real estat yang berkualitas, dapat membantu menghitung kekayaan bersih yang realistis.

Apa artinya?

Nilai kekayaan bersih dapat memberi tahukan banyak hal. Jika angkanya negatif, itu berarti Anda berhutang lebih dari yang dimiliki. Jika angkanya positif, Anda dapat dianggap memiliki kekayaan lebih dari yang miliki.

Misalnya, jika aset Anda sama dengan $ 200.000 dan liabilitas adalah $ 100.000, Anda akan memiliki kekayaan bersih positif sebesar $ 100.000 ($ 200.000 – $ 100.000 = $ 100.000).

Sebaliknya, jika aset Anda sama dengan $ 100.000 dan liabilitas adalah $ 200.000, Anda akan memiliki kekayaan bersih negatif $ 100.000 ($ 100.000 – $ 200.000 = – $ 100.000). Kekayaan bersih negatif tidak selalu menunjukkan bahwa Anda secara finansial tidak bertanggung jawab; itu hanya berarti bahwa – saat ini – Anda memiliki lebih banyak kewajiban daripada aset.

Seperti pasar saham, kekayaan bersih akan berfluktuasi. Namun, juga seperti pasar saham, ini adalah tren keseluruhan yang penting. Idealnya, kekayaan bersih Anda terus bertambah seiring bertambahnya usia. Saat Anda membayar utang, membangun ekuitas di rumah, memperoleh lebih banyak aset, dan sebagainya. Pada titik tertentu, normal jika kekayaan bersih turun, karena mulai menabung dan investasi untuk pendapatan pensiun.

Karena situasi dan tujuan keuangan setiap orang berbeda, sulit untuk menetapkan kekayaan bersih “ideal” yang berlaku untuk semua orang. Sebaliknya, Anda harus menentukan kekayaan bersih ideal pribadi / rumah tangga, yaitu untuk jangka waktu dekat dan jangka panjang.

Jika tidak tahu harus mulai dari mana, beberapa orang menggunakan rumus berikut ini untuk membantu dalam menentukan nilai kekayaan bersih yang menjadi target.

Nilai Kekayaan Bersih = [Usia Anda – 25] x [Penghasilan Tahunan Kotor ÷ 5]

Misalnya, seorang berusia 50 tahun dengan penghasilan tahunan kotor $ 75.000 dan memiliki tujuan mencapai kekayaan bersih sebesar $ 375.000 ([50 – 25 = 25] x [$ 75.000 ÷ 5 = $ 15.000]).

Ini tidak berarti bahwa semua orang usia 50 tahun harus memiliki kekayaan bersih yang sama. Rumus dapat digunakan hanya sebagai titik awal. Kekayaan bersih ideal Anda mungkin jauh lebih banyak atau lebih sedikit daripada jumlah yang ditunjukkan dari pedoman tersebut, tergantung pada gaya hidup dan tujuan Anda.

Mengapa Mengetahui Kekayaan Bersih itu Penting?

Ketika Anda melihat tren keuangan dalam warna hitam dan putih pada laporan nilai kekayaan bersih, Anda dipaksa untuk menghadapi kenyataan posisi finansial Anda saat ini.

Meninjau laporan kekayaan bersih seiring waktu dapat membantu Anda untuk menentukan:

  • Posisi keuangan pribadi
  • Cara posisi finansial yang diimpikan

Hal ini dapat memberikan dorongan ketika Anda menuju ke arah yang benar (yaitu mengurangi utang sambil meningkatkan aset) dan memberikan peringatan apabila tidak berada di jalur yang tepat.

Berada di Jalur yang Tepat: Keluarkan dengan Bijak

Mengetahui kekayaan bersih adalah penting karena dapat membantu Anda mengidentifikasi area-area yang terlalu banyak mengeluarkan uang. Hanya karena mampu membeli sesuatu tidak berarti Anda harus membelinya.

Agar utang tidak terakumulasi sia-sia, pertimbangkan apakah sesuatu itu kebutuhan atau keinginan sebelum melakukan pembelian. Untuk mengurangi pengeluaran dan utang yang tidak perlu, kebutuhan Anda harus mewakili sebagian besar pengeluaran.

Referensi: www.investopedia.com

Loading...

Sumber www.investopedia.com
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.

Website ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Klik "Terima" untuk menyetujui kebijakan ini. Terima Baca Detail