PortalInvestasi.com
Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan

Membuat Anggaran Keuangan Pribadi yang Sesuai untuk Anda

0 38

Cara yang baik untuk mencegah diri dari menggali diri lebih jauh ke dalam hutang adalah dengan membuat anggaran keuangan pribadi yang bisa bekerja dan sesuai untuk kondisi Anda. Bagaimana caranya?

Banyak orang menghabiskan uang hasil jerih payah mereka dengan sembrono tanpa banyak memikirkan berapa banyak uang yang harus mereka sisakan sebelum gajian datang di bulan berikutnya. Orang-orang ini akan sering mendapati diri mereka tidak memiliki uang tersisa. Akhirnya, harus meminjam dari pemberi pinjaman hanya untuk membayar tagihan penting atau memberikan nafkah untuk keluarga mereka.

Masalah dengan jenis pembelanjaan ini adalah Anda cenderung menimbulkan hutang yang akan mulai menyebabkan masalah tambahan pada keuangan Anda sehingga tidak dapat melunasi hutang jika diperlukan.

Ini bukan cara yang benar untuk menangani kondisi keuangan. Dengan membuat anggaran keuangan pribadi, Anda akan mulai merencanakan semua aspek finansial dan memprioritaskan item-item yang penting. Anda akan mencapai situasi keuangan yang sukses yang dapat dinikmati.

Hal pertama yang perlu dilakukan dalam membuat anggaran keuangan pribadi adalah mempertimbangkan kebutuhan Anda dengan hati-hati dengan tiga dasar yang berbeda:

  • Jangka pendek
  • Jangka menengah
  • Jangka panjang

Tanyakan pada diri sendiri beberapa pertanyaan berikut ini:

  • Apa tujuan keuangan Anda?
  • Apa yang ingin Anda capai dari waktu ke waktu?
  • Berapa target anggaran keuangan pribadi Anda?

Buatlah daftar semua hal ini, maka Anda harus mulai menyusun perencanaan keuangan Anda. Membuat daftar pendapatan dan biaya bulanan Anda. Kemudian, membuat daftar item yang mahal dimulai dengan yang paling penting, biaya penting, dan kemudian paling penting.

Temukan dan terapkan formula prioritas yang akan bekerja dengan baik untuk Anda dan situasi keuangan Anda. Kaji biaya konsumsi bulanan dengan menuliskan angka-angka secara mendetail.

Setelah Anda melakukan ini, catat sumber pendapatan dan berapa yang tersisa masing-masing sumber pendapatan setiap bulannya. Tempatkan pengeluaran di sebelah kanan dan penghasilan di sisi kiri.

Tambahkan setiap kolom ke atas lalu kurangi untuk menemukan perbedaannya. Anda akan ingin mengetahui apakah Anda memiliki defisit atau surplus.

Cari tahu apa yang sebenarnya dapat dibayar dan ubah anggarannya. Setelah menetapkan anggaran keuangan pribadi yang akan membantu Anda, cetaklah dan patuhi. Menempel anggaran tersebut di tempat yang sering Anda lihat, mungkin merupakan aspek terpenting dalam menciptakan anggaran pribadi.

Jika gagal mematuhi anggaran, Anda tidak akan pernah membantu situasi keuangan Anda sendiri dengan cara apa pun, dan kemungkinan hanya akan menambah hutang terus-menerus.

Referensi Tambahan: Wikipedia.com

Loading...
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.
Loading...