PortalInvestasi.com
Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan

Market Timing Investasi Reksadana Anda

0 34

Ketika berinvestasi pada obligasi, saham, atau reksadana, investor memiliki kesempatan untuk meningkatkan tingkat pengembalian mereka dengan menentukan market timing (waktu pasar yang tepat) – berinvestasi saat pasar saham naik dan menjual sebelum mereka menurun.

Seorang investor yang baik dapat memilih pasar dengan hati-hati, memilih investasi yang bagus, atau menggunakan kombinasi keduanya untuk menambah tingkat pengembaliannya.

Namun, setiap usaha untuk meningkatkan tingkat pengembalian Anda dengan market timing memerlukan risiko yang lebih tinggi. Investor yang aktif mencoba untuk menentukan waktu pasar yang tepat harus menyadari bahwa kadang-kadang yang tak terduga memang terjadi. Dan, mereka bisa kehilangan uang atau lupakan tingkat pengembalian yang menarik.

Market timing memang sulit. Untuk menjadi sukses, Anda harus membuat dua keputusan investasi dengan benar: satu untuk menjual dan satu untuk membeli.

Jika Anda salah dalam jangka pendek, Anda kurang beruntung. Selain itu, investor harus menyadari bahwa:

  • Pasar saham naik lebih sering daripada turun.
  • Bila pasar saham mengalami penurunan maka cenderung menurun dengan sangat cepat. Artinya, kerugian jangka pendek lebih parah daripada keuntungan jangka pendek.
  • Sebagian besar keuntungan yang diperoleh dari pasar saham, terjadi dalam waktu yang sangat singkat. Singkatnya, jika Anda melewatkan satu atau dua hari baik di pasar saham, Anda akan melupakan sebagian besar keuntungan.

Tidak banyak investor yang menjadi market timer yang baik. “The Portable Pension Fiduciary,” oleh John H. Ilkiw, mencatat hasil studi komprehensif investor institusi, seperti reksadana dan manajer dana pensiun.

Dalam studi tersebut menyimpulkan bahwa manajer dana (investasi) rata-rata menambahkan beberapa nilai dengan memilih investasi yang mengungguli pasar. Manajer uang terbaik menambahkan lebih dari 2 persen per tahun karena seleksi saham.

Namun, manajer uang rata-rata kehilangan nilai dengan menentukan market timing yang tepat. Dengan demikian, investor harus menyadari bahwa menentukan waktu pasar yang tepat dapat memberikan nilai tambah. Akan tetapi, ada strategi yang lebih baik yang meningkatkan pengembalian dalam jangka panjang, berisiko lebih kecil, dan memiliki probabilitas keberhasilan yang lebih tinggi.

Salah satu alasan mengapa sangat sulit untuk menentukan waktu yang tepat (market timing) karena sulitnya menghilangkan emosi dari keputusan investasi Anda.

Investor yang berinvestasi pada emosi cenderung bereaksi berlebihan. Mereka menginvestasikan saat harga tinggi dan menjual saat harga rendah. Manajer investasi profesional, yang dapat menghilangkan emosi dari keputusan investasi mereka, dapat memberi nilai tambah dengan menghitung investasi mereka dengan benar.

Namun, sebagian besar tingkat pengembalian kelebihan mereka masih dihasilkan melalui pemilihan keamanan dan strategi investasi lainnya. Investor yang ingin meningkatkan tingkat pengembaliannya melalui market timing harus mempertimbangkan dana alokasi aset yang baik.

Dana ini bertujuan untuk menambah nilai dengan mengubah campuran investasi antara uang tunai, obligasi, dan saham mengikuti protokol dan model yang ketat, daripada harga pasar berbasis emosi.

Referensi Tambahan: wikipedia.com

Loading...
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.
Loading...