Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.167
-0.3%
Rp16.129
-0.21%
Rp18.015
-0.1%
Rp132
-0.16%
Rp9.849
-0.59%
Rp3.777
-0.29%
Rp2.060
-0.18%
Rp10.460
-0.34%
Rp10.724
-0.54%
Rp14.530
-0.31%
Rp9.361
-0.53%

Cara Investasi Reksadana untuk Pemula yang Mudah dan Aman

0 19

Reksa dana merupakan salah satu cara yang tepat untuk memulai investasi karena kemudahan yang ditawarkannya. Jenis investasi ini tidak hanya merupakan investasi yang mudah, tetapi juga memiliki risiko yang sangat minim sehingga sangat cocok bagi pemula dalam dunia investasi. Untuk Anda yang ingin tahu cara investasi reksadana untuk pemula, dalam artikel ini kami akan bahas secara lengkap hal-hal penting yang perlu diketahui mengenai jenis investasi ini. Simak ulasannya ya!

Mengenal cara investasi reksadana untuk pemula

Seperti yang disebutkan sebelumnya, investasi melalui reksa dana adalah investasi yang sangat mudah dan juga minim risiko. Hal ini disebabkan karena investasi ini memiliki nilai return yang tinggi dan memiliki kemungkinan kehilangan yang rendah.

Investasi ini merupakan sebuah  wadah untuk investasi bagi masyarakat yang tidak bisa bermain dalam dunia investasi pada umumnya. Reksadana juga sangat aman karena dilindungi berdasarkan Undang Undang Pasar Modal dan dijamin oleh pemerintah. Jadi, ada perlindungan dan payung hukum yang kuat untuk para investor dalam jenis investasi ini.

Kelebihan cara investasi reksadana untuk pemula

Untuk diketahui, ada beberapa keunggulan berinvestasi di reksa dana yang disebutkan dalam sub bab sebelumnya. Agar lebih jelas mengenai jenis investasi ini, kami akan bahas di bawah ini.

  • Keuntungan berupa return

Return (imbal hasil) yang bisa diberikan oleh jenis investasi ini lumayan besar. Hal ini juga sudah disebutkan pada sub bab sebelumnya. Return yang besar yang dimiliki oleh sistem investasi ini disebabkan karena sistem yang digunakan untuk menjalankan investasi ini cukup cerdas.

  • Memiliki sistem pembagian modal ke beberapa instrumen

Sistem yang cerdas yang dimaksud adalah mengenai sistem pembagian modal yang dimiliki oleh sistem reksa dana. Seperti yang disebut dalam sub bab sebelumnya, investasi reksa dana adalah salah satu investasi yang digunakan untuk menampung dana dari masyarakat. Dana ini digabungkan dan disebut sebagai 1 kesatuan kemudian dibagi ke beberapa instrumen untuk di investasi.

Pembagian dana ke beberapa instrumen investasi ini menjadikan sistem investasi reksa dana menjadi sangat aman untuk dilakukan. Pasalnya, jika investasi pada salah satu instrumen atau salah satu perusahaan gagal masih ada investasi pada perusahaan lain yang dapat memberikan return pada para pemilik saham.

  • Return Lebih stabil

Selain memiliki return yang lebih banyak, sistem investasi reksa dana ini juga menjanjikan return yang lebih stabil. Kestabilan imbal hasil tersebut karena sistem pembagian  modal ke beberapa instrumen yang disebutkan sebelumnya.

  • Mengenai informasi

Hal lain yang menyebabkan sistem investasi reksa dana merupakan sistem investasi yang menguntungkan adalah mengenai informasi yang dimilikinya.

Sistem investasi reksa dana merupakan sistem yang sangat familiar bagi awam dalam dunia investasi. Anda bisa mencari informasi mengenai sistem investasi reksa dana ini dengan lebih mudah.

Jenis-jenis investasi reksadana

Hal selanjutnya yang perlu diketahui mengenai sistem investasi reksa dana adalah ragam / jenis investasi reksadana. Ya, sistem investasi reksa dana ini memiliki beragam jenis tergantung pada pengelolaannya. Masing-masing jenis memiliki kelebihan dan kekurangan. Bagi Anda yang ingin mengetahui kelebihan kekurangan dari jenis investasi ini, berikut ulasannya.

  • Reksa dana pasar uang

Jenis sistem investasi reksa dana ini merupakan sistem investasi yang memiliki tempo kurang dari 1 tahun. Karena tempo waktu yang tidak begitu lama, reksa dana ini menjadi lebih aman untuk dilakukan.

Namun, karena reksadana pasar uang merupakan jenis investasi yang lebih aman, maka keuntungan yang bisa dikembalikan lebih kecil dibandingkan dengan keuntungan jenis reksa dana yang lainnya.

  • Reksa dana proteksi

Jenis sistem investasi reksa dana selanjutnya adalah sistem investasi reksa dana proteksi. Sistem ini juga merupakan sistem yang memiliki risiko yang rendah karena sebagian dana masuk dalam instrumen obligasi.

  • Reksa dana pendapatan tetap

Mirip dengan sistem investasi reksa dana proteksi. Namun bedanya, produk reksa dana ini memberikan keuntungan yang cukup tinggi yaitu sekitar 10% per tahunnya.

  • Reksa dana campuran

Merupakan jenis reksa dana yang sangat berisiko. Namun, ada banyak return yang bisa didapatkan jika mencoba jenis sistem investasi reksa dana ini.

  • Reksa dana indeks

Jenis reksa dana ini adalah jenis reksadana yang mirip seperti saham karena harganya yang sangat fluktuatif.

Jika dilihat dari jenis yang dimilikinya, ada banyak cara investasi reksadana untuk pemula. Lalu bagaimana jika ingin  mencoba salah satunya? Berikut ini adalah rangkaian cara memulai investasi reksa dana untuk Anda yang masih pemula.

Cara investasi reksa dana untuk pemula yang pertama

Langkah pertama dalam investasi reksa dana adalah mengenali tujuan investasi Anda. Menentukan tujuan investasi merupakan salah satu hal yang sangat penting digunakan untuk menentukan jenis investasi reksa dana yang aman yang akan digunakan.

Apakah Anda memiliki jangka waktu pendek atau panjang, merupakan pertanyaan yang perlu dijawab. Akan tetapi, jika Anda adalah pemula sebaiknya coba dahulu jenis investasi yang memiliki jangka waktu yang pendek.

Langkah kedua investasi di reksa dana

Selanjutnya cara yang perlu dilakukan adalah mengenai profil risiko dari tiap jenis investasi. Hal ini juga merupakan langkah yang diperlukan untuk memilih jenis reksa dana yang cocok untuk Anda.

Karena setiap pilihan ada resikonya, kenali jenis risiko untuk mengetahui seberapa banyak kerugian yang mungkin Anda dapatkan dan bisa ditangani. Jika anda hanya bisa menerima resiko kecil, gunakan jenis investasi reksa dana yang memiliki risiko minim.

Cara ketiga investasi reksadana untuk pemula

Berikutnya adalah memilih manajer investasi yang akan diajak kerjasama. Menemukan partner investasi reksa dana yang baik akan membantu Anda untuk mendapatkan keuntungan dan kesuksesan dalam mengolah modal yang Anda miliki.

Cara investasi reksa dana untuk pemula yang keempat

Langkah keempat adalah mengenai informasi. Perkaya diri anda dengan informasi mengenai hal-hal seperti istilah, biaya yang mungkin dibutuhkan dan juga mengenai proses dan cara investasi ini bekerja.

Itulah beberapa panduan / cara investasi reksadana untuk pemula yang bisa kami berikan. Kesuksesan dalam berinvestasi sangat bergantung dari bagaimana Anda menyiapkan, merencanakan dan menjalankan setiap detailnya.

Loading...
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.