Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.221
+0.26%
Rp15.751
+0.6%
Rp17.289
-0.01%
Rp134
+0.25%
Rp9.639
+0.37%
Rp3.791
+0.29%
Rp2.020
+0.27%
Rp10.257
+0.08%
Rp10.687
+0.17%
Rp14.513
+0.53%
Rp9.151
+0.45%

Cara Main Saham Bagi Pemula Yang Wajib Diketahui

0 71

Cara main saham bagi pemula tentunya wajib diketahui, sebab dengan cara ini para pemain pemula dapat bermain saham dan mendapatkan banyak keuntungan. Saham merupakan salah satu investasi jangka panjang maupun pendek yang banyak dilirik oleh orang saat ini. Kenapa? Salah satunya daya tarik keuntungan yang ditawarkan sangat menggiurkan sehingga berpotensi meraup banyak keuntungan.

Tidak heran jika saham merupakan pemasukan kedua milik banyak orang. Untuk mendapatkan keuntungan dari saham ini maka Anda tidak perlu bekerja keras sambil mengeluarkan banyak tenaga. Anda hanya perlu memperhatikan layar laptop agar bisa mendapatkan keuntungan. Tidak heran jika saham dijadikan salah satu bentuk investasi.

Apalagi setiap harinya saham selalu menjanjikan sehingga tak heran jika sangat mudah untuk Anda menemukan banyak orang yang sukses dari saham.

Bagaimana cara main saham bagi pemula agar meraih keuntungan maksimal? Simak tipsnya berikut.

1. Memilih 1 atau 2 perusahaan publik yang akan diinvestasikan

Ketika Anda akan bermain saham, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan memilih 1 atau 2 perusahaan publik yang nantinya Anda jadikan sebagai tempat investasi.

Tentunya hal ini sangat penting. Untuk melihat dan mencari perusahaan tersebut juga sangat mudah dimana Anda bisa membuka website BEI dan melihat perusahaan apa saja yang telah terdaftar. Setelah itu baru Anda bisa memilih perusahaan apa yang harus Anda ambil nanti.

Ada baiknya jika Anda melihat kinerja perusahaan tersebut. Pilihlah perusahaan dengan kinerja baik sehingga dapat mendatangkan keuntungan kepada Anda. Serta jangan lupa untuk mencocokkan dengan budget yang Anda miliki. Jangan sampai Anda telah menemukan perusahaan yang tepat namun tidak sesuai dengan budget yang tersedia.

Sebagai trader / investor pemula, maka ada baiknya jika Anda membeli saham 1 atau 2 perusahaan. Untuk langkah awal, tidak perlu membeli banyak saham dari perusahaan lain walaupun budget dimiliki mencukupi.

Alasannya sederhana karena nantinya Anda akan kesulitan dalam mengelola saham tersebut. Tidak selamanya kita akan membeli saham itu-itu saja. Akan ada waktunya untuk Anda membeli dan menjual saham tersebut. Oleh karena itu, agar tidak repot maka jangan lupa untuk memilih 2 perusahaan saja dan gunakan strategi secara maksimal.

2. Memilih saham yang sudah terbukti baik

Bagi Anda yang masih pemula maka ada baiknya tidak mencoba untuk mengambil saham dari perusahaan yang nilai kapitalnya kecil maupun perusahaan yang harga sahamnya sangat mudah berfluktuatif.

Saham dengan jenis ini sangat mudah untuk dilakukan manipulasi oleh para investor yang telah memiliki modal besar. Jika membelinya maka berpotensi besar akan merugi ke depannya, terlebih jika Anda tidak memiliki pengalaman dalam bermain saham.

Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda membeli saham dari perusahaan yang kinerja keuangannya sudah terbukti baik. Serta jangan lupa untuk melihat prospek dari saham tersebut bagus atau tidak ke depannya.

Tentunya dengan cara ini bagi Anda sebagai pemula bisa main saham dengan aman sehingga nanti tidak akan kerepotan maupun menjadi rugi. Bagi trader atau investor saham pemula ada baiknya mengutamakan main aman terlebih dahulu dengan beragam cara karena belum memiliki kemampuan yang mumpuni. Kemampuan akan bertambah seiring dengan bertambahnya wawasan dan pengalaman.

3. Memantau pergerakan ekonomi dunia, baik dalam maupun luar negeri

Jika Anda ingin bermain saham maka Anda harus mengerti tren / kabar / informasi terbaru di bidang ekonomi. Dengan mengetahuinya, maka mudah bagi Anda untuk melakukan prediksi bagaimana arah pergerakan saham ke depannya nanti.

Hal ini tentunya dapat membantu Anda dalam mendapatkan keuntungan. Apabila situasi sedang normal bahkan booming maka merupakan waktu yang tepat untuk membeli sebuah saham dan melakukan investasi.

Namun, apabila situasi sedang depresi pada bagian market tengah, ada baiknya jika Anda tidak membeli saham terlebih dahulu. Sangat dianjurkan bagi Anda menjualnya. Karena hal ini bertujuan untuk meminimalkan kerugian dalam jumlah yang sangat besar. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu ragu untuk menjual semua saham yang dimiliki nanti.

Aktivitas memantau saham wajib dilakukan untuk melihat keadaan pasar sehingga Anda bisa mengambil langkah yang tepat.

4. Banyak membaca

Karena Anda merupakan seorang pemula maka ada baiknya jika Anda membaca banyak buku dan artikel yang berkaitan mengenai saham. Hal ini dapat membantu Anda mendapatkan banyak pengetahuan di bidang saham nanti. Dapat membantu pula Anda mendapatkan banyak keuntungan, sebab dengan membaca buku maka Anda bisa mendapatkan banyak info mengenai seputar dunia saham.

Anda bisa melakukan bisnis saham dengan baik dan benar sehingga bisa mendatangkan banyak keuntungan. Mencari buku yang berkaitan dengan saham sangat mudah sebab bisa Anda cari di toko buku maupun online. Banyaknya buku yang berhubungan dengan saham tidak terlepas dari kepopuleran saham sehingga membuat banyak orang tertarik dengan saham dalam mencari keuntungan.

5. Tidak perlu memulai dengan modal besar

Banyak orang yang berpikir bahwa jika ingin bermain saham maka dibutuhkan modal yang besar. Hal ini tidak sepenuhnya benar. Sebab dengan hanya modal kecil maka Anda bisa membeli saham.

Walaupun keuntungan yang diberikan pada saham akan sesuai dengan modal Anda, namun karena Anda masih pemula maka ada baiknya memulai dengan modal kecil terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar Anda tidak mengeluarkan banyak biaya serta tidak mendapatkan banyak kerugian.

Oleh karena itu, Anda wajib mengetahui cara main saham bagi pemula agar tidak merugi ketika bermain nanti sehingga bisa memaksimalkan keuntungan yang didapatkan.

Loading...
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.