Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.356
+0.78%
Rp16.073
+0.21%
Rp18.187
+0.58%
Rp131
+0.56%
Rp9.927
+0.18%
Rp3.828
+0.78%
Rp2.080
+0.52%
Rp10.433
+0.35%
Rp10.673
+0.44%
Rp14.325
+0.21%
Rp9.402
-0.02%

Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga? Simak 6 Tips ini

0 92

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga– Bagi yang masih single, mengatur keuangan mungkin relatif mudah. Biasanya, setiap individu akan mudah mengecek berapa pendapatan yang diterima, melacak biaya-biaya, karena hanya berpikir tentang diri mereka sendiri.

Tetapi, tidak demikian dengan keuangan keluarga. Bisa jadi, akan sedikit rumit jika harus mengatur keuangan keluarga.

Setiap keluarga cenderung memiliki beberapa sumber pendapatan yang berbeda dari tiap anggota keluarga. Dan jika salah satu anggota keluarga menjadi pemboros, maka akan membuat anggaran rumah tangga menjadi kacau.

Ini mungkin alasan utama kenapa banyak keluarga yang tidak memiliki anggaran rumah tangga secara formal.

Tetapi yang jelas, ketika sebuah keluarga memahami bagaimana cara mengatur keuangan rumah tangga dan berpegang teguh terhadapnya, maka akan sangat bagus untuk meningkatkan prospek keuangan keluarga.

Lalu, bagaimana sebenarnya cara mengatur keuangan rumah tangga dengan lebih mudah? Ikuti 6 langkah berikut ini.

1. Buatlah daftar dari semua pendapatan anggota keluarga

Cara mengatur keuangan rumah tangga yang pertama adalah dengan mengetahui sumber-sumber pendapatan dari masing-masing anggota keluarga.

Jika sumber penghasilan tertentu berfluktuasi dari bulan ke bulan, maka gunakan jumlah yang terendah atau rata-rata dari setiap penghasilan tersebut.

2. Lacak semua biaya dalam 1 bulan

Simpan semua slip penerimaan pendapatan Anda dan anggota keluarga, dan mintalah semua daftar pengeluaran dari masing-masing anggota keluarga.

3. Tambahkan semuanya dalam pengeluaran rumah tangga

Pastikan untuk menyertakan tagihan, pembayaran utang, bahan makanan, dan biaya sehari-hari seperti uang makan siang dan biaya transportasi dalam daftar pengeluaran rumah tangga.

4. Kumpulkan semua anggota keluarga dan bahas bagaimana dapat memangkas anggaran

Dengarkan masukan dari anggota keluarga yang lain untuk dapat membantu Anda menentukan biaya yang diperlukan dan mana yang bisa dipangkas atau dihilangkan.

Mungkin, ada beberapa hal yang bisa diubah. Anda atau pasangan bisa mulai membawa makan siang dari rumah untuk dibawa ke kantor dan bukan makan di luar, atau mungkin bisa mengurangi biaya kursus untuk anak-anak.

5. Selain biaya individu, bahas bagaimana Anda dapat mengurangi biaya operasional rumah tangga

Biaya operasional rumah tangga seperti tagihan listrik, air, pulsa, internet, dll, bisa mulai dikurangi.

Pertimbangkan untuk mulai menghemat biaya operasional tersebut. Biaya operasional lain seperti bensin bisa dikurangi dengan naik kendaraan umum (tergantung mana yang lebih hemat).

6. Perkirakan berapa banyak Anda dapat menghemat pengeluaran rutin, dan potong item yang tidak terlalu diperlukan dari keuangan rumah tangga

Kemudian rancang ulang rencana keuangan keluarga Anda setelah memangkas beberapa item yang tidak diperlukan.

6 cara mengatur keuangan rumah tangga yang baik
6 cara mengatur keuangan rumah tangga yang baik

7. Jika keuangan rumah tangga surplus, alokasikan sebagian dari itu untuk tabungan

Mulai pertimbangkan untuk memiliki tabungan khusus untuk keuangan rumah tangga. Tabungan ini hanya diperuntukkan untuk tujuan finansial keluarga.

Jika anggaran rumah tangga masih berada di zona merah (minus), maka lakukan kembali perhitungan anggaran rumah tangga Anda dari awal.

Jadilah Realistis

Meskipun Anda kini sudah mengetahui cara mengatur keuangan rumah tangga, tetapi potensi untuk mengalami kegagalan masih besar. Ini disebabkan karena banyak keluarga yang tidak realistis.

Hal yang bagus untuk mengurangi biaya, tapi kadang-kadang kita cenderung untuk tidak realistis dalam memangkas biaya bulanan.

Misalnya, memotong item hiburan dari anggaran rumah tangga, mungkin terlihat bagus di atas kertas, tetapi kita membutuhkan pengalihan dari item yang dipangkas tersebut.

Alih-alih memotong item tersebut dari anggaran rumah tangga sepenuhnya, pertimbangkan untuk mencari cara untuk menurunkan biaya.

Misalkan item hiburan tersebut, mungkin Anda menganggarkan makan malam dan nonton bioskop bersama keluarga dua kali sebulan. Maka, bisa dimulai dengan menyewa DVD film terbaru, atau makan di tempat yang lebih murah, akan menurunkan biaya jauh lebih efektif.

Dan Anda pun masih bisa menghabiskan waktu yang berkualitas bersama-sama dengan keluarga.

Beban biaya setiap individu / anggota keluarga juga bisa menjadi rumit. Hal ini dapat diatasi dengan mengalokasikan jumlah tertentu untuk setiap anggota keluarga untuk dianggarkan setiap minggu atau tiap bulan.

Jika anggaran anggota keluarga tersebut telah habis sebelum waktunya, maka evaluasi kembali biaya dan sesuaikan jika diperlukan.

Membuat anggaran rumah tangga dapat membantu menjaga pengeluaran di bawah kontrol, menghindari bertambahnya utang dan menabung untuk tujuan masa depan.

Tetapi agar berhasil, disiplin ketat sangat penting. usaha Anda akan dihargai, namun, dengan stres masalah finansial yang jauh berkurang dan masa depan finansial keluarga.

Loading...
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.