6 Cara Menghemat Uang Bulanan dengan Anggaran Ketat

0 59

Di kondisi yang sangat sulit seperti saat ini, memiliki anggaran ketat memang harus dilakukan. Akan tetapi, tidak mudah untuk menghemat uang bulanan walaupun sudah memiliki anggaran yang ketat. Ini 6 cara menghemat uang bulanan dengan anggaran ketat yang bisa Anda lakukan.

Selalu penting untuk menyisihkan uang bulanan yang didapatkan untuk masa depan finansial Anda. Tidak peduli berapa banyak pendapatan bulanan yang Anda punya, Anda harus dapat menghemat uang.

Simak 6 Cara Menghemat Uang Bulanan dengan Anggaran Ketat / Terbatas ini!

#1 Mengubah Layanan Internet / TV Kabel Anda

Salah satu cara termudah menghemat uang bulanan adalah dengan membatalkan atau setidaknya mengubah layanan langganan internet / tv kabel Anda saat ini. Beralihlah ke layanan yang menawarkan biaya lebih murah.

Ada banyak penyedia layanan internet / tv kabel yang memberikan promo-promo untuk menggaet pelanggan baru dengan harga relatif lebih murah. Atau, Anda bisa memberhentikan langganan premium seperti TV kabel karena masih ada layanan tv gratis.

Bagi Anda yang tidak dapat melepaskan internet dari pekerjaan sehari-hari, bisa menggunakan layanan WiFi gratis. Penghematan akan sangat terasa dari 1 pos pengeluaran ini jika dapat dibatasi.

#2 Melihat Tagihan Konsumsi / Makanan Anda

Cara menghemat uang bulanan selanjutnya adalah dengan mengubah kebiasaan makan Anda. Hal terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan mengurangi atau mengganti makanan Anda.

Jauh lebih murah dengan memanfaatkan kembali makanan berlebihan dari waktu makan sebelumnya, daripada harus membeli / memasak kembali. Selain itu, biaya makan diluar cenderung naik lebih cepat daripada membeli bahan makanan sendiri.

Anda juga bisa mempertimbangkan untuk mengurangi bahan makanan yang tergolong mahal, seperti daging. Walaupun produk bahan makanan lain bisa juga mahal, terutama jika Anda membeli bahan-bahan organik, daging biasanya lebih mahal dibandingkan bahan makanan umum lainnya.

Anda juga bisa menghemat uang bulanan dengan cara membeli kacang, sayuran, buah-buahan beku atau kalengan.

#3 Memotong Sedikit Setiap Kategori Pengeluaran

Saat Anda terjepit kondisi ekonomi yang memburuk, mungkin Anda sudah memotong semua item yang tidak diperlukan dari anggaran keuangan rumah tangga. Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah menghemat 50 ribu – 100 ribu dari setiap kategori pengeluaran dalam anggaran dan menyisihkan uang tersebut.

Anda mungkin sering melakukan penghematan setiap minggunya dari belanja di toko grosir dengan menghapus 2-3 item dari daftar belanjaan. Bisa juga menghemat bahan bakar dengan menggunakan angkutan umum, menggunakan sepeda atau berjalan kaki jika memungkinkan. Hal ini tentunya dapat menghemat pengeluaran untuk bahan bakar setiap bulannya.

Ada banyak item-item pengeluaran lain yang bisa dihemat seketat mungkin dan menyisihkan ke tabungan Anda. (Baca Juga: Cara untuk Menghemat Gaji Bulanan)

#4 Beralih ke Uang Tunai untuk Biaya Harian

Walaupun tidak praktis untuk membayar tagihan utilitas atau uang sewa, beralih ke uang tunai dapat membantu Anda mengurangi pengeluaran. Menggunakan uang tunai dapat membatasi pengeluaran dan membantu Anda agar lebih sadar dengan pilihan yang akan dibelanjakan.

Pos pengeluaran bahan makanan atau hiburan merupakan dua kategori utama yang bisa dialihkan menjadi uang tunai saja. Begitu juga pakaian dan makan diluar.

#5 Berusahalah untuk Melunasi Utang

Cara menghemat uang bulanan selanjutnya adalah dengan berusaha melunasi utang, khususnya utang berbunga tinggi seperti kartu kredit. Bunga utang kartu kredit bisa menggerogoti penghasilan bulanan.

Anda mungkin akan terkejut dengan seberapa besarnya bunga yang harus dibayar setiap bulannya yang ada di saldo kartu kredit. (Baca Juga: Plus Minus Kartu Kredit yang Perlu Anda Ketahui)

Ambil langkah untuk melunasi kartu kredit Anda secepat mungkin akan sangat membantu dalam membebaskan uang tambahan dalam anggaran keuangan. Anda dapat melakukan banyak hal lebih leluasa dengan uang Anda.

Jika ingin lebih nyaman dan merasakan nikmatnya tabungan, singkirkan segera utang Anda adalah langkah penting yang harus dilakukan.

#6 Menemukan Cara untuk Mengurangi Biaya Besar

Cara menghemat uang bulanan yang keenam adalah dengan melihat item-item pengeluaran besar dari keseluruhan anggaran keuangan Anda. Apakah pembayaran untuk kendaraan terlalu tinggi? Apakah Anda bisa menemukan tempat tinggal lebih murah yang kondisinya masih bagus? Apakah Anda dapat pindah dengan teman sekamar untuk menghemat sewa?

Opsi-opsi ini mungkin merupakan langkah terakhir yang dapat diambil saat mencari cara untuk menghemat uang bulanan dan meningkatkan tabungan Anda. Akan tetapi, opsi tersebut dapat membantu Anda menghemat sejumlah uang pada tagihan Anda setiap bulannya.

Semakin Anda dapat menjaga biaya ini rendah, maka semakin mudah untuk tetap berpegang pada anggaran keuangan Anda.

Loading...
Sumber www.thebalance.com