PortalInvestasi.com
Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan

5 Cara Membuat Anggaran Rumah Tangga yang Efektif

0 55

Apakah Anda pernah menyadari di slip gaji bulanan atau total tahunan Anda dan bertanya-tanya kemana semua uang tersebut pergi? Jika Anda mempertanyakan hal tersebut, Anda tidak sendirian. Banyak keluarga juga memikirkannya. Dan, itulah alasan kenapa harus membuat anggaran rumah tangga. Berikut 5 cara membuat anggaran rumah tangga yang efektif.

Banyak survei menyebutkan bahwa sebagian besar individu tidak pernah membuat anggaran keuangannya sendiri. Hal ini juga terjadi pada rumah tangga / keluarga. Sayangnya, gagal melacak pendapatan dan pengeluaran kita dengan cara yang berarti dapat menyebabkan kebiasaan belanja yang tidak sehat, mengurangi tabungan dan menambah hutang. Semua ini bisa menjadi bencana bagi rencana jangka panjang Anda dan keluarga!

Cara membuat anggaran rumah tangga yang efektif dan berkelanjutan adalah salah satu wawasan terbaik untuk membantu mencapai tujuan keuangan Anda.

Lalu, kenapa banyak orang gagal melakukannya? Sederhananya, penganggaran finansial sering dianggap sebagai proses yang rumit dan luar biasa. Bahkan, bagi mereka yang telah melakukan penganggaran, tujuan yang tidak realistis yang tidak dapat diraih dapat mengecilkan hati. Tapi tidak harus seperti itu.

Berikut adalah lima panduan / cara membuat anggaran rumah tangga yang lebih baik.

1. Bedakan Antara Kebutuhan dan Keinginan

cara membuat anggaran rumah tangga dengan membedakan antara kebutuhan dan keinginan
Cara membuat anggaran rumah tangga dengan membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Kredit Gambar: www.stchas.edu

Anda mungkin pernah mendengar cerita tentang “uang yang ditemukan” oleh mereka yang mulai mencatat dengan baik biaya harian mereka. Entah itu individu yang menghabiskan 250 ribu per minggu di Starbucks atau pasangan muda yang meninggalkan layanan TV kabel berbayar mereka dan memilih layanan streaming.

Pemeriksaan yang cermat terhadap kebiasaan belanja dapat menunjukkan banyak kesempatan untuk diselamatkan. Penting untuk membedakan antara kebutuhan dan keinginan dalam anggaran keuangan Anda. Kita tahu kebutuhan mencakup kebutuhan hidup dan keinginan adalah “orang kaya.” Yang terakhir ini bisa menjadi sumber tabungan yang kaya begitu mereka telah diidentifikasi dan dipisahkan dari yang pertama.

Ini bukan untuk mengatakan bahwa keinginan tidak memiliki tempat dalam anggaran finansial Anda. Jika anggaran Anda tidak memperhitungkan tambahan kecil itu, mungkin akan lebih sulit untuk disiplin menerapkannya.

Individu tersebut mungkin masih dapat menyisihkan uang 50 ribu untuk kopi tersebut, tetapi memilih untuk membelanjakannya dua hari dalam seminggu, bukan lima. Mungkint terlihat tidak banyak pada awalnya, tetapi penghematan itu bisa diinvestasikan dari waktu ke waktu atau digunakan untuk melunasi hutang berbunga tinggi, membangun fondasi yang kokoh untuk masa depan.

2. Masukkan Kategori Lain-lain dalam Anggaran Anda

memasukkan kategori lain lain dalam anggaran
Masukkan kategori lain-lain di dalam anggaran. Kredit Gambar: www.videoblocks.com

Cara membuat anggaran rumah tangga Anda berikutnya adalah dengan memasukkan kategori “lain-lain” dalam penyusunan anggaran rumah tangga. Tidak ada cara untuk mengantisipasi setiap biaya yang akan dihadapi secara bulanan atau tahunan.

Perbaikan mobil yang tidak terduga atau keadaan darurat keluarga bisa mendatangkan malapetaka pada anggaran finansial Anda. Termasuk kategori lain-lain dapat membantu mengurangi dampak negatif dari situasi ini dan memastikan Anda siap untuk menghadapinya.

Hal ini juga dapat membantu menghitung pengeluaran yang mungkin tidak Anda masukkan di kategori lain, seperti uang untuk hadiah atau biaya satu kali lainnya.

3. Sertakan Tabungan sebagai Biaya

membuat tabungan sebagai biaya
Bagian penting dari cara membuat anggaran rumah tangga adalah dengan memasukkan tabungan sebagai biaya dalam anggaran. Kredit Gambar: www.nzcubaywide.co.nz

Membayar diri Anda terlebih dahulu” adalah salah satu strategi paling kuat yang dapat digunakan untuk mengamankan masa depan keuangan Anda. Sebelum membayar tagihan atau biaya lainnya, sisihkan jumlah yang Anda setorkan untuk disimpan dalam tabungan setiap bulan.

Anda lebih mungkin mencapai tujuan tabungan Anda, saat memperlakukannya sebagai biaya dan berkomitmen kepadanya seakurat komponen anggaran lainnya. Menyiapkan deposit langsung atau transfer otomatis langsung ke tabungan membuat langkah ini jauh lebih efisien dan mudah.

4. Sejajarkan Anggaran Keuangan Rumah Tangga dengan Tujuan dan Nilai Anda

cara membuat anggaran rumah tangga
Mensejajarkan anggaran dengan nilai Anda. Kredit Gambar: www.7genassetsolutions.com

Pakar dan penasihat keuangan pribadi sependapat bahwa sangat penting untuk menyelaraskan anggaran finansial rumah tangga dengan tujuan dan nilai Anda. Langkah pertama dalam proses ini adalah memahami apa nilai Anda dan bagaimana dampaknya terhadap pengeluaran Anda.

Bagi beberapa orang, memiliki mobil yang bagus itu penting, bagi orang lain, dapat selamat dari Point A ke Point B adalah hal yang terpenting. Mampu mengartikulasikan hal ini dapat membantu Anda menentukan area anggaran Anda untuk pengeluaran dan penghematan.

Menuliskan tujuan Anda dan membaginya dengan pasangan atau keluarga dapat membantu menyusun anggaran yang sesuai. Jika Anda suka berlibur bersama keluarga setiap tahun karena memberikan kesempatan untuk bersantai dan menghabiskan waktu bersama anak-anak, Anda dapat mencerminkan tujuan tersebut dalam anggaran dan menabung untuk dapat meraih tujuan tersebut.

Anda akan dapat menikmati perjalanan liburan tersebut tanpa harus khawatir dengan anggaran keuangan!

5. Membuat Tagihan dan Penerimaan Anda Lebih Terorganisasi

tagihan dan penerimaan
Membuat tagihan dan penerimaan lebih rapi dan terorganisasi dengan baik. Kredit Gambar: www.theodysseyonline.com

Teknologi membuatnya jauh lebih mudah untuk melacak pendapatan dan pengeluaran Anda. Lewatlah sudah hari-hari kotak yang berisi banyak kwitansi dan cetakan kertas. Sebagian besar pencatatan keuangan rumah tangga sekarang ini bisa dilakukan secara online.

Sebagian besar bank menawarkan fitur membayar tagihan yang memungkinkan Anda menjadwalkan pembayaran hingga satu tahun di muka, sehingga menghilangkan kemungkinan denda pembayaran atas keterlambatan.

Jika Anda cenderung menggunakan uang tunai, sangat penting untuk menyimpan faktur atau kuitansi yang mungkin diperlukan pada waktu pembayaran pajak. Memiliki cadangan ini juga akan membantu memperkirakan biaya dengan lebih akurat saat membuat anggaran keuangan. Ada berbagai aplikasi smartphone yang dapat membantu Anda mengatur keuangan Anda, termasuk Mint, EveryDollar, dan Wallet, dan masih banyak aplikasi keuangan lainnya.

Penganggaran secara bulanan dan tahunan adalah ide bagus untuk siapa pun, terlepas dari golongan pendapatannya. Jika Anda ingin membeli rumah baru, mengirim anak ke perguruan tinggi, atau sedang bersiap untuk pensiun, buatlah anggaran yang bagus dan tetap berpegangan kuat pada anggaran yang telah dibuat tersebut akan membantu mewujudkan mimpi-mimpi finansial Anda.

Sekarang adalah saat yang tepat untuk meninjau tujuan penganggaran yang Anda tetapkan untuk diri sendiri dan keluarga di tahun lalu dan cari tahu mana yang berhasil untuk Anda dan mana yang tidak. Jika Anda belum mulai menganggarkan, inilah saat yang tepat untuk memulainya!

Tulisan Terjemahan5 Steps Toward Creating an Effective Budget oleh Michael Kane, CFP.

Loading...
Sumber www.investopedia.com
Via Michael Kane
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.