PortalInvestasi.com
Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan

Cara Mencapai Kebebasan Finansial & Maknanya

0 46

Setiap individu memiliki caranya sendiri untuk meraih kebebasan secara finansial. Dan, itu termasuk Anda. Strategi umum apa yang dapat digunakan sebagai cara mencapai kebebasan finansial?

Sebelum lebih lanjut memahami cara mencapai kebebasan finansial, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu bebas secara finansial.

Definisi Kebebasan Finansial

Kebebasan finansial (financial freedom) adalah sebuah kata yang populer di abad ini. Ini adalah istilah yang menggambarkan gaya hidup yang direncanakan secara teratur dimana seseorang tidak perlu bekerja untuk meraih pendapatan yang menutupi pengeluaran mereka.

Kebebasan finansial melanggengkan bahwa seseorang dapat bebas dari tanggung jawab uang selama ia telah menetapkan rencana yang menentukan kehidupan untuk perencanaan keuangannya.

Kebebasan finansial tidak berarti bahwa seseorang bebas dari hutang. Namun, ia berpendapat bahwa hutang dapat didefinisikan sebagai biaya. Sementara hutang merupakan pertimbangan finansial yang konstan, seseorang yang telah memperoleh kebebasan finansial diizinkan untuk menandai hutang sebagai bagian dari biaya daripada mempertimbangkan tujuan keuangannya.

Kebebasan finansial seringkali disalahartikan untuk menjadi kaya. Meskipun, kita tahu bahwa orang kaya memiliki sejumlah milyaran rupiah dalam rekeningnya, biaya overhead jangka panjang dapat berarti bahwa mereka tidak independen secara finansial seperti yang terlihat.

Oleh karena itu, kebebasan finansial adalah konsep yang sesuai dengan gaya hidup Anda dan jumlah uang yang dimiliki untuk menutupinya. Dalam perspektif ini, kebebasan finansial tidaklah sulit dicapai seperti yang dibayangkan sebelumnya.

Kebebasan Finansial adalah Kebebasan Waktu

Bagi orang lain, kebebasan finansial setara dengan waktu luang yang banyak. Konsep waktu adalah uang masuk ke dalam permainan. Pada kenyataannya, orang yang mandiri secara finansial akan melihat bahwa uang adalah waktu.

Begitu Anda mampu mengembangkan rasa kebebasan waktu, hal itu berarti Anda berada dalam arah yang positif untuk mendapatkan kebebasan finansial.

Kebebasan finansial membuat uang bukan menjadi perhatian utama. Ditetapkan secara berbeda, kebebasan finansial memungkinkan seseorang untuk meluangkan waktu untuk kegiatan tanpa memperdagangkan waktu luang Anda untuk mendapatkan penghasilan.

Kebebasan finansial tergantung pada aset yang dapat diperdagangkan yang digabungkan dari waktu ke waktu untuk biaya rutin. Dengan demikian, kekayaan diciptakan untuk menghasilkan lebih banyak waktu dan uang. Hal ini memungkinkan orang untuk mengurangi jam kerja mereka tanpa kehilangan penghasilan karena aktivitas menghasilkan uang.

Cara Mencapai Kebebasan Finansial

Mencapai kebebasan finansial membutuhkan pola pikir yang berbeda. Dalam pendidikan perguruan tinggi klasik, kita diajarkan untuk mencari uang. Karena itu, kita luangkan waktu untuk bekerja dan kemudian kita mendapatkan gaji/upah. Ini disebut pertukaran uang.

Namun, kebebasan finansial menghilangkan konsep time-and-money-swap dan memungkinkan seseorang menghasilkan uang untuk mereka.

Cara mencapai kebebasan finansial melibatkan pergeseran gaya hidup dan pola pikir keseluruhan yang berbeda. Meskipun mudah untuk berpikir tentang memiliki lebih banyak waktu untuk berinvestasi dan menciptakan bisnis.

Kebanyakan pekerja kantor masih menemukan bahwa berapa pun jumlah waktu yang mereka alokasikan, selalu berada dalam rutinitas. Langkah penting dalam mencapai kebebasan finansial adalah menyadari bahwa ada cara untuk memanfaatkan waktu dengan lebih baik.

Untuk mencapai kebebasan finansial, sikap fundamental tentang konsep uang perlu diubah. Menyadari bahwa uang itu hanya berarti mencapai akhir adalah satu hal. Mengetahui bahwa tidak ada yang harus diadili tergantung pada jumlah uang yang mereka miliki.

Menilai kebebasan finansial karena jumlah uang yang dimiliki mengalahkan tujuan karena pada akhirnya, Anda tidak akan memiliki kebebasan finansial jika tidak puas dengan uang yang dimiliki. Ingatlah bahwa kebebasan finansial juga merupakan persepsi pribadi. Persepsi ini sangat terkait dengan tingkat kepuasan yang dibawa uang.

Di sisi lain, kita juga harus menghilangkan persepsi negatif tentang uang. Sementara pepatah menyebutkan bahwa “uang adalah akar segala kejahatan” nampaknya relevan, berpikir bahwa hal ini selalu terjadi akan memberikan pandangan menolak tentang menciptakan kekayaan.

Selalu masukkan ke dalam hati bahwa kebebasan finansial adalah usaha yang sehat selama seseorang merasa memiliki langkah-langkah etis untuk menghasilkan uang. Pada akhirnya, memiliki sikap yang benar tentang uang akan berdampak lebih baik dalam menghadapi berbagai persepsi tentang kebebasan finansial. Kebebasan finansial pada akhirnya adalah sebuah keadaan pikiran.

Bacaan Tambahan: Fundamental Truths About Financial Freedom

Loading...
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.