PortalInvestasi.com
Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan

Kesalahan Trading Saham yang Sebaiknya Dihindari

0 87

Jika Anda tahu perangkap trading saham, Anda dapat dengan mudah menghindarinya. Kesalahan trading saham yang kecil tak terelakkan, seperti memasukkan simbol saham yang salah atau salah menentukan tingkat pembelian. Tapi ini bisa dimaafkan, dan, dengan keberuntungan, bahkan menguntungkan. Lalu, kesalahan trading saham seperti apa yang sebaiknya dihindari?

Apa yang harus Anda hindari, bagaimanapun juga, kesalahan karena penilaian yang buruk dan bukan kesalahan sederhana. Ini adalah kesalahan “yang mematikan” yang menghancurkan seluruh karier trading Anda bukan hanya satu atau dua perdagangan. Untuk menghindari jebakan ini, Anda harus cermat dan konsisten.

Analogi kesalahan trading saham seperti sedang mengendarai mobil di jalan yang licin. Jika Anda tahu mengemudi di atas jalan yang licin berbahaya, Anda dapat menghindari perjalanan dalam badai hujan.

Akan tetapi, jika Anda tidak tahu tentang bahaya badai hujan, Anda mungkin menyetir seolah-olah tidak ada ancaman, hanya menyadari kesalahan begitu sudah terjadi kecelakaan.

Keserakahan itu merupakan hal yang pasti ada, tetapi berbahaya. Dengan sifatnya, tentu saja, trader serakah, karena mereka mulai melakukan trading untuk menghasilkan lebih banyak uang. Menginginkan lebih banyak uang tidak berbahaya. Yang berbahaya adalah menginginkannya terlalu cepat.

Setiap trader ingin menjadi kaya, dan mereka ingin melakukannya dalam satu perdagangan saja. Dan saat itulah mereka kalah. Itu kesalahan trading saham yang fatal.

Kesuksesan trading berasal dari konsistensi, bukan dari trading “grand slam.” Ada banyak trader pemula di luar sana yang percaya bahwa keberuntungan mereka akan dibuat hanya dalam satu perdagangan yang menakjubkan, dan kemudian mereka tidak akan pernah bekerja lagi untuk mereka.

Itu merupakan mimpi, dan berpotensi kesalahan trading saham yang fatal bagi trader. Trader saham yang sukses akan segera menyadari hal itu. Yang terbaik yaitu cara menghasilkan banyak uang dalam perdagangan adalah konsistensi.

Dan, keberuntungan ini mungkin adalah faktor yang sangat kecil. Sayangnya, sebagian besar trader mencari kemenangan besar, yang berakibat pada kerugian besar.

Masuk akal memang jika seorang trader lebih tertarik pada keuntungan yang lebih besar di satu perdagangan. Sebagai contoh, apa yang Anda inginkan – tagihan 1 juta atau uang 1 juta? Jawabannya jelas. Tapi kalau menyangkut trading, tidak sesederhana itu.

Jika Anda tidak mengambil seratus ribu, misalnya, Anda mungkin kehilangan 1 juta uang Anda sendiri, atau lebih. Hal utama yang perlu diingat adalah meskipun Anda tidak dapat menerima tagihan 1 juta itu segera, Anda dapat mengambil beberapa ratus ribu untuk jangka waktu yang lebih lama. Dan hasil akhirnya sama – satu juta rupiah.

Dan itulah intinya di sini: keuntungan kecil dan konsisten terus bertambah. Ini bukan berarti Anda tidak akan pernah menjadi seorang pemenang besar. Dalam perdagangan pilihan misalnya, cukup umum untuk memiliki keuntungan 100%, 200%, atau bahkan 1.000% hanya dalam satu perdagangan.

Jadi, bukan tidak mungkin untuk menghancurkan keuntungan besar – bukan hanya sesuatu yang harus selalu diandalkan. Jika Anda mengharapkan angka seperti ini setiap saat dan tidak menerima apa-apa, Anda menyiapkan diri untuk mendapatkan kekecewaan yang terus-menerus.

Kunci sukses trading: keuntungan kecil tapi konsisten.

Konsistensi adalah kuncinya, karena jika keuntungan Anda konsisten dan mudah ditebak, maka Anda bisa memanfaatkan leverage untuk meningkatkan volume perdagangan. Karena itu, Anda harus tahu kapan harus keluar dengan keuntungan. Tahan godaan untuk tinggal karena ingin “sedikit lebih lama, tunggu sedikit lagi.”

Artikel Tambahan: 44 Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan dalam Trading

Loading...
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.