Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp13.963
+0.06%
Rp15.663
+0.09%
Rp17.424
-0.4%
Rp129
-0.21%
Rp9.822
-0.43%
Rp3.723
+0.06%
Rp2.029
+0.1%
Rp10.255
0%
Rp10.674
+0.16%
Rp14.144
-0.13%
Rp9.411
-0.24%

Cara Berinvestasi Reksadana Saham Step-by-Step

0 22

Segala sesuatu yang dilakukan dengan pengetahun dan pemahaman pasti akan terasa lebih mudah dan menarik. seperti halnya juga dalam dunia bisnis. Salah satu bisnis yang sedang digeluti saat ini adalah dengan cara melakukan investasi keuangan. Terdapat banyak sekali jenis investasi dan cara / trik / panduan untuk dapat mengembangkan keuangan Anda. Salah satunya cara berinvestasi reksadana saham berikut ini.

Investasi dapat menjadi pegangan hari tua. Dengan investasi dipastikan dapat menjadi masalah finansial Anda untuk masa depan selalu terjaga. Investasi tidak melulu harus dengan modal yang besar, karena saat ini telah banyak sekali instrumen investasi dan juga populer. Salah satunya adalah reksadana. Reksadana dianggap sebagai instrumen investasi yang paling mudah dan cocok bagi seorang investor pemula.

Reksadana tidak membutuhkan modal sebesar saham yang bisa mencapai puluhan juta rupiah. cara berinvestasi reksadana saham sangat mudah, Anda hanya perlu menyetor sejumlah uang sebagai modal kepada pihak professional untuk membeli saham. Jadi Anda hanya harus menentukan jenis reksadana apa yang akan digunakan dan sangat disarankan yang sesuai dengan kebutuhan.

Cara berinvestasi reksadana saham memang perlu diperhatikan karena termasuk salah satu jenis instrumen investasi yang menguntungkan saat ini. Reksadana saham dianggap dapat mendatangkan keuntungan yang lebih besar dalam jangka waktu menengah atau panjang.

Hanya saja tidak banyak orang tahu soal reksadana saham dan cara melakukannya. Berikut penjelasan seputar reksadana saham dan langkah-langkah cara berinvestasi reksadana saham.

Pengertian reksadana saham

Sebelum membahas tentang cara berinvestasi reksadana saham, Anda harus mengetahui dan memahami terlebih dahulu tentang reksadana saham. Karena pengetahuan dan pemahaman merupakan kunci keberhasilan suatu hal yang Anda kerjakan.

Reksadana saham merupakan salah satu jenis instrumen investasi reksadana yang menempatkan proses investasi yang pembelian sahamnya tercatat langsung di Bursa Efek Indonesia dengan hasil keuntungan yang didapat dari kenaikan harga saham yang telah dibeli di bursa.

Adapun manfaat dari reksadana saham antara lain:

  1. Memperoleh keuntungan yang optimal. Return yang bisa didapat mencapai 15% pertahun bahkan 20% pertahun.
  2. Diversifikasi investasi karena portofolio investasi akan tersebar ke berbagai saham.
  3. Pencairan yang mudah dapat dilakukan via online dan membutuhkan 3 sampai 4 hari kerja untuk sampai ke rekening investor. Sehingga Anda tidak perlu repot datang ke kantor.
  4. Telah dikelola langsung oleh manajer investasi yang profesional dan berpengalaman selama puluhan tahun dalam mengelola berbagai portofolio saham.

Cara Berinvestasi Reksadana Saham

Saat melakukan investasi reksadana saham, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan dan siapkan dalam cara berinvestasi reksadana saham antara lain:

#1 Memilih platform

Terdapat banyak sekali platform dalam investasi. Namun dalam reksadana, Anda bisa menggunakan platform reksadana online karena dianggap lebih murah dan juga mudah.

Anda bisa menentukannya dari berbagai platform reksadana online yang juga menjual reksadana dari berbagai manajer investasi. Sehingga Anda akan mempunyai banyak pilihan. Contoh platform reksadana online antara lain Mandiri Investasi, IPOT Indopremier, Bareksa, dan lain sebagainya.

#2 Daftar sebagai anggota

Selanjutnya adalah Anda harus mendaftar diri sebagai investor reksadana saham yang bisa dilakukan secara online atau datang langsung ke kantor.

#3 Deposit dana

Setelah Anda terdaftar sebagai anggota investor reksadana saham, selanjutnya adalah melakukan investasi. Anda bisa langsung melakukannya dengan mendeposit dana melalui rekening dan menjadi efektif untuk berinvestasi.

Sebelum benar-benar melakukan investasi Anda harus sudah sangat yakin dengan pilihan reksadana saham. Sangat dianjurkan untuk memilihnya yang sesuai dengan tujuan keuangan Anda.

Pemilihan ini harus bersifat kritis karena jika Anda salah pilih maka sudah pasti bisa saja mengakibatkan kegagalan dan tujuan keuangan tidak tercapai dengan proses investasi.

#4 Memilih reksadana saham

Anda bisa melihat dan memilih pilihan reksadana saham yang tercantum di platform reksadana. Jika Anda kebingungan saat menentukannya, Anda bisa memilihnya melalui beberapa kriteria reksadana yaitu reksadana terbaik, reksadana tertinggi, atau dana kelolaan.

#5 Membeli reksadana saham

Setelah mempunyai pilihan, langkah selanjutnya adalah membeli saham. Biasanya di berbagai platform reksadana telah tercantum beberapa saham yang bisa Anda beli dan berikut juga dengan keterangannya.

#6 Memonitor

Salah satu hal terpenting dalam investasi adalah cara mengevaluasi kinerjanya. Maka sudah pasti dituntut adanya proses monitoring yang akurat dan juga efektif.

Untuk itu Anda harus mengetahui bagaimana performa tentang investasi yang telah dilakukan, seberapa besar potensi untuk mendapatkan keuntungan atau kerugian, dan hal lain yang menjadi dasar sebuah upaya monitoring.

#7 Menjual

Selanjutnya adalah cara menjual saham. Cara menjual reksadana saham memang tergolong cukup mudah. Seperti yang telah dijelaskan juga bahwa salah satu manfaat reksadana saham adalah proses pencairan dana yang sangat mudah. Untuk menjual reksadana saham terdapat dua pilihan yaitu berdasarkan jumlah unitnya atau nilai uang yang akan dicairkan.

Nah, itulah cara berinvestasi reksadana saham dengan benar. Jadikanlah hal ini dan investasi sebagai suatu hal yang dapat menjamin kesejahteraan masa tua dan masa depan Anda. Karena lain halnya dengan saham, reksadana saham dapat dijadikan sebagai sebuah investasi waktu jangka panjang.

Bahkan bagi Anda yang baru mulai berinvestasi, Anda bisa memulainya dengan hanya 100 ribu rupiah. Maka tidak ada lagi alasan untuk mau melakukan investasi demi keadaan keuangan yang sejahtera di masa depan.

Loading...
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.