Pusat Oleh-Oleh Makanan, Bisnis yang Menguntungkan

0 166

Bisnis pusat oleh-oleh makanan bisa dibilang cukup menggiurkan. Setiap orang yang datang ke suatu kota, sudah menjadi kebiasaan untuk membeli makanan khas daerah tersebut sebagai oleh-oleh bagi teman dan keluarganya. Selain termasuk bisnis yang menguntungkan, pusat oleh-oleh makanan juga mudah dikelola, serta mudah untuk mencari produsen makanan-makanan tersebut yang biasanya ada di kota yang sama.

Pusat oleh-oleh makanan bisa dikategorikan dengan bisnis jenis toko, sehingga anda tinggal mencari pegawai untuk menjaganya sebagai antisipasi karena pekerjaan tetap yang anda miliki.

Target Konsumen

Sebagai salah satu bisnis yang menguntungkan, pusat oleh-oleh makanan menargetkan konsumen semua orang, tidak hanya orang-orang dari luar kota, juga bisa penduduk asli kota tersebut.

Bagaimana Memulai Bisnis Pusat Oleh-oleh Makanan ini?

Untuk memulainya, anda sebaiknya mencari tempat di sekitar perbatasan kota. Tetapi, bisa juga di dalam kota. Hanya saja jika berlokasi di perbatasan kota, keuntungannya adalah jika ada orang yang tergesa-gesa dan belum sempat mendapat oleh-oleh, mereka bisa membeli sambil menempuh perjalanan pulang setelah liburan.

Ruangan yang diperlukan juga tidak cukup luas. Cukup untuk display produk berbagai jenis makanan yang memang tidak terlalu besar. Yang terpenting dalam mendisplay produk adalah kebersihan dan kerapihan agar pembeli tertarik membeli di tempat anda.

Untuk stok makanan, anda bisa mencarinya langsung di tempat produsen atau ke distributor. Sangat disarankan untuk membeli langsung dari produsen karena harganya bisa lebih murah.

Pusat oleh-oleh makanan, salah satu bisnis yang menguntungkan
Pusat oleh-oleh makanan, salah satu bisnis yang menguntungkan

Hambatan

Meskipun termasuk bisnis yang menguntungkan, bukan tidak mungkin bisnis ini ada hambatannya. Beberapa kendala yang bisa terjadi adalah faktor cuaca, persaingan dan masa kadaluarsa makanan yang terlalu cepat.

Apa kunci sukses agar menjadi Bisnis yang Menguntungkan?

Makanan oleh-oleh yang disediakan akan lebih baik jika tidak hanya dari kota tempat anda membuka bisnis tersebut. Tetapi berbagai macam makanan dari kota-kota lainnya dan makanan ringan serta minuman. Semakin banyak pilihan yang diberikan kepada pelanggan, potensi untuk menjadi bisnis yang menguntungkan sangat besar sekali.

Yang harus diperhatikan juga adalah pelayanan yang diberikan oleh pegawai anda dan kebersihan. Dua hal ini sangat penting agar pelanggan bersedia datang kembali ke tempat anda suatu hari nanti, dan bahkan bisa mempromosikan kepada yang lainnya.

Agar bisnis yang menguntungkan ini semakin mendapatkan profit yang luar biasa, anda bisa juga membuat website toko online yang khusus menjual makanan oleh-oleh. Tentu, pangsa pasar akan semakin terbuka lebar dengan adanya toko online anda. Tips menarik seputar bisnis oleh-oleh makanan, cek disini.

Analisis Usaha

Investasi Awal 
Sewa Tempat, Renovasi dan DisplayRp 25.000.000,-
Produk MakananRp 10.000.000,-
TOTALRp 35.000.000,-
Biaya Operasional
Gaji 2 pegawaiRp 1.600.000,-
Pembelian produk & TransportasiRp 15.000.000,-
TOTALRp 16.400.000,-
Omzet per bulanRp 20.000.000,-
Laba per bulanRp 3.600.000,-
Analisis BEP9-11 bulan

Loading...