Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan

5 Peluang Usaha Setelah Pensiun yang Menguntungkan

0 401

Semua orang pasti nantinya akan memasuki masa pensiun, dan ini adalah masa-masa yang krusial dalam hidup seseorang. Kenapa? Karena akan terjadi perubahan gaya hidup di masa pensiun yang seringkali mengakibatkan banyak orang stres, hingga depresi. Utamanya karena masalah finansial. Untuk itu diperlukan usaha yang tak terlalu berisiko di masa ini. Apa saja peluang usaha setelah pensiun yang cocok untuk dijalankan dan menguntungkan?

Ya, permasalahan finansial acapkali menjadi penyebab utama banyak pensiunan yang khawatir untuk memasuki masa-masa ini. Banyak kasus seringkali di masa-masa ini terjadi penurunan penghasilan yang akan membuat cemas karena ketidaan penghasilan utama.

Untuk mengatasi masalah keuangan di masa pensiun, diperlukan usaha / bisnis yang memiliki tingkat risiko rendah dan tak diperlukan mobilitas yang tinggi. Selain itu juga, sebelum memasuki masa-masa tersebut, kita sebaiknya menyiapkan perencanaan keuangan yang matang, investasi untuk dana pensiun dan memiliki penghasilan tambahan di masa pensiun.

Anda bingung usaha setelah pensiun seperti apa yang cocok dijalankan? Berikut 5 peluang usaha setelah pensiun yang bisa menjadi referensi.

1. Usaha Kos-kosan atau Kontrakan

Memiliki usaha kontrakan atau kos-kosan merupakan salah satu yang paling direkomendasikan saat masa purnabakti. Ya, memang diperlukan modal yang lumayan besar untuk memiliki usaha ini.

Oleh karena itu, Anda perlu memiliki persiapan finansial yang matang saat di masa produktif sebelum memasuki masa pensiun. Sebagai contoh, Anda harus memiliki tabungan pensiun yang digunakan untuk membeli beberapa petak tanah / rumah yang nantinya akan disewakan.

Mencicil di masa produktif untuk pembelian tanah / rumah yang akan digunakan sebagai kontrakan / kos-kosan akan jauh lebih murah karena harga tanah akan terus melambung tinggi.

2. Mendirikan Usaha Toko Kelontong

Salah satu peluang usaha setelah pensiun lainnya yang direkomendasikan adalah membuka toko kelontong. Ini adalah satu usaha yang sangat mudah dilakukan dan modalnya bisa disesuaikan. Akan tetapi, diperlukan analisis usaha dan strategi yang tepat agar bisnis toko kelontong Anda bisa berjalan lancar.

Akan ada banyak kompetitor yang juga membuka usaha serupa di sekitar rumah Anda. Jika Anda ingin membuka usaha ini, baca lebih detail tentang Trik Jitu Membuka Usaha Toko Kelontong ini.

3. Memiliki Usaha Agrobisnis

Anda hobi berkebun? Hobi yang sangat cocok untuk mengisi hari-hari di masa pensiun. Eh, ternyata hobi berkebun dan bercocok tanam ini dapat dikembangkan menjadi ladang usaha yang menghasilkan lho.

Jika Anda menjalaninya dengan cukup serius, hobi berkebun seperti pertanian sayur organik, tanaman hias, atau budidaya tanaman hidroponik dapat menghasilkan pemasukan yang lumayan signifikan.

4. Mencoba Usaha Kuliner

Ini salah satu bisnis yang akan terus langgeng dan tak pernah mati di pasaran. Karena setiap orang akan butuh makan dan sebagian besar masyarakat sangat senang dengan aktivitas berkuliner. Terlebih bagi Anda yang memiliki hobi memasak, bisa memanfaatkan peluang usaha ini.

Usaha kuliner dapat dimulai dengan kecil-kecilan tanpa perlu modal besar, seperti membuat jajanan pasar, membuka warung makan, kedai, ataupun yang memiliki modal besar dapat membuka resto atau kafe.

5. Bisnis Peternakan

Bisnis peternakan adalah salah satu usaha setelah pensiun yang sangat cocok dijalankan. Usaha ini tidak membutuhkan waktu yang padat dan bisa dikerjakan dengan fleksibel.

Usaha peternakan sangat beragam dan Anda bisa memilihnya untuk digeluti, mulai dari usaha pembesaran ayam kampung / negeri, budidaya ikan, peternakan kambing, sapi, dan lain sebagainya.

===========

Itulah beberapa jenis usaha setelah pensiun yang kami rekomendasikan untuk dikerjakan mengisi waktu di hari tua Anda. Yang terpenting adalah sebelum memasuki masa purnabakti ini, Anda harus mempersiapkannya dengan baik terutama dari aspek perencanaan keuangan.

Memiliki aktivitas positif di masa pensiun akan senantiasa membuat Anda bahagia dan akan terhindar dari kecemasan, stres, atau depresi. Selamat menikmati masa pensiun yang indah dan menyenangkan!

Loading...
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda terjaga kerahasiaannya.

8 − 4 =

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.