Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.067
+0.15%
Rp15.551
-0.05%
Rp17.553
-0.16%
Rp130
+0.12%
Rp9.620
+0.23%
Rp3.749
+0.17%
Rp1.984
+0.07%
Rp10.237
+0.04%
Rp10.610
-0.04%
Rp14.134
+0.1%
Rp8.906
+0.24%

5 Cara Menambah Penghasilan di Masa Pensiun

0 213

Tidak memiliki perencanaan matang untuk masa pensiun, bisa menjadi hal yang menantang – kalau tak ingin disebut menyedihkan – baik dari segi finansial maupun kesehatan. Jika Anda ingin hidup nyaman selama masa pensiun, penting bagi Anda merencanakan keuangan sebelumnya. Ingin tahu cara menambah penghasilan di masa pensiun? Cek disini.

Merencanakan keuangan pribadi sebelum pensiun memberi Anda kesempatan untuk mencapai kebebasan finansial di masa tua Anda. Ini juga memungkinkan bagi Anda untuk menjaga kesehatan dan kebutuhan lainnya tanpa harus bergantung pada orang lain atau pemerintah.

Jika Anda baru saja pensiun dari layanan aktif atau usia pensiun semakin dekat, dan Anda telah mendambakan kebebasan finansial setelah pensiun, maka membaca artikel ini akan membantu Anda mewujudkan impian.

Pada artikel ini, Anda akan belajar lima cara menambah penghasilan secara efektif di saat pensiun. Berikut kelima cara tersebut.

  • Perencanaan ke Depan dengan Meningkatkan Manfaat Jaminan Sosial Anda

Jaminan sosial (BPJS Ketenagakerjaan, Tunjangan Pensiun Perusahaan, Tunjangan Pensiun PNS, dll) yang Anda miliki dapat direncanakan secara strategis untuk mendukung diri kita selama masa pensiun. Anda dapat meningkatkan manfaat jaminan sosial dengan meningkatkan pembayaran jaminan sosial tersebut.

Pada dasarnya, keuntungan Anda dihitung dengan menggunakan penghasilan tertinggi selama masa aktif Anda. Untuk meningkatkan penghasilan pensiun Anda melalui pendekatan ini, ada dua cara untuk melakukannya. Anda bisa mengadopsi dua metode atau salah satunya.

Pendekatan pertama adalah menghasilkan lebih banyak selama tahun-tahun produktif Anda. Kemudian, yang lainnya adalah menunda klaim jaminan sosila sampai Anda berusia lebih tua sehingga dapat meningkatkan manfaat bulanan. Tunjangan berpotensi meningkat hingga 8% untuk setiap tahun Anda menunda di luar usia pensiun Anda.

  • Pertimbangkan Penghasilan dari Menyewakan Properti

Pendapatan sewa bisa menjadi sumber pemasukan yang baik bagi pensiunan. Anda bisa berinvestasi di real estat atau properti sewa lainnya dalam hal ini. Properti sewa memberi Anda beberapa manfaat pajak karena Anda hanya membayar pajak atas keuntungan yang diperoleh dari pendapatan sewa.

Properti sewa ini bisa memberikan penghasilan bulanan atau tahunan yang cukup besar tergantung pada kesepakatan Anda dengan penyewa.

  • Berinvestasi dalam Saham Dividen

Cara menambah penghasilan di masa pensiun lainnya adalah dengan berinvestasi di saham dividen. Dividen dari investasi saham adalah cara lain pensiunan bisa mendapatkan penghasilan yang nyaman sepanjang sisa hidup mereka.

Penghasilan dari dividen mungkin tidak akan banyak pada awalnya tetapi jika Anda terus menginvestasikan kembali dividen, Anda akan dapat memperoleh penghasilan besar dari investasi tersebut. Hal ini untuk memenuhi kebutuhan Anda setiap hari saat masa pensiun.

  • Mendapatkan Pekerjaan Part-Time

Pensiun tidak berarti Anda lelah. Jika masih kuat dan aktif, Anda dapat mempertimbangkan untuk bekerja paruh waktu sebagai konsultan. Tergantung pada keahlian apa yang dimiliki saat di masa produktif.

Ini benar-benar dapat menambah penghasilan yang layak yang dapat digunakan untuk mendukung gaya hidup selain pendapatan dari tunjangan pensiun. Bekerja paruh waktu juga berdampak positif agar tubuh tetap aktif dan sehat.

  • Membuat Bisnis Online

Saat ini, internet menawarkan banyak peluang bisnis online yang bisa dilakukan dari nyamannya rumah Anda. Anda bisa menjadi seorang konsultan, membantu para pemula untuk memanfaatkan pengalaman Anda di industri saat produktif untuk membangun bisnis mereka sendiri.

Ada pilihan lain untuk Anda yaitu secara online dan offline untuk membangun karir baru untuk diri sendiri. Yang perlu dilakukan adalah menghadiri beberapa minggu atau bulan sesi pelatihan agar bisa memahami keterampilan yang dibutuhkan.

Sebagai kesimpulan, masa pensiun Anda tidak harus ditanggung oleh orang lain. Masa tersebut harus dinikmati. Pensiun adalah periode waktu dalam hidup ketika Anda harus mengunjungi tempat-tempat dan menjelajahi dunia.

Membuat perencanaan cara menambah penghasilan di saat pensiun terlebih dahulu adalah cara pasti untuk menjalani hidup impian Anda saat pensiun.

Sumber Tulisan: www.investopedia.com

Loading...
Sumber www.investopedia.com
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.