Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp13.963
+0.06%
Rp15.663
+0.09%
Rp17.424
-0.4%
Rp129
-0.21%
Rp9.822
-0.43%
Rp3.723
+0.06%
Rp2.029
+0.1%
Rp10.255
0%
Rp10.674
+0.16%
Rp14.144
-0.13%
Rp9.411
-0.24%

Tips Memilih Situs Jual Beli Saham yang Terpercaya dan Aman

0 65

Memilih situs jual beli saham memang harus berhati-hati terutama apabila anda seorang pemula. Hal ini tidak lain apabila anda salah dalam memilih maka bisa merugikan diri Anda sendiri. Mengingat tidak semua situs yang Anda temukan di internet bisa dipercaya begitu saja.

Perdagangan dari jual beli saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) sendiri memang dilakukan dengan otomatis dengan memanfaatkan sistem jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lain. Apabila anda sedang mencari tempat jual beli saham, berikut ini tips memilih situs jual beli saham yang aman dan terpercaya.

Tips memilih situs jual beli saham

Sebelum anda menyesal di kemudian hari, memang ada banyak hal yang mesti diperhatikan dengan baik-baik ketika memilih website jual beli saham tersebut. Buat Anda yang tidak ingin rugi, berikut ini tips memilih situs jual beli saham yang aman dan terpercaya untuk Anda.

Carilah situs yang terpercaya dan memiliki reputasi yang bagus

Tips pertama yang wajib anda ketahui adalah dengan memastikan apabila website yang Anda pilih untuk jual beli saham tersebut sudah terpercaya dan mempunyai reputasi yang bagus. Inilah mengapa Anda tidak boleh asal dalam memilihnya.

Perusahaan yang sudah terpercaya dan berpengalaman biasanya akan mempunyai testimony atau penilaian yang positif dari para anggotanya. Jika ternyata situs yang dipilih mempunyai reputasi buruk bagi nasabahnya, sebaiknya tidak coba-coba untuk melakukan pendaftaran pada situs tersebut.

Memiliki layanan dan fasilitas yang lengkap

Sebenarnya cukup mudah untuk mengetahui apakah situs yang anda pilih tersebut bisa dipercaya ataukah tidak yakni melalui layanan dan fasilitas yang ditawarkan. Selain itu juga bisa anda lihat dari situs yang dimilikinya.

Situs yang terpercaya dan profesional tentu memiliki tampilan situs yang terlihat profesional. Umumnya juga ramah untuk diakses baik itu melalui ponsel ataupun perangkat komputer. Selain itu, fasilitas yang terdapat didalamnya juga sangat lengkap dimana tersedia fitur menu yang dibutuhkan.

Memberikan kemudahan bagi para anggotanya juga bisa menjadi salah satu cara untuk menilai apakah situs jual beli saham yang dipilih bisa dipercaya atau tidak.

Segera buat rekening saham

Apabila Anda sudah mengetahui tips memilih situs jual beli saham, maka selanjutnya bisa segera membuka rekening saham. Anda tidak akan bisa melakukan jual beli saham apabila tidak melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Biasanya untuk pembukaan rekening baru ini, Anda bisa mengeluarkan uang minimal 5 juta.

Data-data yang dibutuhkan dalam melakukan pendaftaran saham ini adalah copy identitas, data usaha atau pekerjaan, data alamat tempat tinggal, copy buku rekening tabungan, hingga data warisan.

Pilihlah jenis saham yang tepat

Apabila Anda sudah melakukan pendaftaran rekening saham, langkah yang selanjutnya adalah dengan memilih saham yang benar-benar akan dibeli. Hal ini bertujuan agar Anda bisa membeli saham pemenang atau saham yang mampu memberikan keuntungan maksimal.

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli saham, maka ada baiknya untuk melakukan analisis terlebih dahulu mengenai kondisi perusahaan yang bersangkutan. Cari tahu apakah perusahaan yang dipilih tersebut dalam keadaan sehat, mengalami perkembangan hingga menghasilkan keuntungan atau tidak.

Tak hanya itu saja, Anda mungkin juga akan butuh untuk melihat grafik harga saham. Untuk mengetahui apakah Anda akan membeli saham sekarang juga ataukah tidak.

Segera melakukan beli saham

Jika Anda sudah melakukan beberapa riset diatas, maka langkah berikutnya yang harus dilakukan di dalam situs jual beli saham adalah dengan membeli saham tersebut.

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk melakukan pembelian saham tersebut yakni melalui broker ataukah langsung melakukan pembelian secara online dengan menggunakan sistem trading saham online.

Bagi Anda yang berkeinginan untuk membeli saham melalui broker, sebaiknya Anda mencari kantor broker ataupun melakukan pembelian via telepon. Jika anda menggunakan trading saham online system, maka Anda bisa mencari situs yang menawarkan fasilitas ini di internet.

Cobalah untuk menjual saham

Masih ada cara lainnya yang bisa digunakan untuk memilih situs jual beli saham yakni dengan memastikan apakah situs yang dipilih tersebut memberikan kemudahan bagi Anda untuk melakukan jual saham. Jika Anda seorang trader / investor pemula, maka setelah Anda melakukan pembelian saham cobalah untuk melakukan penjualan saham.

Ketika anda akan melakukan penjualan saham inilah, Anda juga harus berhati-hati dan tetap memantau bagaimana pergerakan harga saham yang berasal dari saham-saham yang telah dibeli. Apabila harga saham yang dibeli mengalami peningkatan, Anda bisa segera mempertimbangkan untuk menjual saham tersebut.

Di dalam bursa, istilah yang satu ini dikenal dengan sebutan take profit atau profit taking. Anda bisa segera menjual saham yang baru saja dibeli tersebut apabila saham terus mengalami pergerakan. Istilah yang satu ini dikenal dengan sebutan day trade atau day trading saham.

Demikian tips memilih situs jual beli saham yang wajib diketahui agar Anda bisa mendapatkan kesuksesan dalam melakukan trading saham. Tak hanya itu saja, melakukan jual beli saham ternyata juga akan memberikan keuntungan lainnya.

Diantaranya, Anda bisa mendapatkan dividen secara tunai, adanya saham bonus yang ditawarkan dalam jumlah yang bervariasi. Dengan membagikan saham bonus inilah, perusahaan tidak akan mengurangi jumlah kas yang dimiliki.

Loading...
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.