Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp13.963
+0.06%
Rp15.663
+0.09%
Rp17.424
-0.4%
Rp129
-0.21%
Rp9.822
-0.43%
Rp3.723
+0.06%
Rp2.029
+0.1%
Rp10.255
0%
Rp10.674
+0.16%
Rp14.144
-0.13%
Rp9.411
-0.24%

Cara Mendaftar Saham Online Lengkap dan Mudah

0 65

Cara mendaftar saham online belum banyak diketahui oleh beberapa orang, terutama masyarakat yang masih awam dalam bidang jual beli saham baik itu secara online maupun offline. Padahal, investasi saham merupakan salah satu dari sekian jenis investasi yang menguntungkan daripada yang lainnya.

Dengan mendaftar saham secara online, tentunya Anda akan mendapatkan keuntungan yang tinggi dengan berbagai kepraktisan dan kemudahan yang bisa diakses cukup melalui internet saja. Oleh sebab itu, disini akan membahas cara mendaftar saham online secara lengkap.

Mengenal dan Memulai Cara Mendaftar Saham Online

Tidak akan habis rasanya jika membicarakan mengenai investasi. Investasi banyak sekali jenisnya yang bisa Anda pilih. Akan tetapi, investasi saham merupakan salah satu bentuk investasi yang menarik dan menguntungkan. Hal ini disebabkan saham merupakan salah satu jenis investasi yang akan memberikan hasil yang besar dengan waktu yang bisa dikatakan relatif singkat.

Oleh sebab itu, kini cara mendaftar saham online perlu untuk diketahui agar bisa mendapatkan keuntungan tersebut. Saham online akan memberikan kepraktisan kepada para investornya.

Jika Anda ingin terjun ke dunia saham dan menjadi seorang investor, tentunya ada beberapa hal yang perlu untuk Anda ketahui agar bisa dengan mudah mencapai tujuan sebagai investor saham online yang sukses. Misalnya saja, dari mulai hal yang mendasar seperti bagaimana cara mendaftar, cara melakukan investasi, dan masih banyak lagi.

Investasi dan Cara Mendaftar Saham Online Serta Keuntungannya

Investasi saham online artinya Anda bisa melakukan proses pembelian dan penjualan saham hanya melalui internet saja yang bisa dioperasikan dari handphone atau gadget lainnya.

Dalam bermain saham secara online, artinya Anda akan melakukan jual beli saham secara online dengan menggunakan software online trading.

Keuntungan yang akan didapatkan oleh para investor saham online sangat banyak. Akan tetapi, yang umum didapatkan adalah dua jenis, yaitu selisih harga jual beli saham dan keuntungan dividen perusahaan. Para investor saham biasanya mengejar keuntungan pada selisih harga jual beli saham.

Ini berarti jika Anda membeli saham pada saat harga rendah dan kemudian menjualnya pada saat harga tinggi tentunya akan mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Langkah-Langkah Mendaftar Saham Secara Online

#1 Membuka Rekening Saham

Tentunya jika Anda ingin terjun ke dunia saham online, terlebih dahulu Anda harus memiliki rekening dan terdaftar sebagai nasabah dari suatu sekuritas. Perusahaan sekuritas yang bisa digunakan adalah yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan kemudian menjadi nasabah dari salah satu broker tersebut.

Jika Anda ingin melakukannya secara online, pastikan broker Anda memiliki software untuk online trading yang mumpuni. Disini, Anda akan melakukan proses pengisian data seperti pengisian formulir identitas dan pelaporan berkas-berkas lainnya. (Baca Juga: Broker Penyedia Trading Saham Online Terbaik)

#2 Deposit Dana

Jika rekening saham Anda sudah selesai (biasanya 1-2 minggu) maka akan diminta untuk konfirmasi rekening tersebut via email. Disini, Anda akan mendapatkan informasi seperti username, password, PIN, serta nomor Rekening Dana Investor (RDI).

Kemudian, Anda akan diminta untuk mendepositokan dana sesuai dengan nominal minimal yang telah ditentukan oleh broker. RDI merupakan suatu dompet digital yang digunakan untuk menyimpan dana yang digunakan untuk membeli saham. Untuk depositnya, Anda bisa transfer melalui Bank, ATM, atau menggunakan Internet Banking.

#3 Memasang (Install) Software Online Trading

Unduh dan pasang software untuk online trading yang disediakan oleh broker tempat Anda membuka rekening. Biasanya, software ini tersedia dalam beberapa versi yang bisa digunakan dalam versi komputer dan juga mobile. Hal ini tinggal Anda pilih sesuai kebutuhan saja.

Software tersebut biasanya gratis. Anda bisa melakukan login dengan cara memasukkan nama dan juga password yang sudah diberikan. Kemudian, Anda akan diminta untuk mengisi PIN keamanan. Isi PIN dengan benar agar Anda bisa masuk ke dalam halaman software tersebut.

#4 Lakukan Jual Beli Saham Secara Online dengan Software

Ketika sudah selesai melakukan login pada software tersebut, maka Anda akan menjumpai menu untuk melakukan jual beli saham. Jangan lupa untuk memasukkan PIN karena PIN ini penting agar transaksi saham bisa berlangsung dengan baik.

Pilih menu Beli Saham (Buy) untuk melakukan pembelian saham. Kemudian, masukkan kode saham yang ingin Anda beli. Biasanya, saham tersebut memiliki 4 kode huruf yang bisa untuk Anda gunakan. Masukkan harga atau nominal saham yang ingin Anda beli dan slotnya. Biasanya, pembelian minimal untuk saham adalah 1 lot (100 lembar). Lalu, klik tombol Send.

Untuk melakukan penjualan saham melalui software tersebut juga cukup mudah karena Anda hanya tinggal memilih menu Sell (Jual). Setelah itu, ikuti prosedurnya dan pilih saham mana dan nominal yang ingin Anda jual. Jika Anda mendapatkan keuntungan dari penjualan saham tersebut, maka keuntungan itu akan masuk ke dalam saldo rekening saham Anda.

Strategi yang Harus Dipelajari dari Mulai Cara Mendaftar Saham Online Hingga Investasi

Dalam melakukan investasi saham online, tentunya Anda merasa akan mendapatkan banyak keuntungan disebabkan berbagai kemudahan yang akan didapatkan. Akan tetapi, ada baiknya Anda mempelajari strategi apa saja yang tepat dan harus dilakukan dalam melakukan investasi saham online. Hal ini dilakukan mulai dari mendaftar saham, memilih saham, dan menentukan kapan waktu yang tepat untuk melakukan jual beli saham.

Dengan melakukan investasi saham secara online, Anda akan diberikan kemudahan untuk bisa mengecek kapan harga saham sedang naik atau turun hanya melalui gadget yang terkoneksi dengan internet. Tentunya hal ini akan memberikan Anda kemudahan karena bisa melakukan jual-beli saham kapanpun dan dimanapun.

Ketika harga saham sedang turun atau naik, Anda bisa mengetahui hanya melalui software saja. Software ini juga mudah untuk digunakan dan dipahami. Ketika harga saham sedang turun, Anda bisa melakukan pembelian saham.

Kemudian, ketika harga saham sedang naik, maka Anda bisa melakukan penjualan saham agar mendapatkan keuntungan maksimal dan bisa langsung dilakukan secara online. Nah, itu dia penjelasan mengenai cara mendaftar saham online agar memberikan keuntungan untuk Anda.

Loading...
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.