Peluang Usaha Toko Seragam & Tas Sekolah

0 4.364

Bisnis ini akan booming ketika musim tahun ajaran baru tiba. Kebutuhannya bahkan bisa meningkat ratusan persen dari yang biasanya. Modal yang dibutuhkan pun tidak mencapai ratusan juta rupiah jika ingin memulai bisnis toko seragam dan tas sekolah. Selain itu, mudah dalam pengelolaan dan keuntungan yang diraih cukup besar.

Bagi anda yang sudah memiliki pekerjaan tetap, anda bisa menggaji beberapa pegawai sebagai penjaga toko agar bisnis dan pekerjaan anda terus bisa berjalan.

Target Konsumen

Toko seragam dan tas sekolah menargetkan konsumen siswa sekolah dari jenjang SD hingga SMA.


Bagaimana Memulai Bisnis Toko Seragam dan Tas Sekolah?


Untuk memulai bisnis ini, hampir sama dengan bisnis yang berbasis toko lainnya, seperti peluang usaha toko komputer yaitu memiliki tempat. Kemudian, anda harus menyiapkan peralatan lainnya, seperti tempat display, rak, dan lain-lain.

Untuk mendapatkan seragam sekolah, anda bisa mencarinya di toko khusus kulakan yang menjual seragam dengan harga grosir, misalnya di Pasar Jatinegara Mester atau toko-toko sejenis. Ada baiknya, anda menambah jumlah produk yang dijual dengan berbagai macam alat tulis.

Tantangan & Hambatan

Bisnis ini memiliki pasang surut seperti halnya bisnis toko buku pelajaran. Pada saat tahun ajaran baru saja booming, dan omzetnya bisa jutaan rupiah per bulan. Dan jika bulan-bulan biasa, penjualan bisa jadi agak menurun.


Kunci Sukses Peluang Bisnis Toko Seragam & Tas sekolah


Sebagai antisipasi jika masanya adalah bukan menjelang tahun ajaran baru, sebaiknya anda juga menjual produk lain yang tidak tergantung tahun ajaran baru seperti, alat tulis, mainan, dan lain sebagainya.

Bekerja sama dengan pihak sekolah juga bisa menjadi alternatif tersendiri. Misalkan, anda sanggup menyediakan seragam berbagai ukuran atau menyediakan kainnya saja, dengan memberikan 2,5% sampai 5% hasil usaha anda kepada pihak sekolah. Kerjasama ini akan saling menguntungkan. Sebagai pengusaha, anda mendapatkan pelanggan tetap setiap tahun ajaran baru, dan juga pihak sekolah mendapatkan keuntungan dari hasil pendapatan anda.

Cara lain agar usaha anda bisa lebih sukses adalah dengan menjual produk seragam dan tas sekolah secara online juga. Anda bisa membuat toko online sendiri dengan memiliki website, ataupun menjual di berbagai marketplace yang telah tersedia, seperti Bukalapak, Lazada, Elevania, Tokopedia, dan lain-lain.

Analisis Usaha

Investasi Awal* 
RenovasiRp 3.000.000,-
Membeli ProdukRp 15.000.000,-
TOTALRp 18.000.000,-
Biaya Operasional / Tahun
Gaji PegawaiRp 21.600.000,-
Pembelian produkRp 50.000.000,-
TOTALRp 71.600.000,-
Omzet per tahunRp 100.000.000,-
Laba per tahunRp 28.400.000,-

Loading...