Bisnis Game Center, Prospek Cerah untuk Jangka Panjang

0 1.574

Bisnis game center menjamur di tiap kota beberapa waktu belakangan ini. Para maniak game seperti dimanjakan dengan game online yang bisa membuat mereka bermain bersama gamers lain dari seluruh dunia. Untuk belasan tahun ke depan, bisnis ini masih menjanjikan. Keuntungan yang didapatkan per bulannya juga melimpah. Dan yang paling penting, konsumennya sangat banyak sementara bisnis game center yang ada masih terlalu sedikit.

Bisnis game center termasuk bisnis yang cukup besar dan tingkat kesulitan relatif sedang dalam segi pengelolaan. Hal ini disebabkan bisnis game center ini buka 24 jam dan membutuhkan pengetahuan di bidang komputer, jaringan, dan game. Untuk mengatasi hal tersebut, anda harus memiliki pegawai untuk mengelolanya.

Target Konsumen

Konsumen utama dalam bisnis ini biasanya siswa SMP/SMA dan mahasiswa yang maniak game online. Bisa juga masyarakat umum penyuka game online.

Bagaimana Memulai Bisnis Game Center ini?

Pastinya, bisnis game center ini sangat membutuhkan tempat yang nyaman dan luas. Ukuran luas yang dibutuhkan sekitar 200 meter persegi untuk sekitar 25 komputer. Jika tempat itu sudah tersedia, anda bisa segera mencari komputer sambil merenovasi tempat. Game center berbeda dengan warnet sehingga tidak butuh ruangan khusus untuk menjaga privasi. Bahkan, terkadang para gamers lebih senang terbuka karena bisa melihat permainan teman-teman yang datang bersamanya.

Begitu semua hal sudah disiapkan, anda bisa menghubungi penyedia layanan jaringan internet yang bisa dipatok antara harga 3 jutaa sampai 10 juta rupiah per bulan. Biaya tersebut belum termasuk pemasangan jaringan di tempat usaha anda.

Peluang bisnis game center di Indonesia
Peluang bisnis game center di Indonesia

Tantangan dan Hambatan

Bisa dikatakan dalam bisnis ini tidak terdapat hambatan, terkecuali modal yang besar. Tantangan yang mungkin hadir adalah keberadaan dari kompetitor usaha sejenis.

Kunci Sukses Bisnis ini

Tempat anda harus nyaman dari semua lini, yaitu kursi, ruangan, pelayanan, dan juga spesifikasi komputer yang disediakan. Untuk ruangan, sebaiknya menggunakan beberapa AC karena meskipun hanya duduk, main game tetap membutuhkan konsentrasi tinggi. Kemudian, kursi yang disediakan haruslah ergonomis dan nyaman agar betah duduk berlama-lama dalam bermain game. Sedangkan untuk pelayanan, anda bisa juga menjual soft drink serta makanan ringan yang bisa dipesan sewaktu-waktu oleh pelanggan. Contoh bisnis ini yang telah sukses, klik disini.

Analisis Usaha

Investasi Awal* 
Renovasi Ruangan dllRp 10.000.000,-
KomputerRp 75.000.000,-
Pemasangan JaringanRp 15.000.000,-
TOTALRp 100.000.000,-
Biaya Operasional
Langganan jaringan internetRp 5.000.000,-
Gaji PegawaiRp 4.800.000,-
ListrikRp 1.200.000,-
Makanan & MinumanRp 1.000.000,-
TOTALRp 12.000.000,-
Omzet per bulanRp 20.000.000,-
Laba per bulanRp 8.000.000,-
Analisis BEP1,2 tahun

* Diluar biaya sewa tempat

Loading...