Kamus Investasi (S-U)

0 52

Saham Biasa (Common Stock)

Bukti kepemilikan dalam suatu perusahaan, dimana pemilik saham biasa memiliki hak untuk menerima dividen, mengambil suara dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), dan jika memungkinkan ikut serta dalam manajemen perusahaan.

Saham Asing (Foreign Stock)

Saham yang diterbitkan oleh perusahaan, pemerintah, atau badan pemerintah asing.

Saham Istimewa (Preferred Stock)

Saham yang membagi dividen dengan persentase tertentu dan memiliki hak atas pembagian dividen dan likuidasi aset yang mendahului dari hak yang diterima oleh pemegang saham biasa.

S&P 500

Indeks yang disusun berdasarkan nilai pasa dari 500 saham biasa yang digunakan untuk mengukur pergerakan saham di bursa.

SEC (Securities and Exchange Commision)

Suatu badan pengawas pasar modal di Amerika Serikat yang didirikan berdasarkan Undang-Undang Perdagangan Surat Berharga tahun 1934, yang bertujuan meningkatkan keterbukaan informasi kepada publik dan melindungi masyarakat pemodal terhadap praktek-praktek yang merugikan pasar modal.

Surat Berharga Konversi

Surat berharga yang diterbitkan oleh suatu perusahaan, seperti saham istimewa dan obligasi konversi yang dapat ditukarkan dengan surat berharga lainnya, umumnya ditukar menjadi saham biasa.

Surat Hutang (Debt Security)

Surat berharga yang menggambarkan suatu pinjaman yang harus dilunasi oleh peminjam di masa yang akan datang atau tanggal tertentu setelah penerbitan surat hutang tersebut.

Tanggal Call (Call Date)

Tanggal pelunasan obligasi oleh penerbit sebelum jatuh waktu.

Tanggal Jatuh Waktu (Maturity Date)

Suatu tanggal dimana pokok dari surat hutang harus dilunasi (jatuh tempo)

Total Return

Hasil dari suatu investasi selama periode tertentu, termasuk di dalam kenaikan nilai pasar pokok investasi (capital appreciation), dividen dan bunga, serta keuntungan penjualan aset (capital gain)

Treasuries

Surat hutang yang diterbitkan oleh Pemerintah Pusat Amerika Serikat dan diterbitkan dengan berbagai tanggal jatuh waktu (maturities)

Treasury Bills

Surat berharga jangka pendek yang diterbitkan oleh Pemerintah Pusat AS dengan periode jatuh waktu tidak lebih dari satu tahun, dengan denominasi minimum $10.000 dan dijual dengan harga diskon dari nilai pokoknya.

Treasury Bonds

Surat hutang jangka panjang yang diterbitkan oleh Pemerintah Pusat AS dengan jangka waktu 10 tahun atau lebih dan dengan denominasi minimum $1.000

Treasury Notes

Surat berharga jangka menengah dengan periode jatuh waktu dari satu tahun sampai dengan 10 tahun dan dengan denominasi antara $1.000 hingga $1 juta lebih.

Underperform

Suatu rekomendasi yang sering digunakan oleh broker untuk suatu saham, yang berarti bahwa saham tersebut diperkirakan akan lebih jelek kinerjanya.

Undersubscribed

Jika jumlah permintaan terhadap saham IPO lebih rendah daripada saham yang akan diterbitkan. Hal ini kadang disebut juga dengan underbooking. Lawan dari undersubscribe adalah oversubscribe.

Undervalue

Saham atau surat berharga yang diperdagangkan dengan harga di bawah harga wajar.

Underwriting

Bank investasi bertindak atas nama perusahaan atau pemerintah menerbitkan surat-surat berharga, mencari / mengumpulkan modal investasi dari para investor. IPO (penawaran saham perdana) suatu perusahaan dibawa oleh underwriter (penjamin emisi efek)

Unrealized Gain

Keuntungan yang timbul akibat memegang suatu aset, namun tidak menguangkan / merealisasikan keuntungan tersebut. Contohnya, jika Anda memiliki saham yang harganya mengalami peningkatan 2x dari harga pembelian, namun Anda tidak menjual saham tersebut. Hal ini yang disebut sebagai keuntungan yang tidak terealisasi.

Unrealized Loss

Kerugian yang timbul akibat memegang suatu aset, namun tidak menguangkan / merealisasikan kerugian tersebut. Contohnya, jika Anda memiliki saham yang harganya mengalami penurunan 50% dari harga pembelian, tetapi Anda tidak menjualnya. Hal ini yang disebut sebagai kerugian yang tidak terealisasi.

Unsecured Loan

Pinjaman bank yang diberikan kepada peminjam hanya berdasarkan nama baik peminjam dan tidak ditutup dengan jaminan.

Unsystematic Risk

Terkadang disebut juga risiko spesifik yaitu risiko yang memiliki pengaruh terbatas. Contohnya adalah adanya pemogokan mendadak yang dilakukan oleh karyawan suatu perusahaan akan mempengaruhi harga saham perusahaan tersebut.

Upside

Jumlah peningkatan potensial yang mungkin terjadi pada pasar atau harga saham. Pada dasarnya upside adalah perkiraan seberapa besar suatu saham mengalami peningkatan harga di masa depan.

Loading...