PortalInvestasi.com
Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan

Psikologi Trading Saham: Keserakahan dan Ketakutan

0 40

Keserakahan (greed) dan ketakutan (fear) adalah faktor psikologi trading saham yang berperan besar. Kedua emosi ini adalah kekuatan pendorong di belakang hampir semua pelaku pasar – manajer investasi, pialang / broker saham, investor, trader dan diri Anda sendiri.

Anda mungkin mengatakan kepada diri sendiri bahwa keserakahan dan ketakutan tidak akan pernah menghalangi trading saham saya, tetapi percaya atau tidak aspek psikologi trading saham ini akan mempengaruhi perdagangan saham Anda.

Ini bukan sesuatu yang harus dipermalukan. Itu adalah sesuatu yang Anda harus akui, hadapi dengan baik, Jika Anda ingin menjadi trader saham yang sukses atau investor sukses.

Seperti apa keserakahan (greed) dan ketakutan (fear) di arena perdagangan pasar saham?

Anda telah melihat saham tertentu untuk beberapa waktu. Ini telah diatur dengan sempurna, jadi Anda menarik pelatuknya. Anda membelinya dengan harga yang sempurna dan sekarang bergerak lebih tinggi seperti yang Anda kira.

Sekarang keserakahan perlahan mulai menghampiri dan berkata kepada Anda, ini akan menjadi kapal roket. Jadi Anda membeli beberapa saham lagi. Atau saham Anda bergerak beberapa poin dan melewati harga yang Anda putuskan untuk keluar. Keserakahan memberi tahu Anda bahwa bayi ini akan semakin tinggi besok sehingga Anda bertahan.

Ketika saham membuat pergerakan kuat ke keserakahan dari semua pelaku pasar kumulatif bergabung dengan pergerakan tersebut.

Harga saham biasanya turun lebih cepat saat naik, dan ketika ini terjadi, ketakutan sekarang melangkah menghampiri.

Mari kita lihat contoh di atas, saat saham Anda melewati harga keluar dan Anda bertahan karena keserakahan ada di pihak Anda. Keesokan paginya harga sahamnya turun. Mereka menjual banyak sepanjang pagi. Keserakahan menyuruh Anda bertahan di sana menunggu harganya akan kembali.

Harga terus turun, sekarang ketakutan mulai menghampiri. Ketakutan sekarang ada di sisimu, tetapi sekarang sudah terlambat, keuntungan Anda yang awalnya sangat bagus telah berubah menjadi kerugian.

Semua orang melewati ini sampai mereka menguasai wajah buruk psikologi trading saham yaitu keserakahan dan ketakutan. Menguasai kedua aspek ini maka Anda sedang dalam perjalanan untuk menjadi trader saham yang sukses.

Loading...
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.
Loading...