Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.073
+0.34%
Rp15.482
+0.45%
Rp18.072
+0.21%
Rp130
+0.25%
Rp9.536
+1.12%
Rp3.752
+0.34%
Rp2.005
+0.3%
Rp10.323
+0.36%
Rp10.611
+0.45%
Rp14.227
+0.25%
Rp8.973
+0.72%

Yuk Buat Anggaran Keuangan Sendiri

0 56

Anggaran pada dasarnya suatu rencana terhadap pengelolaan uang dan menguraikan tujuan keuangan Anda. Dengan memiliki anggaran, Anda juga dapat membangun dan mengatur uang. Selain itu, Anda dapat menetapkan dan mencapai tujuan keuangan, serta membuat keputusan terlebih dahulu bagaimana keuangan berfungsi dengan baik untuk Anda.

Gagasan utama dalam penganggaran bagi Anda adalah menyisihkan sejumlah uang untuk kebutuhan yang dapat diperkirakan serta biaya tak terduga. Sederhananya, penganggaran berarti perkiraan biaya rumah tangga bulanan mendasarkan pada biaya sebelumnya dan tagihan.

Langkah awal untuk membuat anggaran adalah mencari tahu berapa besar biaya bulanan Anda sebelumnya. Tentukan biaya tetap seperti cicilan mobil, rumah sewa, asuransi, dll. Selain itu, menindaklanjuti pengeluaran secara menyeluruh selama sebulan sehingga  mengerti ke mana uang Anda akan pergi. Melalui pemahaman yang baik terhadap “pola belanja”, Anda segera dapat mengidentifikasi solusi untuk penganggaran yang efektif. Misalnya, ketika Anda memiliki pendapatan bulanan tetap sebesar 5 juta rupiah, Anda harus mengurangi semua tagihan bulanan dari pendapatan itu.

Tagihan lainnya dapat dijumlahkan dan kemudian dikurangkan dari jumlah penghasilan Anda. Saldo yang tersisa setelah biaya tetap sekarang merupakan anggaran dalam rumah tangga. Daripada mengalokasikan uang untuk lain-lain seperti gas, hiburan pakaian, dan bahan makanan, perencanaan keuangan akan memungkinkan Anda untuk menginvestasikan uang tersebut.

Solusi terbaik agar sukses dalam penganggaran adalah tidak fleksibel serta fleksibilitas. Di satu sisi ada biaya tetap sehingga sisi lain, yakni pembayaran harus merupakan faktor fleksibel.

Berikut adalah tips untuk membuat anggaran:

  • Memiliki itikad yang baik untuk memanajemen uang. Sikap Anda sangat penting dalam mencapai kesepakatan dan kompromi. Artinya Anda mengerti untuk mengurangi pengeluaran, itu semua melibatkan banyak pengorbanan.
  • Rencanakan situasi Anda. Membuat daftar penghasilan Anda ke satu sisi dan pengeluaran di sisi lain.
  • Tahu perbedaan antara kemewahan dan kebutuhan. Buat daftar apa yang diyakini sebagai barang mewah dan kebutuhan.
  • Praktek berhemat tetapi dengan martabat. Anda bisa bersenang-senang dengan pengeluaran sedikit atau tanpa sama sekali. Daripada pergi berbelanja, lebih baik bermain dengan anak-anak di pantai atau di taman.

Penganggaran adalah alat yang efektif dan mendasar yang semua orang bisa lakukan. Pertimbangkan itu dan dapatkan manfaat dari membuat anggaran rumah tangga Anda sendiri.

(CAA)

Loading...