Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Bitcoin (BTC)
Rp95.947.618
-0.21%
Ethereum (ETH)
Rp3.414.789
-2.74%
Litecoin (LTC)
Rp846.026
-3.88%
DigitalCash (DASH)
Rp2.858.040
-2.77%
Monero (XMR)
Rp1.709.807
-2.48%
Nxt (NXT)
Rp1.036
-1.81%
Ethereum Classic (ETC)
Rp159.595
+0.68%
Dogecoin (DOGE)
Rp84
-1.87%
ZCash (ZEC)
Rp1.837.174
-1.89%
Bitshares (BTS)
Rp1.707
-4.48%
DigiByte (DGB)
Rp364
-7.02%
Ripple (XRP)
Rp7.729
0%
BitcoinDark (BTCD)
Rp290.436
-2.85%
PeerCoin (PPC)
Rp16.307
+3.76%
CraigsCoin (CRAIG)
Rp18
+0.38%

10 Tips Hemat Uang agar Tercapai Tujuan Finansial

0 63

Bila Anda berfokus untuk mencapai tujuan keuangan Anda, penting untuk menemukan cara menghemat uang sesuai anggaran Anda. Semakin banyak yang bisa dihemat, semakin cepat Anda bisa mencapai tujuan finansial yang telah ditetapkan sebelumnya. Berikut 10 tips hemat uang yang paling mudah dilakukan.

Tips ini akan membantu membuat penghematan semudah mungkin. Dengan menerapkan tips hemat uang ini akan memudahkan Anda menghemat uang untuk pengeluaran sehari-hari tanpa terlalu banyak usaha. Hal ini dilakukan untuk membantu Anda mencapai tujuan keuangan / finansial.

Setidaknya, Anda bisa menerapkan salah satu atau beberapa dari sepuluh tips hemat uang berikut:

1. Menggunakan Aplikasi untuk Menghemat Uang

Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk belanja online dari rumah yang akan membantu Anda menghemat uang. Memasang aplikasi tersebut dan kemudian mengecek sebelum melakukan pembelian bisa menghemat waktu.

Ada beragam aplikasi yang menawarkan fitur-fitur untuk membantu menghemat uang seperti memberikan potongan harga pada makanan yang akan dibeli.

Ada juga aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk menemukan penawaran bagus di restoran lokal atau aktivitas lainnya. Hal ini memudahkan menghemat uang untuk hal-hal yang sudah dilakukan dan merencanakan penghematan untuk rutinitas sehari-hari.

2. Mengganti ke Uang Tunai untuk Pengeluaran

Strategi lain yang bisa dilakukan dalam menghemat uang adalah dengan membayar uang tunai untuk pengeluaran harian Anda. Banyak orang tidak berhenti memikirkan uang yang mereka keluarkan saat mereka menggesek kartu debit atau kartu kredit.

Meskipun nyaman, ini akan membuat Anda terhindar dari memikirkan berapa banyak uang yang sebenarnya sudah dihabiskan. Menggunakan uang tunai memiliki dua keuntungan.

Pertama, ini membuat Anda lebih sadar akan berapa banyak yang telah dibelanjakan karena Anda perlu menghitung berapa yang harus diberikan kepada kasir. Kedua, itu bertindak sebagai cara untuk menghentikan pengeluaran berlebihan karena Anda tidak dapat membelanjakan uang yang tidak dimiliki.

Agar strategi ini berhasil, Anda tidak dapat menggunakan kartu debit atau kartu kredit. Anda mungkin ingin meninggalkan kartu tersebut di rumah saat berbelanja.

3. Batasi Berbelanja di Minimarket / Supermarket

Ada perbedaan harga yang sangat besar tergantung dimana Anda berbelanja. Jika ada kenyamanan yang ditawarkan pada sebuah store, harganya cenderung lebih mahal untuk beberapa item barang.

Misalnya, minuman bersoda akan jauh lebih mahal di store-store tertentu. Di toko kelontong, mungkin Anda bisa mendapatkan harga yang jauh lebih murah. Perbandingan yang serupa dapat dilakukan dengan minum kopi atau makan di luar sebaiknya dibatasi, dan mulai menyiapkan makanan di rumah.

4. Hemat Pengeluaran / Tagihan Rutin Anda

Banyak orang beranggapan bahwa tidak banyak yang bisa dilakukan untuk menghemat tagihan rutin seperti, tagihan listrik, air, TV kabel, telepon, internet, dll.

Ada strategi penghematan uang yang bisa digunakan untuk menurunkan biaya-biaya utilitas tersebut. Misalkan, Anda bisa menghemat biaya dengan tidak menggunakan TV kabel, mengganti paket internet dengan sistem Bundling, atau strategi penghematan lainnya.

5. Berhenti Membayar Bunga

Salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan jika ingin mencapai tujuan keuangan adalah dengan berhenti membayar bunga setiap bulan. Jika Anda berusaha untuk keluar dari hutang, Anda dapat mencoba mengurangi jumlah yang harus dibayar.

Hubungi perusahaan kartu kredit untuk melihat apakah mereka dapat menawarkan suku bunga yang lebih rendah. Anda juga dapat mentransfer saldo ke kartu kredit tanpa bunga untuk membantu menghemat saat Anda melunasi hutang.

Statement kredit akan menunjukkan berapa banyak pembayaran bulanan Anda yang akan dikenakan bunga setiap bulannya. Jika Anda hanya membayar saldo minimum, Anda butuh bertahun-tahun untuk melunasi hutang tersebut.

6. Menyiapkan Bahan Makanan Sekali dalam Seminggu

Banyak orang akhirnya membeli makanan diluar karena terlalu lelah untuk merencanakan dan memasak makanan setiap harinya. Salah satu strategi untuk mengatasi hal ini adalah dengan menyiapkan makanan Anda selama seminggu dalam satu hari.

Ini mungkin berarti memasak dan membekukan makanan sehingga yang harus dilakukan selanjutnya adalah memanaskannya saat Anda tiba di rumah. Anda bisa menggunakan strategi yang sama dan mengemasi bekal makan siang Anda untuk hari kerja berikutnya pada hari Minggu untuk menghemat waktu dan uang.

7. Lakukan Perbaikan dan Pemeliharaan Sendiri

Cara lain untuk menghemat uang adalah mengurus perawatan dan perbaikan sendiri. Hal ini bisa berlaku baik untuk rumah maupun kendaraan Anda. Internet akan mempermudah pencarian video yang akan membawa Anda melewati proses penggantian oli atau memperbaiki pengering, dan Anda dapat menghemat uang dengan melakukannya sendiri.

Jika hal ini membuat bingung, maka mintalah seseorang yang tahu bagaimana melakukannya untuk memandu Anda melewatinya untuk kali pertama. Anda mungkin terkejut betapa mudahnya dan penghematan bisa bertambah dengan cepat. Misalnya, Anda bisa menabung setiap tahun hanya dengan melakukan penggantian oli kendaraan sendiri.

8. Membeli Barang Bekas Berkualitas

Tips hemat uang lainnya adalah mencoba membeli barang bekas bukan baru. Hal ini mungkin tidak dapat diterapkan untuk setiap item barang. Dan Anda mungkin akhirnya menggunakan sesuatu yang bekas hingga dapat menghemat dan membayar tunai untuk model baru yang diinginkan.

Ada banyak tempat pencarian barang bekas seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dll untuk memudahkan mencari item barang yang telah digunakan. Jika Anda memulai dengan mencari penawaran barang bekas, Anda mungkin akan terkejut dengan jumlah yang dapat dihemat.

Ini membantu untuk memiliki kesabaran dan waktu sehingga Anda bisa menunggu untuk membeli sampai menemukan barang yang sempurna.

9. Tunda Membeli Sampai Harga Turun

Jika membeli barang / item tertentu di hari peluncurannya, Anda mungkin akan membayar harga yang lebih mahal untuk barang tersebut. Jika Anda bisa menunggu, seringkali harga akan turun pada beberapa item.

Tips hemat uang yang satu ini biasanya dapat diterapkan dengan baik untuk barang elektronik dan pakaian. Jika Anda adalah seseorang yang perlu memiliki barang seperti gadget dengan mode atau teknologi terkini, ini mungkin merupakan penyesuaian besar. Akan tetapi, strategi ini dapat membuat perbedaan dalam berapa banyak yang dibelanjakan.

10. Cari Seseorang yang Mau Berbelanja untuk Anda

Jika Anda berjuang dengan berpegang pada daftar belanjaan atau pembelian impulsif (spontan), Anda mungkin benar-benar dapat menabung dengan meminta orang lain berbelanja untuk Anda. Ini paling efektif untuk belanja bahan makanan.

Ada beberapa toko yang akan berbelanja untuk Anda secara gratis atau dengan biaya yang kecil dan yang harus dilakukan adalah mengambil belanjaan. Ada juga layanan yang akan mengantarkan belanjaan ke rumah yang membuatnya lebih mudah. Anda dapat menghindari pembelian impulsif saat berbelanja dan uang serta waktu yang dihemat bisa sepadan.

===========

Dan, masih banyak lagi tips hemat uang yang bisa dilakukan pada diri dan keluarga Anda. Setiap orang / keluarga memiliki kondisi finansial yang berbeda-beda, dan strategi-strategi di atas harus disesuaikan dengan kondisi tersebut.

Referensi: www.thebalance.com

Loading...

Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.

Website ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Klik "Terima" untuk menyetujui kebijakan ini. Terima Baca Detail