Rencana Pensiun di Masa Tua

0 155

Bagaimana rencana pensiun Anda di masa tua? Ini adalah pertanyaan yang sering saya temui ketika membahas perencanaan pensiun. Saat ini di Indonesia, jaminan sosial telah banyak digunakan sebagai salah satu alternatif rencana pensiun. Sebagian besar masyarakat banyak yang masih mengandalkan pembayaran sosial dalam mendukung program pensiun mereka. Kenyataan membuktikan bahwa program pensiun tersebut diragukan mampu mencukupi biaya hidup rata-rata melalui tahun-tahun senja mereka.

Bagaimana Anda akan menjalani kehidupan di masa tua ketika sudah pensiun? Apakah hari-hari ketika pensiunan hanya duduk di rumah, membaca koran, sambil memotong rumput setiap sore? Atau Anda di masa tua tetap aktif melakukan berbagai aktivitas? Akankah Anda bepergian, mengambil kelas, belajar menari, dan mencoba hal baru saat melalui masa pensiun? Jika di masa pensiun Anda tetap aktif berkegiatan, maka dapat dipastikan dana pensiun dari jaminan sosial tidak akan cukup membiayai kebutuhan tersebut. Anda harus menyisihkan dana lebih untuk kegiatan-kegiatan tersebut melalui program investasi.

Ini adalah alasan utama Anda harus mulai sedini mungkin menyisihkan dana untuk masa pensiun. Tidak hanya menyisihkan dana, Anda harus membuat rencana aktif  untuk menginvestasikan dana tersebut dalam rangka memaksimalkan dana yang terbatas. Ini adalah waktu terbaik untuk mengambil rencana, tujuan, dan kekhawatiran kepada seorang perencana keuangan. Lihat saran apa yang dapat diberikan kepada Anda. Anda akan disarankan untuk menetapkan tujuan yang spesifik dan lebih baik lagi dalam mendefinisikan rencana Anda. Membuat sebagian besar investasi Anda berarti membangun strategi investasi yang realistis tidak akan membuat Anda merasa kekurangan uang untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Kita sering mengabaikan peran penting seorang perencana keuangan yang baik, padahal perencanaan keuangan yang baik berperan penting bagi masa depan keuangan kita. Hal yang sama bisa dikatakan untuk kondisi pensiun keuangan kita. Kita perlu mengambil setiap kesempatan yang tersedia dalam rangka memaksimalkan uang. Seorang penasihat keuangan yang baik akan tahu dana dan strategi yang belum pernah kita dengar. Ini adalah alasan masuk akal untuk datang ke ahli ketika hal itu menyangkut masa depan keluarga Anda. Kita melihat ahli ketika datang ke masalah hukum, kesehatan, dan pajak. Akan tetapi, mengapa kita tidak datang kepada seorang ahli untuk keuangan kita?

Mengapa begitu penting untuk punya rencana? Jawabannya adalah agar kehidupan Anda tidak akan berakhir dengan buruk setelah mencapai usia pensiun. Kenyataan yang menyedihkan adalah banyak masyarakat pensiun yang kekurangan finansial dan nyaris tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup mereka. Jika mereka cukup beruntung untuk memiliki rumah, mereka sering menemukan pajak properti yang juga harus dibayar. Obat-obatan mahal meskipun ada janji pemerintah untuk menjaga harga obat agar tidak mahal. Menggabungkan semua faktor ini, ditambah dengan kenyataan bahwa biaya hidup telah meningkat selama dua dekade terakhir menjadi alasan kuat untuk membuat rencana pensiun bagi masa depan Anda.

Cara terbaik membangun kehidupan masa depan yang nyaman adalah mulai membuat rencana pensiun sedini mungkin. Anda perlu membuat beberapa investasi tambahan untuk memenuhi program pensiun. Semakin cepat Anda mulai membuat rencana pensiun, maka semakin baik kehidupan pensiun Anda. Selanjutnya yang perlu Anda pikirkan adalah menentukan tujuan pensiun Anda, membuat rencana, dan tujuan Anda, kemudian mendiskusikannya dengan penasihat keuangan demi mendapatkan masukannya. Tujuan berkonsultasi dengan penasihat keuangan demi mengamankan investasi Anda. Investasi cerdas jauh lebih bijaksana dari investasi sembarang tempat.

(CAA)

Loading...