Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.067
+0.15%
Rp15.551
-0.05%
Rp17.553
-0.16%
Rp130
+0.12%
Rp9.620
+0.23%
Rp3.749
+0.17%
Rp1.984
+0.07%
Rp10.237
+0.04%
Rp10.610
-0.04%
Rp14.134
+0.1%
Rp8.906
+0.24%

7 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Bekerja dari Rumah

0 70

Bekerja dari rumah adalah mimpi bagi banyak orang, tapi kadang-kadang mimpi tersebut tidak cocok dengan realitasnya. Apa yang perlu kita ketahui terlebih dahulu sebelum benar-benar memulai bekerja dari rumah untuk memulai bisnis kita sendiri?

Mungkin, bayangan kita di awal tentang bekerja dari rumah sangat menarik untuk menjadi bos bagi diri kita sendiri. Menetapkan jam kerja sendiri dan menjalankan semua rencana-rencana yang kita miliki.

Tetapi, perlu dipertimbangkan bahwa melakukan pekerjaan dari rumah membutuhkan disiplin diri, ada banyak hal yang harus diselesaikan dan terdapat beberapa kekurangan lainnya.

Kita harus memiliki gambaran lengkap tentang bagaimana menjalankan bisnis dari rumah sehingga kita bisa menikmati manfaat bekerja dari rumah tersebut.

Tujuh hal ini perlu kita pertimbangkan saat memulai bekerja dari rumah untuk menjalankan bisnis rumahan:

#1 Ada banyak tantangan yang harus dilewati

Ketika memutuskan untuk memulai bekerja dari rumah untuk menjalankan usaha, maka semua pekerjaan merupakan tanggung jawab kita. Kegagalan atau keberhasilan bisnis tergantung dari diri kita sendiri.

Diperlukan kemampuan untuk fokus, berhubungan dengan klien, manajemen bisnis, dan perlu digarisbawahi bahwa seberapa besar usaha kita, maka sebanyak itu kita dibayar.

Ketika hanya ada diri kita dan segala perangkat di kantor rumah kita, maka kita tak bisa menyalahkan bos atau rekan kerja untuk hari kerja yang buruk.

#2 Anda adalah tim

Satu hal yang juga perlu diperhatikan, bahwa saat memulai bisnis dari rumah maka kita bekerja dalam kesendirian. Diri kita adalah bagian dari tim virtual yang sedang dibangun.

Anda harus mulai menata segala hal tentang bisnis rumahan secara sendirian. Sebelum nantinya, di saat sudah benar-benar berkembang, maka bisnis Anda tersebut akan membutuhkan partner yang mungkin ada banyak orang baru yang akan bergabung sebagai tim. (Membutuhkan banyak inspirasi tentang bisnis apa saja yang bisa dimulai dari rumah? Anda bisa memulainya disini.)

#3 Anda harus benar-benar serius menjalankannya

Berbisnis dari rumah akan banyak tantangan yang datang, termasuk dari keluarga dekat kita sendiri. Ada banyak anggota keluarga kita yang tidak memahami bahwa keberadaan kita di rumah juga untuk bekerja.

Kita harus benar-benar bisa mengatur waktu antara jam kerja dan jam untuk keluarga. Di waktu jam kerja, kita harus benar-benar bekerja dan berusaha menolak jika orang lain mengganggu.

Tetapi juga sebaliknya, jika sudah waktunya untuk keluarga, maka tinggalkan 100% pekerjaan tersebut. Curahkan waktu kita untuk keluarga.

#4 Bisa memotong biaya, tetapi tidak semua biaya

Memulai berbisnis / bekerja dari rumah, bisa memotong banyak biaya dibandingkan Anda harus melakukan pekerjaan di kantor.

Misalkan, Anda bisa lebih berhemat biaya transportasi, menghemat biaya makan, dll. Tetapi, memulai usaha dari rumah juga akan menambahkan biaya baru, seperti tagihan internet, perlengkapan kantor Anda sendiri, dan utilitas lainnya.

#5 Anda tidak bisa meninggalkan pekerjaan

Ada dua alasan utama kenapa banyak orang lebih ingin berbisnis dari rumah, yaitu jam kerja yang lebih pendek dan lebih banyak fleksibilitas.

Tetapi, dalam banyak kasus, banyak orang yang berbisnis dari rumah justru bekerja lebih lama, bahkan hingga malam hari dan tidak memiliki akhir pekan. Bahkan, ketika pekerjaan padat, maka fleksibilitas pun tidak bisa didapatkan.

Oleh karena itu, diperlukan manajemen waktu dan disiplin diri untuk mengatur semuanya agar berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

#6 Anda tidak harus melakukan semuanya sendiri

Sebagai seseorang yang bekerja dari rumah, Anda bertanggung jawab untuk apa yang dihasilkan. Tetapi, itu tidak berarti Anda harus melakukan sendirian setiap detail dari pekerjaan.

Ada banyak alternatif yang bisa dilakukan. Jika usaha Anda sudah mulai berkembang, maka bisa memulai untuk mempekerjakan freelancer berdasarkan proyek-proyek tertentu. Atau menyewa asisten untuk penanganan tugas yang menghabiskan banyak waktu.

Mengkontrak freelancer per proyek besar untuk diselesaikan, atau menyewa asisten yang bekerja selama 5-10 jam per minggu atau menyelesaikan tugas-tugas tertentu setiap minggunya.

#7 Anda bisa menjadi contoh yang bagus

Jika Anda memiliki anak-anak di rumah, biarkan mereka melihat Anda bekerja keras pada sesuatu yang dicintai – bahkan pada bagian Anda tidak mencintai – dapat sangat mempengaruhi pilihan karir masa depan dan seluruh sikap kerja mereka.

Bekerja dari rumah memang tidak mudah. Hal ini membutuhkan perencanaan, visi ke depan, disiplin diri, dan fokus. Tetapi jika dapat mengolah karakter yang diperlukan untuk sukses bekerja dari rumah, Anda akan mendapatkan manfaat yang besar bagi kehidupan pribadi dan keluarga.

=========

Membuat komitmen untuk bekerja dari rumah berarti mengakui dan menerima tanggung jawab untuk menjadi bos sendiri, yang dapat menjadi suatu hal yang besar.

Jika memutuskan untuk memulainya maka perlu memahami bahwa Anda akan melakukan hal-hal yang mungkin tidak menyenangkan, tetapi juga bisa menikmati jam kerja fleksibel.

Jika Anda membentuk kebiasaan kerja yang baik, tetapkan prioritas Anda, dan menemukan cara untuk terhubung diluar pekerjaan Anda di rumah, itu bisa menjadi pengalaman yang hebat dan sukses juga.

Referensi: www.investopedia.com

Loading...
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.