Anda Mencari Perencana Keuangan? Ini Tipsnya!

0 116

Perencana keuangan adalah individu yang dapat membantu memberikan saran dan konsultasi bagi keuangan pribadi, keluarga, kelompok atau bisnis. Apakah Anda sedang mencari seorang perencana keuangan? Bagaimana memilih perencana keuangan yang tepat? Ini beberapa tipsnya.

Seorang financial planner, akan memberikan pengetahuan yang dibutuhkan tentang keuangan pribadi, keluarga, bisnis, dll. Selain itu, dapat memberikan saran tentang investasi yang tepat, bagaimana mengelola investasi tersebut.

Sebagai tambahan, pengelola keuangan juga memberikan masukan tentang apa yang perlu dilakukan agar investasi tersebut sesuai dengan tujuan keuangan yang telah ditetapkan seperti untuk pensiun, kuliah, atau untuk membeli rumah pertama Anda.

Profesi financial planner sangat diperlukan di zaman sekarang ini. Jika Anda saat ini belum memiliki partner konsultan keuangan, Anda mungkin tidak benar-benar tahu investasi seperti apa yang harus dipilih dan bagaimana mengelola keuangan dengan benar.

Berikut adalah beberapa saran bermanfaat mengenai hal-hal yang perlu dipertimbangkan tentang perencana keuangan yang sesuai dengan kebutuhan:

#1 Anda membutuhkan kualitas

Sederhananya, Anda meminta masukan tentang investasi, dan tentunya membutuhkan orang yang tepat untuk memberikan saran. Terlebih, jika modal Anda dikelola oleh perencana keuangan sehingga perlu menemukan seorang profesional yang akan melakukan langkah terbaik untuk mengelolanya.

Financial planner harus dapat memberi Anda rencana secara menyeluruh dan menunjukkan secara mendetail bagaimana mereka dapat membantu Anda. Mereka perlu memiliki tim yang memiliki pengalaman dan menunjukkan apa yang telah mereka lakukan di masa lalu untuk orang lain.

#2 Anda harus bisa berkomunikasi dengan mereka di berbagai tingkatan

Pada awalnya, Anda memerlukan seorang financial planner untuk dapat memahami kebutuhan dan keinginan. Anda perlu mendapatkan informasi tentang bagaimana mengelola keuangan pribadi ataupun mengelola keuangan keluarga (bahkan bisnis) dengan baik dan tepat.

Mereka perlu memberikan rencana yang bisa diikuti. Mereka juga harus menyediakan waktunya jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah. Anda dapat mengetahui apakah seorang perencana keuangan berkomitmen untuk hal ini hanya pada pertemuan pertama Anda dengan mereka.

#3 Anda juga harus menyetujui prinsip yang sama

Jika Anda merasa bahwa perencana keuangan hanya mencoba untuk menghasilkan uang saja, sebaiknya jangan terlalu mempercayainya.

Pastikan Anda meluangkan waktu untuk menemukan perencana keuangan yang memiliki cara pandang / prinsip yang sama dengan Anda.

#4 Kredibilitas itu penting

Ada banyak financial planner yang bisa memberikan saran tentang banyak hal. Tetapi, yang terpenting, Anda harus mendapatkan seseorang yang benar-benar kredibel dalam tindakan nyata, bukan sekedar omongan.

Cari informasi sebanyak mungkin tentang financial planner yang hendak dipilih tersebut. Bagaimana sepak terjangnya, bagaimana pengalamannya bersama kliennya, dan lain sebagainya.

Bila Anda mempertimbangan dan melakukan 4 poin di atas, pengalaman dalam memilih perencana keuangan akan menghasilkan pilihan yang baik. Semoga!

Loading...