Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.149
-0.13%
Rp15.784
-0.04%
Rp18.384
-0.19%
Rp130
-0%
Rp9.728
-0.43%
Rp3.772
-0.13%
Rp2.000
-0.24%
Rp10.400
-0.39%
Rp10.794
-0.28%
Rp14.362
+0.03%
Rp9.067
-0.49%

3 Tips Mengatur Keuangan Pribadi Bagi Entrepreneur Pemula

0 98

Menjadi entrepreneur bisa berarti banyak hal yang berbeda bagi setiap orang yang menjalaninya. Termasuk perihal keuangan. Bagaimana cara mengelola keuangan pribadi bagi seorang entrepreneur? Berikut 3 tips mengatur keuangan pribadi bagi seorang wirausahawan.

Seorang entrepeneur memiliki beberapa mental khas, yang melekat pada dirinya. Biasanya ada beberapa karakter berikut:

  • Kreatif
  • Visioner
  • Berani
  • Tekad Kuat
  • Pemecah masalah
  • Pengambil risiko
  • Memilik ambisi

Menariknya, terkait permasalahan uang, sangat minim sekali diperbincangkan. Ada banyak entrpreneur pemula yang kurang memperhatikan dengan baik tentang bagaimana cara mengelola keuangan pribadi mereka, khususnya terkait dengan usaha yang dijalankan.

Pengusaha pemula cenderung tidak menciptakan hal-hal yang memecahkan masalah uang, uang hanyalah hasil sampingan untuk membangun sesuatu yang bernilai yang menguntungkan manusia.

Meskipun uang bukanlah kekuatan pendorong bagi kebanyakan wirausahawan, hal itu pasti ada dalam pikiran mereka. Uang adalah alat. Mereka menggunakannya untuk membangun dan meningkatkan skala bisnis mereka.

Mereka juga menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan keluarga mereka, memberi mereka gaya hidup yang tidak pernah dimiliki sebelumnya, membiarkan mereka menjalani hidup melalui berbagai kesempatan.

Kebanyakan pengusaha mengerti bahwa uang hanyalah sebuah ide. Mereka tidak menginginkan uang itu demi uang itu sendiri, tapi untuk apa uangnya. Mereka menghormati ide ini dan tidak takut mengejar hawa nafsu mereka dengan menggunakan uang untuk mewujudkannya!

Sebenarnya, kebanyakan entrepreneur sepakat bahwa perencanaan keuangan pribadi itu penting. Tapi ketika dikembangkan lebih jauh lagi, kebanyakan selalu bingung.

Namun, wirausahawan mengatakan bahwa mereka berharap akan mulai merencanakan lebih awal. Oleh karena itu, diperlukan tips mengatur keuangan pribadi bagi seorang entrepreneur.

Berikut ini 3 tips mengatur keuangan pribadi yang bisa digunakan oleh seorang entrepreneur pemula:

#1 Tentukan Harapan, Mimpi dan Tujuan Anda

Apa hubungannya dengan uang yang mungkin Anda tanyakan? Jika Anda yakin bahwa uang adalah ide dan alat, maka Anda akan setuju bahwa kita memerlukannya untuk melakukan hal-hal yang ingin kita lakukan dalam hidup. Tapi jika kita tidak mendefinisikan hal-hal itu, bagaimana kita bisa merencanakannya secara finansial?

Tidak ada dua orang yang memiliki harapan, impian dan tujuan yang sama untuk masa depan. Namun, kita semua bisa mendapatkan keuntungan dari memikirkan dan merencanakannya.

Ini benar-benar melihat siapa diri kita dan apa yang kita inginkan dalam kehidupan. Ini adalah proses yang sangat pribadi. Ini adalah proses seumur hidup, jadi apa yang Anda inginkan hari ini hampir pasti akan berubah di masa depan.

#2 Kenali Arus Kas Pribadi Anda

Apakah Anda baru memulai perusahaan Anda atau Anda berada di ambang kejadian likuiditas, karena mengetahui arus kas merupakan bagian penting dari tips mengatur keuangan pribadi.

Bagi Anda yang berada di tahap awal mulainya usaha / bisnis, Anda perlu mengetahui kebutuhan finansial pribadi untuk memetakan berapa banyak uang yang harus dijalani dan berapa lama tabungan yang dimiliki saat ini akan bertahan.

Jika Anda memiliki investor bagi usaha / bisnis yang sedang dijalankan, mereka tidak akan memiliki masalah dengan menggunakan sebagian uang untuk membayar gaji Anda.

Tetapi, jika Anda tidak tahu apa yang dibutuhkan, bagaimana Anda bisa menentukan jumlah yang tepat untuk membayar sendiri sambil tetap berinvestasi dalam bisnis Anda?

Jika Anda hendak menjual perusahaan, arus kas Anda sama pentingnya. Anda beralih dari mendapatkan gaji untuk menerima uang. Anda mungkin tidak pernah mendapatkan gaji rutin lagi.

Memiliki pegangan yang kuat pada arus kas Anda akan sangat membantu dalam menentukan bagaimana menginvestasikan uang dan gaya hidup apa yang dapat dinikmati pasca keluar dari bisnis / usaha.

#3 Dapatkan Edukasi Sebelum Implementasi

Ada beberapa kesamaan bagi pengusaha pemula bahwa mereka akan mendidik diri mereka sendiri sebelum menerapkan sebuah strategi.

Jadi bagaimana Anda mendidik diri sendiri mengenai situasi keuangan pribadi Anda dengan cara mengatur keuangan pribadi? Ini juga terkait dengan uang dan strategi apa yang paling masuk akal bagi Anda tentang harapan, impian dan tujuan Anda untuk masa depan?

Pertama, cari tahu apa yang Anda inginkan, daripada uangnya.

Hal awal yang bisa dilakukan yaitu riset untuk menambah pengetahuan / wawasan dari berbagai sumber, bisa memulai dengan buku tentang perencanaan keuangan.

Miliki konsep dan strategi keuangan yang paling mendasar milik Anda sendiri sehingga Anda bisa mulai merumuskan rencana Anda. Mungkin, Anda bisa juga berbicara dengan perencana keuangan profesional.

Jika sudah menemukan seorang perencana keuangan, maka pertimbangkan untuk menjangkau mereka. Buat pertemuan untuk melakukan konsultasi.

Bagaimana Tips Mengatur Keuangan Pribadi ini Membantu Anda?

Jika Anda telah meluangkan waktu untuk mengidentifikasi keinginan dan harapan di masa depan, hal itu benar-benar membawa kejelasan tentang tujuan dan energi untuk hidup Anda.

Anda akan memiliki fokus. Anda tidak akan merasa terbebani atau terganggu oleh keuangan, tetapi diberdayakan karena Anda sekarang telah mengidentifikasi apa yang diinginkan, dan yang lebih penting lagi, bagaimana mencapainya.

Ini membebaskan dan juga memungkinkan Anda untuk memberi lebih banyak waktu dan energi untuk melakukan hal-hal yang perlu dilakukan untuk mendapatkan apa yang diinginkan.

Referensi: www.investopedia.com

Loading...