Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.221
+0.26%
Rp15.751
+0.6%
Rp17.289
-0.01%
Rp134
+0.25%
Rp9.639
+0.37%
Rp3.791
+0.29%
Rp2.020
+0.27%
Rp10.257
+0.08%
Rp10.687
+0.17%
Rp14.513
+0.53%
Rp9.151
+0.45%

Cari Usaha Sampingan? Kontributor Media Massa Bisa Dicoba!

0 512

Jika anda sedang mencari usaha sampingan untuk menambah penghasilan, coba saja menjadi kontributor. Bagi media massa, cukup sulit jika mereka harus memiliki karyawan di setiap kota, baik wartawan maupun fotografer. Selain membutuhkan biaya yang sangat besar untuk membayar gaji, media massa tersebut juga harus membiayai berbagai peralatan dan transportasi mereka.

Untuk mengatasi hal tersebut, media massa lebih memilih menggunakan jasa kontributor. Selain tidak perlu menjadi karyawan tetap, kerjasama ini saling menguntungkan karena kebutuhan berita tetap terjaga dan kontributor pun tetap dibayar. Anda pun bisa mendapatkan berita di sela-sela pekerjaan kantor. Misalnya, jika terjadi kecelakaan, pameran, dan berita lainnya. Setelah itu, baik foto maupun video bisa dikirimkan melalui email dan pos.

usaha sampingan
Ingin menambah penghasilan? Kontributor media massa/online layak dicoba

Target Konsumen

Usaha sampingan ini menarget konsumen media massa, media online, baik harian, majalah, maupun televisi.

Bagaimana Memulai Usaha Sampingan Kontributor?

Untuk menjalankan usaha sampingan ini, yang pertama kali harus anda miliki adalah peralatan pendukung, misalkan kamera foto, handycam yang berkualitas standar. Jika sudah memiliki peralatan ini, anda bisa memiliki berbagai alternatif media massa. Tidak cukup satu, usahakan sebanyak mungkin. Meskipun, biasanya ada lowongan khusus sebagai kontributor, tetapi lebih baik anda menjemput bola terlebih dahulu dengan menghubungi media massa tersebut. Ketika menghubungi mereka, bawalah sampel berita yang telah dibuat sebelumnya. Ini penting, agar manajemen media massa tersebut tahu kualitas dan kompetensi anda.

Hal selanjutnya yang bisa anda lakukan setelah media massa menyetujui sebagai kontributor mereka, adalah dengan segera mencari sesuatu yang bisa menjadi berita atau foto tentang suasana kota. Berbagai hal bisa menjadi sumber berita anda, dari festival, pameran, kebakaran, kecelakaan, suasana kota, dll. Untuk mengirimkannya tergantung permintaan dari media massa yang bekerja sama dengan anda, tetapi agar lebih cepat biasanya melalui email.

Hambatan

Dalam menjalankan usaha sampingan ini, terkadang tidak setiap hari ada berita atau sesuatu yang bisa anda berikan kepada media massa. Selain itu, di setiap kota biasanya sudah ada kontributor lokal masing-masing. Jika anda tidak menjaga kualitas berita dan rutinitas dalam mengirimkan konten berita, bisa jadi kontributor yang lain lebih dahulu mengirimkan kepada media massa tersebut.

Kunci Sukses Usaha Sampingan Kontributor

Rutinitas anda dalam menyampaikan berita maupun foto / video kepada media massa akan membuat media massa tersebut semakin tertarik kepada anda. Untuk suatu acara tertentu yang tidak bisa anda datangi karena pekerjaan kantor, anda bisa bekerjasama dengan teman atau orang lain untuk meliput dan mengumpulkan berita tentang acara tersebut. Atau jika tidak, anda bisa menghubungi panitia acara tersebut sesudah dan atau sebelum acara tersebut dimulai, dan meminta dokumentasi serta sedikit waktu untuk wawancara.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah menjaga hubungan dengan orang-orang kunci (decision maker) dari media massa tersebut.

Analisis BEP

Investasi Awal 
Peralatan (Kamera/handycam/recorder)Rp 4.000.000,-
Biaya Operasional
Telepon dan internetRp 200.000,-
TransportasiRp 100.000,-
Lain-lainRp 200.000,-
TOTALRp 500.000,-
Omzet per bulanRp 1.000.000,-
Laba per bulanRp 500.000,-
Analisis BEP7-8 bulan
Loading...
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.