Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp13.974
0%
Rp15.539
0%
Rp18.620
+0.05%
Rp128
0%
Rp9.615
-0.06%
Rp3.726
0%
Rp2.004
0%
Rp10.324
0%
Rp10.611
0%
Rp14.192
+0.05%
Rp9.222
-0.06%

Translator, Peluang Usaha Minim Kompetitor

1 1.020

Apa itu translator? Translator adalah penerjemah dalam / dari bahasa asing. Bagi anda yang memiliki kemampuan / skill yang cukup bagus dalam bahasa asing, terutama bahasa Inggris dan Mandarin, anda bisa memanfaatkan kemampuan tersebut untuk menerima jasa penerjemah. Translator merupakan salah satu peluang usaha yang cukup menarik, karena minimnya persaingan di bidang usaha ini. Tidak banyak orang memiliki skill mumpuni dalam bahasa asing, walaupun ada, mereka biasanya lebih memilih untuk bekerja di sebuah perusahaan daripada membuka peluang usaha jasa penerjemahan.

Jika anda saat ini sedang berstatus sebagai karyawan, anda tetap bisa membuka usaha ini sebagai sampingan untuk menambah penghasilan utama. Untuk pendapatan dari peluang usaha jasa penerjemahan cukup lumayan, selain itu masih banyak yang membutuhkan jasa para penerjemah, bisa jadi kalangan mahasiswa, profesional, institusi, dan lain sebagainya.

Anda bisa memanfaatkan waktu luang di malam hari setelah pulang dari bekerja di kantor utama anda. Apabila semakin banyak yang harus diterjemahkan, maka anda bisa menggunakan waktu akhir pekan atau hari libur untuk lembur, atau bisa juga anda mencari pekerja yang juga jago berbahasa asing.

Peluang Usaha Jasa Terjemahan
Peluang Usaha Jasa Terjemahan

Target Konsumen

Peluang usaha jasa penerjemahan menarget konsumen kalangan profesional, institusi, mahasiswa dan mungkin sebagian orang yang belum bisa berbahasa Inggris / Mandarin. Penerbit buku juga bisa menjadi target dari usaha ini. Perusahaan-perusahaan ekspor dan impor banyak memerlukan jasa penerjemah untuk mengalihbahasakan surat-surat bisnis serta berbagai dokumen penting lainnya.

Bagaimana Memulai Peluang Usaha Jasa Penerjemahan?

Yang anda butuhkan adalah seperangkat komputer, printer dan kamus untuk memulai peluang usaha yang menarik ini. Anda bisa mengiklankan jasa anda secara online maupun offline. Dengan online, anda bisa menggunakan layanan gratis website, seperti Blogger dan WordPress, atau bisa juga menggunakan media sosial, semacam Facebook, Instagram, Twitter, dll. Untuk memasarkan secara offline, anda bisa memasang pamflet di tempat-tempat strategis atau beriklan di media massa lokal di wilayah anda.

Hambatan

Dalam melakukan peluang usaha jasa penerjemah, hambatan utama adalah mencari pelanggan dan persaingan. Untuk awal-awal, mencari pelanggan adalah hambatan bagi semua bisnis. Sedangkan persaingan, meskipun tidak banyak yang terjun di bisnis ini, tetap saja harus diperhatikan keunikan dan diferensiasi bisnis jasa penerjemah yang sedang anda rintis dibandingkan kompetitor anda. Jika anda bisa mengelola dengan baik kedua hambatan tersebut, niscaya bisnis yang akan anda rintis ini, akan memiliki pelanggan yang loyal.

Kunci Sukses Peluang Usaha Jasa Penerjemah

Seperti bisnis-bisnis lainnya, salah satu kunci sukses bisnis adalah marketing / pemasaran. Bagaimana anda bisa memasarkan dengan baik peluang usaha jasa penerjemah yang sedang anda rintis, tentu akan mampu mensukseskan bisnis anda. Semakin banyak yang mengenal bisnis jasa penerjemah dan kemampuan anda, maka semakin banyak pelanggan yang menggunakan jasa anda.

Sebagai bentuk promosi dan diferensiasi, anda juga harus kreatif mencari ide-ide promosi yang fresh seperti memberikan jasa antar jemput bahan / materi yang perlu diterjemahkan dengan syarat jumlah tertentu. Atau anda bisa membuka jasa penerjemah dengan banyak bahasa asing, seperti Jerman, Prancis, Arab, dll. Sangat direkomendasikan untuk mencari pelanggan tetap dari peluang usaha jasa penerjemah anda. Misalkan, perusahaan-perusahaan yang bersedia untuk menandatangani kontrak jasa terjemahan dalam jangka panjang (di atas 1 tahun).

Analisis BEP

Investasi Awal 
Komputer (sedang)Rp 3.000.000,-
PrinterRp 500.000,-
Kertas, tinta dan kamusRp 200.000,-
Promosi (fokus online)Rp 100.000,-
TOTALRp 3.800.000,-
Biaya Operasional
Listrik dan TeleponRp 100.000,-
Tinta dan KertasRp 100.000,-
TOTALRp 200.000,-
Omzet (Rp 5.000,- per halaman)Rp 1.000.000,-
Laba per BulanRp 800.000,-
Analisis BEP4-5 bulan
Loading...