Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.223
-0%
Rp15.780
+0.01%
Rp17.282
-0.01%
Rp134
-0%
Rp9.643
0%
Rp3.792
-0.01%
Rp2.019
0%
Rp10.273
-0%
Rp10.714
-0%
Rp14.538
0%
Rp9.144
0%

10 Tips Praktis Sukses Bisnis Internet Bagi Pemula

1 54

Banyak orang yang telah terbukti sukses dalam menjalankan bisnis internet. Kesuksesan tersebut tentu bukan tanpa kerja keras dan tidak ada ilmunya. Sukses seseorang bisa dikopi dan kita modifikasi ilmu kesuksesan orang tersebut untuk menjalankan bisnis internet anda.

Dalam artikel ini, akan dijelaskan 10 tips praktis dalam memulai bisnis internet pertama anda. Anda akan diperkenalkan dengan beberapa produk dan layanan yang sangat berguna bagi bisnis internet yang sedang dirintis. Anda juga dapat menggunakan ini sebagai daftar periksa untuk membantu tetap fokus dan membuatnya lebih mudah untuk mengatur dan meningkatkan bisnis internet anda. Apa saja 10 tips praktis tersebut?

1) Carilah Pasar!

Cari pasar sebelum Anda memutuskan membuat sebuah produk. Jika pertama yang anda lakukan memilih produk dan kemudian mengetahui bahwa tidak ada pasar untuk produk tersebut, anda telah menyia-nyiakan banyak waktu dan uang. Jadi pastikan untuk pertama kali yang dilakukan adalah mencari pasar.

Jangan lupa, setelah melakukan riset dalam pencarian pasar, temukan sesuatu yang membuat anda termotivasi untuk menjalankannya. Jika menemukan passion dalam bisnis yang sedang dirintis, akan lebih mudah untuk menjalankan dan mengembangkan bisnis internet pertama anda. Sebagai tools riset, gunakan Google untuk mencari kata kunci yang berbeda. Coba cari dengan Yahoo untuk melihat pasar yang berbeda. Memeriksa eBay untuk semua kategori yang berbeda serta menggunakan ClickBank untuk mencari pasar yang menarik.

Bila anda menemukan pasar dan mencari tahu apa yang orang inginkan, yang harus dilakukan selanjutnya menjual kepada mereka. Setelah proyek bisnis internet pertama anda menemukan pasar, kemudian kembangkan bisnis internet pertama anda. Fokus di satu bisnis internet yang anda awali. Jangan melompat mencari pasar yang lain, sebelum bisnis internet pertama anda “tuntas”. Tuntas dalam artian bisnis internet yang anda mulai tersebut telah menghasilkan uang bagi anda, dan memiliki sistem bisnis yang sudah jalan walaupun anda tidak berada di dalamnya.

bisnis internet
Sukses dan kaya dari bisnis internet? Why not!

2) Carilah Produk!

Setelah menemukan pasar, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menemukan produk untuk dijual. Anda bisa mencari di internet untuk melihat apa yang orang lain jual untuk mendapatkan beberapa ide. Atau membeli hak jual kembali produk orang lain. Mungkin anda bisa menjual produk dari bisnis afiliasi. Ingat, untuk pertama kali, jika kesulitan, anda tidak perlu memiliki / menciptakan produk orang lain. Cari produk orang lain, kemudian jual produk tersebut dengan membuatnya sedikit lebih baik, berbeda, lebih rendah dalam harga, atau menambahkan bonus setiap kali seseorang membeli dari Anda.

Jika memilih untuk menjual produk digital, Anda akan menemukan banyak manfaat tambahan seperti: tidak ada pengiriman atau penanganan, biaya startup yang rendah, margin keuntungan Anda akan mendekati 100%, pelanggan Anda akan mendapatkan produk mereka segera. Dan, biasanya semua telah diatur secara otomatis. Pastikan untuk mengambil keuntungan penuh dari kemungkinan otomatisasi dari bisnis internet.

3) Beli Nama Domain

Sangat direkomendasikan untuk memiliki nama domain website anda sendiri. Domain itu adalah branding dari bisnis internet anda. Cobalah untuk memikirkan beberapa nama yang berbeda karena pilihan pertama anda mungkin tidak tersedia. Pilih nama pendek dan akan lebih mudah bagi orang untuk mengingat. Jika mungkin mendapatkan nama domain yang berakhir dengan .com, .net, atau .co.  Anda juga harus mencoba untuk mendapatkan nama dengan mencocokkan produk Anda. Dan mungkin menggunakan kata kunci dalam nama domain Anda untuk mendapatkan daftar yang lebih baik di mesin pencari seperti Google.

4) Pilih Perusahaan Hosting

Tujuan dari perusahaan hosting adalah untuk menjaga website Anda berjalan dengan baik. Mereka akan memastikan semuanya bekerja dengan benar sehingga pelanggan Anda dapat menavigasi melalui website dan membeli produk atau jasa Anda. Ini adalah tanggung jawab yang sangat penting. Jika website Anda tidak bekerja dengan baik, atau anda memilih hosting yang kurang bagus, maka sama saja seperti membuang-buang uang. Anda mungkin menemukan beberapa perusahaan hosting gratis, tetapi gratis tidak menjamin kualitas yang baik. Jadi mungkin lebih baik untuk menggunakan perusahaan hosting berbayar.

5) Buat Website yang Menarik

Buat sebuah website sehingga pelanggan dapat membeli produk Anda 24 jam sehari. Anda akan bersaing dengan banyak website lain sehingga buatlah website tersebut unik dan menarik. Jika website Anda membutuhkan waktu yang lama untuk diakses, maka pelanggan potensial Anda akan pergi ke tempat lain. Grafis memang menarik untuk visual, tetapi jangan sampai website lambat diakses gara-gara grafis yang berlebihan. Pastikan website mudah dinavigasi. Jika Anda tidak memiliki waktu yang banyak dan memiliki anggaran khusus bisa menyewa seorang profesional untuk membangun website bisnis internet anda. Atau jika anda berhemat, maka bangun website bisnis internet anda sendiri.

6) Sediakan Opsi-opsi Alat Pembayaran Online

Setiap bisnis internet pasti membutuhkan alat pembayaran online. Pastikan bahwa Anda menerima kartu kredit karena sebagian banyak calon pelanggan yang menggunakan kartu kredit. Anda juga bisa mempertimbangkan pilihan lain juga, seperti menerima transfer tunai via bank lokal. Bisa juga menggunakan PayPal. Semakin banyak alternatif alat pembayaran, semakin mudah uang dihasilkan. Jika Anda menjual produk digital, mungkin bisa menggunakan ClickBank.

7) Jangan lupa, pasang Auto Responder

Jika ingin membuat bisnis internet lebih mudah, maka Anda bisa mengotomatisasi sebanyak mungkin dengan menggunakan auto responder. Anda dapat mengotomatisasi banyak tugas dari bisnis internet sehingga lebih banyak waktu bagi anda untuk berkonsentrasi pada hal-hal yang lebih penting. Berikut adalah beberapa contoh auto responder: mengirimkan iklan email ke semua orang di daftar list website dengan interval waktu yang telah ditentukan. Mengotomatisasi pengiriman beberapa penawaran yang berbeda sekaligus. Mengirimkan email berurutan secara otomatis setiap kali seseorang membeli salah satu produk Anda. Membuat semua produk digital, dikirimkan kepada pelanggan secara otomatis. Dengan auto responder, Anda bisa mengumpulkan nama dan alamat email dan menambahkannya ke daftar pelanggan dan masih banyak lagi.

8) Cari dan Pasang Iklan Gratis Sebagai Awal

Ini mungkin menjadi cara yang baik untuk memulai bisnis internet anda, tetapi sedikit memiliki anggaran. Bedanya, dengan iklan gratis, waktu lebih lambat daripada dengan berbayar. Dan waktu adalah uang. Jangan sampai waktu anda habis hanya dengan pasang iklan gratis tetapi tidak menghasilkan apapun. Mungkin anda perlu mencoba membayar iklan premium. Iklan yang sangat ampuh bagi bisnis internet adalah melalui Google Adwords, atau Facebook Ads.

9) Untuk tahap lanjut, Manfaatkan Iklan Berbayar

Anda mungkin akan mendapatkan hasil yang lebih baik dari bisnis internet yang sedang dirintis dengan iklan berbayar. Seperti yang telah disebutkan, sangat direkomendasikan untuk beriklan di dua tempat, yakni Facebook Ads atau Google Ads. Dua provider ini terbukti ampuh mendongkrak penjualan produk anda. Mungkin untuk awal-awal, anda perlu mempelajari teknis beriklan yang bagus. Waktu dan pengalaman yang akan mampu menggenjot penjualan produk bisnis internet anda.

10) Kumpulkan Daftar Pelanggan Bisnis Internet Anda

Dalam bisnis internet, sangat direkomendasikan untuk mengumpulkan daftar pelanggan anda. Daftar pelanggan ini sangat penting untuk membuat pelanggan tersebut loyal. Sebagian besar bisnis internet sukses karena berhasil mengelola dengan baik pelanggan yang setia. Buatlah newsletter, promo khusus bagi pelanggan lama, diskon, dll yang akan menarik pelanggan untuk membeli kembali produk anda. Bukan tidak mungkin, untuk membuat sistem afiliasi di bisnis internet anda. Sehingga affiliate marketer anda akan membantu menjualkan produk-produk anda.

Itu 10 langkah sukses dalam menjalankan bisnis internet. Yang terpenting, investasikan uang Anda untuk informasi berkualitas yang akan membantu memperluas bisnis internet, dan menginvestasikan waktu anda untuk informasi-informasi yang penting.

Referensi: belajarbisnisinternet.com

Loading...
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.